Friday, September 4

Inilah beberapa Aplikasi untuk Mod and Development Android (Oprek)

beberapa aplikasi wajib untuk mod dan dev android - catatandroid
ilustrasi android by siliconsea.in

Catatandroid - Aplikasi-aplikasi pendukung untuk developing atau belajar pengembangan android (oprek). Developing android bukan hal yang asing lagi di kalangan netizen muda saat ini mengingat mayoritas netizen saat berseluncur di dunia maya pastinya menggunakan hp smartphone seperti iphone, android, bb, maupun windows phone.

Berbanding lurus dengan semakin banyaknya group maupun komunitas yang membahas tentang mod, optimasi, maupun developing smartphone membuat pengalaman pengguna smartphone menjadi lebih maksimal, kreatif, serta dapat mengeksplor kepintaran dari smartphone itu sendiri.

Sayangnya kemampuan smartphone dan potensinya untuk bisa berbuat lebih sangat jarang diketahui oleh sebagian besar penggunanya. Smartphone for Smart User doesn't it?

Nahhh saat ini catatandroid akan membeberkan sedikit info mengenal beberapa aplikasi-aplikasi penting untuk keperluan mod via hp tanpa pc di smartphone android.
Sooo cekidot..

1. Root Explorer

Root explorer atau biasa di kenal rootex menjadi aplikasi dasar yang sangat fundamental sebagai file manager yang memiliki fitur lengkap dan didukung kehandalan dalam pengoperasian yang ringan.
Root explorer juga dapat digunakan untuk mod dan edit dasar replacing icon-icon aplikasi.
Root explorer saat ini adalah aplikasi berbayar.

Screenshot Rootex - catatandroid.blogspot.com
Screenshot Rootex

2. A.I.D.E (Android IDE)

Aide merupakan aplikasi tingkat lanjut bagi para programmer aplikasi android karena memiliki fitur lengkap semisal build apk, learning apk, compiler, text editor, aapt checking, sdk plugin, sync repo,dsb. Untuk moder nubie alias yang baru bergabung memulai belajar perihal development android aide ini bisa kita memanfaatkan fitur text editornya yang sangat ringan dan tangguh melibas ribuan baris code.
Aide tersedia gratis di Play Store

Screenshot AIDE - catatandroid.blogspot.com
Screenshot AIDE

3. Apktool

Apktool adalah aplikasi decompiler untuk aplikasi android berformat .apk(android package), apktool juga merupakan tool dasar yang di butuhkan seorang moder untuk meng'extract' aplikasi serta men'decode' file-file xml serta image 9.png yang sebelumnya terenkripsi untuk selanjutnya bisa di modifikasi lebih jauh.

Screenshot Apktool - catatandroid.blogspot.com
Screenshot Apktool

4. Cat Log

Catlog merupakan aplikasi penampil log/jurnal dari proses yang sedang berjalan pada system android secara real time sehingga bisa diketahui bilamana terjadi error atau warning maupun fatal error sehingga sangat berguna sebagai debugging saat mencari tahu dan memperbaiki jika ada bug/masalah pada aplikasi yang kita mod.
Catlog tersedia gratis di Play Store.

Screenshot Catlog - catatandroid.blogspot.com
Screenshot Catlog

5. Lucky Patcher

Lucky Patcher merupakan salah satu aplikasi pelengkap development android, fungsi dasarnya yaitu adalah sebagai patcher script-script custom rilisan suatu komunitas untuk mengubah aplikasi android tertentu, juga tersedia beberapa fitur lainnya yang cukup bermanfaat salah satu fiturnya yang akan kita manfaatkan untuk mendukung editing yaitu Disable signature.


Screenshot Lucky Patcher - catatandroid.blogspot.com
Screenshot Lucky Patcher

Demikianlah sedikit informasi dari Catatandroid mengenai sebagian kumpulan aplikasi mod android yang wajib di miliki oleh seorang moder android, gunakanlah dengan bijak mengingat memodifikasi system berarti dengan sadar menghapus garansi, kemungkinan terjadinya kesalahan system, kerusakan device, serta resiko lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin memulai belajar developing android, jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang lain ya..!
Jika ingin mencopas artikel harap cantumkan sumber terkait. Catatandroid

4 comments:

  1. Sama-sama semoga bermanfaat gan, terima kasih sudah mampir dan komen. :)

    ReplyDelete
  2. yang ane cari cari om yanu,makasih banyak, om baagil juga makasih udah undang ane ke blognya om yanu,,,bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama-sama om thanx ya, wahhh hasil tarikan om baagil ya. thanx juga om ba'agil.hehe

      Delete

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon