Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Jangan Bingung Lagi! Berikut Beberapa Istilah Dalam Asuransi

Pada zaman sekarang, sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan. Sudah banyak kelas-kelas online, webinar, bahkan podcast dan video youtube yang membahas pentingnya berinvestasi untuk kebutuhan masa depan.

Namun sayangnya, perencanaan keuangan untuk masa depan masih kurang membahas mengenai asuransi yang sebenarnya juga menjadi salah satu cara bagi kita mempersiapkan masa depan kita.

Istilah-istilah Dalam ASURANSI
Beberapa Istilah ASURANSI

Berbeda dengan investasi, asuransi tidaklah bertujuan untuk meningkatkan jumlah uang kita di masa depan, tetapi asuransi berfungsi untuk mempersiapkan kita untuk menghadapi resiko-resiko yang dapat merugikan finansial kita di waktu mendatang. 

Asuransi tidak menumbuhkan uang kita, namun dengan asuransi kita dapat mentransfer resiko kita ke pihak lain, sehingga kita terproteksi dari kerugian finansial yang seharusnya menimpa kita karena ada pihak lain (dalam hal ini perusahaan asuransi) yang menanggung resiko tersebut karena kita sudah membayarkan sejumlah iuran kepada pihak tersebut. 

Saat ini, asuransi sudah seharusnya menjadi salah satu kebutuhan kita untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat dan stabil. Dengan adanya asuransi, kita akan dapat terhindar dari berbagai resiko yang merugikan finansial seperti ketika pencari nafkah meninggal dunia, jatuh sakit, kecelakaan, bahkan hanya mobil lecet. 

Beberapa istilah dalam Asuransi

Terlebih di masa pandemi seperti ini, tentunya sangat beruntung bagi mereka yang memiliki asuransi. Namun, bagi kamu yang masih awam dengan asuransi, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui dalam asuransi sehingga tidak akan bingung nantinya. Apa saja istilah-istilah tersebut? Berikut penjelasannya!

1. Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah uang atau iuran yang dibayarkan oleh nasabah selaku pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi selaku pihak penanggung asuransi. 

Definisi premi asuransi adalah sejumlah pembayaran yang ditetapkan untuk biaya pengalihan resiko dari nasabah ke perusahaan asuransi setiap tempo tertentu. 

Besar premi ini ditentukan oleh perusahaan asuransi dan telah disepakati antara kedua belah pihak. Besarnya didasarkan oleh berbagai faktor, seperti usia tertanggung, rekam medis, dan pekerjaan tertanggung. 

Untuk asuransi kendaraan, biasanya juga ditentukan oleh model dan tahun keluaran kendaraan. Pada umumnya, semakin besar premi yang dibayarkan, manfaat yang diberikan juga lebih banyak. 

2. Polis Asuransi

Polis asuransi adalah kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak tertanggung yang disebut sebagai pemegang polis. Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, ataupun asuransi kendaraan, kontrak perjanjiannya disebut sebagai polis asuransi. 

Polis asuransi berisikan semua kesepakatan antara kedua bela pihak mulai dari segala manfaat yang didapatkan oleh pihak tertanggung, besar premi yang harus dibayarkan, syarat umum polis, hak dan kewajiban masing-masing pihak, pengecualian asuransi, bahkan hingga pasal yang mengatur pembatalan polis. 

Oleh karena polis asuransi merupakan dokumen yang berkekuatan hukum, penting bagi nasabah membaca dan memahami baik-baik isi dari polis dan juga menyimpannya sebaik mungkin agar mudah ditemukan nantinya ketika dibutuhkan.

3. Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah permintaan pemegang polis kepada perusahaan asuransi untuk memenuhi hak yang dimiliki pemegang polis asuransi. Klaim asuransi dilakukan ketika kamu mendapati masalah terkait resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi. 

Misalnya ketika pencari nafkah dalam keluargamu meninggal dan beliau ditanggung oleh asuransi jiwa, maka kamu perlu melakukan klaim ke pihak asuransi berdasarkan proses klaim yang diatur oleh perusahaan asuransi.

4. Biaya Akuisisi

Biaya akuisisi merujuk kepada biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah untuk mendapatkan layanan sebagai nasabah asuransi. Biaya ini juga dikenal sebagai biaya penerbitan polis asuransi yang termasuk di dalamnya biaya pembayaran agen asuransi dan biaya operasional perusahaan asuransi.

---

Nah, itu dia beberapa istilah dalam asuransi yang perlu kamu ketahui. Masih banyak istilah lainnya, loh. Oleh karena itu, jangan lelah mencari tahu lebih banyak, ya!