Beberapa Software Wajib Developing Android via PC

"Ini dia beberapa software wajib mod android via pc, banyak sekali software-software pendukung development android "

Ini dia beberapa software wajib mod android via pc

Banyak sekali software-software pendukung development android di luaran sana dengan berbagai fungsi dan kegunaannya masing-masing, kali ini catatandroid akan sedikit membeberkan beberapa software mod yang sudah umum wajib di pasang di pc sobat catatandroid jika ingin developing android via pc.

Berhubung os pc pun banyak sekali macamnya seperti linux, mac, maupun windows dan berhubung catatandroid menggunakan windows maka beberapa software yang akan kita bahas di bawah ini sebagian besar kompatibel di Windows namun tak menutup kemungkinan beberapa tools tetap tersedia versi lainnya yang kompatibel dengan non windows seperti linux dan macOS.

Oke yuk kita lanjut mengetahui beberapa software wajib untuk edit android via Pc di bawah ini.




JRE dan JDK

Apa sih JRE dan JDK?
JRE (Java Runtime Environment)
JRE berfungsi memungkinkan sebuah program/software berbasis Java untuk dapat berjalan di pc sobat, JRE akan mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimkannya ke JVM(Java Virtual Machine) untuk diproses oleh prosesor pc.

JDK (Java Development Kit)
Seperti namanya, JDK merupakan semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk pengembangan/development. JDK berguna ketika melakukan coding program.

Jadi konsep dasarnya fungsi dari JRE adalah untuk "membaca" program Java sedangkan fungsi dari JDK adalah untuk "menulis" program Java. JRE dan JDK sangat penting terinstal di pc sobat karena kebanyakan tools development android berbasis Java sehingga memerlukan JRE serta JDK untuk dapat berjalan lancar.

.NET Framework

Layaknya busybox di android Net framework berisi kumpulan perintah perintah dan koding koding penting yang penting pada windows sebagai penerus perintah dari suatu aplikasi atau program.
Beberapa tools menggunakan coding Net framework untuk dapat berjalan dengan lancar.

Drivers

Driver berfungsi untuk mengendalikan/menghubungkan perangkat keras(hardware) yang terhubung pada pc kita agar dapat dikenali untuk keperluan menjalankan aktifitas selanjutnya yang di kehendaki. Tanpa driver maka perangkat keras yang terhubung di pc sobat tidak akan di kenali oleh pc. Tiap smartphone memiliki driver yang berbeda-beda salah satu contoh driver yang catatandroid miliki dan sediakan di artikel ini adalah USB VCOM Driver untuk MT6589

Flashtool

Flashtool sangat penting terinstal di pc sobat karena tools ini berfungsi untuk mengembalikan atau menghidupkan kembali smartphone android yang mati, bootlop, stuck di boot logo, maupun sekedar ingin kembali ke rom awal.

Mtk Droid Tool

Tools yang di khususkan untuk device berchipse mediatek memang tools wajib bagi para pengguna smartphone mediatek, memiliki beberapa fitur yaitu Root, Instal Custom Recovery, backup recovery, membuat file scatter, serta backup firmware stok rom yang dapat terintegrasi dengan Flashtool untuk flash ulang atau restore di kemudian hari.

Android Kitchen

Merupakan tools development yang wajib di miliki juga bagi para developer untuk memasak/memodifikasi system androidnya dengan menu-menu dan fungsi yang terdapat di dalamnya.
Saat ini terdapat banyak android kitchen di antaranya
Dsixda Kitchen+kitkat patch, Archi kitchen, Tickle my android, maupun yang online seperti UOT kitchen dsb.

Easy Magic TWRP

Tools yang sangat berguna untuk membuat sendiri custom recovery TWRP, seperti kita ketahui bersama custom recovery milik TWRP (Team Win Recovery Project) sangat populer di kalangan moder dan pengguna android karena memiliki fitur yang cukup lengkap di bandingkan dengan custom recovery lainnya.

Apktool

Tools wajib bagi para moder android yang berguna sebagai decompiler Android Aplication(Apk) untuk selanjutnya dapat di edit atau di modifikasi komponen-komponen di dalamnya, beberapa tools yang terkenal yaitu Apkmultitools maupun Apktool Manual via Command Prompt yang telah catatandroid bahas sebelumnya.

winRAR

Siapa yang tak kenal winRAR? tools dedengkot yang sangat berguna untuk extract-packing, serta drag-drop ini sangat dibutuhkan juga bagi sobat catatandroid dalam proses pergantian komponen di dalam paket zip dan juga proses pembuatan patch, theme, rom, dan lainnya karena berhubungan dengan file zip.

Universal Deodexer

Tools-deodexer seperti kita ketahui bersama berfungsi untuk men-deodex system android yang masih odex agar dapat dengan mudah untuk di mod kedepannya, deodexer juga tersedia di dalam menu fungsi android kitchen seperti di atas juga beberapa tools seperti tools deodex untuk kitkat, Tickle My Android dan lainnya yang nanti akan kita bahas kedepannya.

Notepad++ 

Text editor yang satu ini sangat populer karena memiliki banyak fitur pendukung serta kinerjanya yang ringan menjadikan text editor yang satu ini recommended bagi kamu sobat catatandroid yang hendak coding maupun edit file-file xml, smali, dll.

Android SDK + Android Studio

Android SDK(Software Development Kit) adalah Paket utilitas khusus yang di butuhkan dalam aktifitas pengembangan android, terdapat Google API yang berfungsi untuk mengontrol dan mengintegrasikan fungsi perangkat, serta emulator android di dalamnya menjadikan SDK Android Studio tools wajib bagi sobat yang hendak mengembangkan sebuah aplikasi Android.

Winmerger

Tools winMerger berfungsi untuk membandingkan atau biasa di kenal oleh para moder yaitu meng-compare perbedaan struktur isi dari script di dalam file xml, smali, java, dsb. Sangat bermanfaat untuk meng-compare file-file dari aplikasi atau rom lain yang hendak di port atau di implementasikan fitur-fitur yang di kehendaki ke dalam aplikasi atau rom kita.

---


Sebenarnya masih banyak lagi software-software pendukung development android via Pc lainnya yang belum sempat catatandroid bahas dan akan kita bahas di lain kesempatan, so stay tuned ya..
Bagi sobat yang developing android via hape jangan khawatir karena catatandroid telah memberikan beberapa Aplikasi untuk pendukung development Android.

Semoga Artikel beberapa software wajib development android via Pc ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan maupun pembahasan yang kurang pas catatandroid sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukan dari sobat semua. Jika ada ide artikel jangan sungkan juga sampaikan di komentar ya. Terima kasih
Catatandroid
Komentar