0
Home  ›  Advertorial  ›  Domain/Hosting

7 Kelebihan Domain ID

"kelebihan domain ID tidak hanya sekadar untuk meningkatkan kredibilitas saja, tetapi juga memiliki dampak besar pada kenaikan trafik dan peringkat."

Kebanyakan orang menilai bahwa domain ID kurang andal untuk bersaing secara global. Namun, penilaian tersebut justru salah besar karena dengan menggunakan domain ID justru kredibilitas website lebih tinggi. 

Tak hanya sekadar itu saja, ada juga kelebihan domain ID lainnya yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan domain ID

kelebihan domain .id

Ketika membuat sebuah situs website, kamu akan membutuhkan hosting dan nama domain. Beberapa jenis layanan yang sering digunakan saat ini adalah shared hosting dan VPS. DomaiNesia kini juga jual VPS Indonesia di sini.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap ekstensi yang disediakan pasti memiliki keunggulan masing-masing. Sama halnya dengan domain ID pun juga memiliki kelebihan lain, yaitu:

1. Website menjadi lebih aman

Dengan menggunakan domain ID ini, kamu akan memiliki fitur WHOIS. Di mana nantinya publik dapat melihat siapa yang menggunakan domain pada website tertentu.

Dengan fitur WHOIS tersebut tentunya domain ID ini menjadi lebih aman untuk digunakan.

Keuntungan memperlihatkan pengguna domain pada sebuah website adalah dapat memperkecil peluang penipuan atau tindakan pelanggaran hukum.

Perlu kamu ketahui bahwa penggunaan domain ID yang melanggar hukum, akan dikenakan suspend dari PANDI dan bisa mengakibatkan penghapusan domain jika dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

2. Harga domain ID lebih terjangkau

Berbeda dengan dulu, saat ini domain ID dapat didaftarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jadi, setiap orang untuk berbagai keperluan seperti untuk untuk website bisnis maupun personal bisa memilikinya.

Tetapi kebanyakan pengguna website justru memilih domain ID karena menunjukkan ciri khas dari negara Indonesia. Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa jenis lain dari ekstensi domain ID:

  • Domain SCH.ID
    Ekstensi ini merupakan singkatan dari school yang biasanya digunakan untuk website sekolah dan juga lembaga pendidikan formal, mulai dari TK hingga SMA.
  • Domain AC.ID
    Berbeda dengan sekolah, domain satu ini digunakan untuk seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
  • Domain DESA.ID
    Seperti nama ekstensi domainnya, yaitu untuk desa-desa yang ingin membangun website mereka sendiri. Biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai informasi dan kegiatan desa.
  • Domain GO.ID
    Selain itu, ada juga ekstensi yang digunakan untuk berbagai lembaga atau instansi pemerintah sipil di Indonesia.
  • Domain CO.ID
    Ekstensi ini paling banyak digunakan terutama untuk bidang usaha yang bergerak di Indonesia.

3. Membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari

Mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari seperti Google tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Apalagi bagi kamu yang memang mempunyai tujuan untuk meningkatkan trafik khususnya di negara Indonesia saja.

Maka penggunaan domain ID ini bisa menjadi faktor pendukung yang cukup berperan untuk meningkatkan trafik website serta peringkat di mesin pencari.

4. Penggunaan domain ID lebih terpercaya

Selain lebih aman seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ternyata domain ID juga terpercaya. Domain ID ini lebih terpercaya karena para pendaftar harus lebih dulu mencantumkan identitas secara lengkap sebagai legalitas.

Tak heran juga jika banyak perusahaan startup yang lebih memilih menggunakan domain ID agar punya kredibilitas yang baik saat berhadapan dengan klien.

5. Penggunaan domain ID membuat akses lebih cepat

Domain ID ini memang menggunakan server yang ada dalam negeri sehingga untuk akses ketika membuka blog akan lebih cepat, dibandingkan server dari luar negeri.

6. Bisa dengan mudah mengetahui identitas pemilik domain

Dengan menggunakan domain ID, maka akan lebih mudah mengetahui siapa pemiliknya. Kemudahan tersebut didapat karena saat proses pendaftaran domain, pemilik diharuskan untuk memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan.

Persyaratan yang diminta antara lain adalah identitas yang legal seperti KTP, nama perusahaan serta dokumen penting tertentu.

Walaupun, sedikit rumit dalam proses pendaftarannya, tetapi hal tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan website.

7. Ada banyak kuota domain

Terakhir yaitu persediaan kuota domain yang masih banyak. Bedanya antara domain .com dan ID adalah tersedianya banyak kuota untuk nama domain.

Tetapi, sayangnya saat ini sudah banyak nama domain yang menggunakan ekstensi .com sehingga lebih terbatas.

Apabila ingin memilih lebih banyak nama, kamu bisa memilih ekstensi ccTLD ID. Dengan begitu, kamu bisa gunakan keyword potensial untuk dijadikan alamat domain situs website.

Melalui beberapa penjelasan di atas dapat diketahui bahwa menggunakan kelebihan domain ID tidak hanya sekadar untuk meningkatkan kredibilitas saja, tetapi juga memiliki dampak besar pada kenaikan trafik dan peringkat di mesin pencari.

Bagi kamu yang ingin menikmati kelebihan domain ID ini bisa langsung beli domain gratis SSL hanya di DomaiNesia.

YZG
Blogger Template enthusiast.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS