Wednesday, September 7

Xiaomi Membuka Pabrik Produksi Ke-2 di India, Di Indonesia Kapan?

Harian Economic Time asal India baru-baru ini mengabarkan bahwa Xiaomi akan segera mengoperasikan pabrik perakitannya yang ke-2 hasil kerjasama dengan Foxconn. Seperti di ketahui negara India merupakan pasar terpenting No.2 bagi produsen Ponsel-ponsel Tiongkok setelah negaranya sendiri.


Pabrik perakitan atau pabrik produksi baru ini dikabarkan memiliki kapasitas produksi hingga 2 juta unit per kuartal, sehingga dengan kehadiran pabrik kedua di India ini Xiaomi akan mampu untuk menghadirkan 2x lipat jumlah produk mereka yang beredar di India.

Pabrik seluas 20 ribu meter persegi yang bertempat di Sri City, Andhra Pradesh ini telah mulai beroperasi, butuh waktu sedikitnya 3 bulan untuk hasil produksi maksimal seperti prediksi di atas.

Data mencatat Xiaomi mampu menjual sekitar 1-1,5 juta unit ponsel per kuartal dengan 75% di antaranya diproduksi di India, sementara rivalnya pabrikan milik Samsung dan Intex telah menghasilkan sekitar 3 juta unit dan 2 juta unit per bulannya.

Pada kuartal ke-2 kemarin Xiaomi tercatat sebagai produsen smartphone terbesar ke-3 di India dengan pangsa pasar sebesar 8,1%, sementara posisi 1 ditempati oleh Samsung dengan jumlah 28,5% dan Micromax sebesar 11,9%.

Kehadiran pabrik kedua ini akan menempatkan Xiaomi menjadi salah satu produsen lokal kelas kakap di India, walaupun Xiaomi masih harus mengakui keunggulan dari rivalnya seperti Samsung, Micromax dan Intex yang masih berada di atasnya. Di Indonesia kapan?