Thursday, May 9

5 Ponsel Android Kamera 48 MP Siapa Yang Terbaik?

Saat ini vendor-vendor ponsel mulai banyak yang menawarkan kamera ponsel dengan resolusi 48 megapiksel.


Terdapat dua sensor yang bisa menghasilkan foto dengan resolusi 48 MP, Sony IMX586 untuk versi pro dan Samsung GM1 untuk sensor reguler.

Keduanya adalah sensor dengan besar setengah inci dengan ukuran piksel 0,8 mikron.

Tiap piksel mengombinasikan empat piksel untuk menghasilkan gambar berukuran 12 MP.

Banyak media yang melaporkan kalau sensor Samsung GM1 (nomor S5KGM1) hanya menghasilkan 12 juta piksel dan bukan 48 juta piksel.

Alih-alih untuk menghasilkan foto 48MP, Samsung menggunakan software untuk menghasilkan gambar 48 MP.

Namun, dalam situsnya, Samsung menyeut bahwa GM1 menghasilkan gambar 48MP dengan menggabungkan 4 piksel menjadi satu, serupa dengan Sony IMX586, seperti dilansir Smartprix.

Berikut adalah 5 ponsel yang menggunakan kamera 48 megapiksel 


1. Redmi Note 7 



Xiaomi Redmi Note 7 menghadirkan kamera dengan sensor kamera berkapasitas 48 megapiksel yang dijual dengan harga paling terjangkau dari para pesaingnya.

Xiaomi menempatkan sensor Samsung GM1 untuk ponsel ini. Tapi, untuk Redmi Note 7 Pro, Xiaomi menggunakan sensor Sony IMX586.

Sayang, ponsel versi pro ini tidak masuk di pasar Indonesia.

Xiaomi Note 7 Snapdragon 660 tidak mendukung foto dengan megapixel besar, tapi dukungan sensor kamera membuat hasil foto yang dihasilkan tetap tajam.

Redmi Note 7 telah tersedia pada 27 Maret 2019 dan dilego dengan harga Rp2 juta untuk versi 3GB+32GB dan Rp2,6 juta untuk versi 4GB+64GB.

2. Oppo F11 dan F11 Pro



Kamera 48MP milik Oppo F11 menggunakan sensor keluaran Sony. Ukuran gambar ponsel ini bisa diperbesar hingga dua kali dari gambar yang diambil.

Kedua versi F11 dipacu menggunakan chip Mediatek Helio P70, chipset pesaing Snapdragon 660. Oppo F11 dibanderol Rp4 juta dan Oppo F11 Pro dijual Rp Rp 5 juta.

3. Vivo V15



Vivo V15 juga menawarkan tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama dengan resolusi 48 megapiksel, namun tidak diungkap sensor apa yang digunakan untuk ponsel ini.

Selain kamera utama, dua kamera lain adalah wide-angle berukuran 8 megapiksel, dan sensor kedalaman. Untuk kamera depan, ponsel ini menggunakan kamera selfie pop-up dengan resolusi sebesar 32MP. Vivo V15 dijual di Indonesia dengan harga Rp4,5 juta.

4. Honor View 20



Honor telah merilis ponsel pintar dengan kamera 48MP akhir tahun lalu di China, Honor V20. Ponsel dengan chip Kirin 980 ini menggunakan sensor besutan Sony untuk kamera 48 MP miliknya. Namun, Honor masih belum meluncurkan ponsel tersebut di Indonesia. Kabar beredar ponsel ini akan muncul pada pertengahan 2019. Honor V20 diperkirakan diberandol dengan kisaran harga Rp6,5 juta.

5. Samsung Galaxy A80



Samsung juga ikut bermain di jajaran ponsel dengan kamera beresolusi 48 MP dengan Galaxy A80. Kamera 48 MP ponsel ini adalah satu dari tiga kamera yang diboyong beserta dua kamera lain. Satu kamera wide-angle dan kamera lainnya memiliki lensa untuk merekam kedalaman gambar.

Ponsel ini juga memiliki mekanisme pengambilan gambar yang unik. Ponsel ini tak punya kamera depan. Untuk mengambil selfie, kamera belakang akan bergerak dan berputar ke depan untuk mengambil selfie.

Samsung menyebut ponsel ini akan masuk ke Indonesia pada Mei mendatang dan belum mengungkap harga jualnya. Tapi, rumor di luar memperkirakan harga jual ponsel ini dikisaran Rp8-10 juta.


Itulah 5 ponsel dengan kamera 48mp, Ponsel di atas diurutkan dari harga yang paling murah ke perkiraan harga paling tinggi.

Dengan semakin besarnya megapiksel yang dapat diadopsi oleh ponsel-ponsel pintar terbaru ini, semakin menjanjikan pula kapabilitas pengambilan gambar dan video, terutama jika anda butuh mengambil detail gambar yang tetap jelas walaupun foto diperbesar.

sumber cnnindonesia