0
Home  ›  Indihome  ›  Wifi

Cara Mengetahui Siapa Saja Pengguna Wifi Indihome Kita

"Yuk simak tutorial lengkap dan mudah bagaimana cara mengetahui siapa saja pengguna wifi Indihome kita via hp maupun pc."

Bagi pelanggan Wifi berbayar mengetahui siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan wifi kita adalah hal yang cukup penting, bukan hanya untuk sekedar mengetahui saja tentunya kita juga dapat melihat perangkat yang kita kenali maupun tidak.

cara Mengetahui Pengguna Wifi Kita

Tentunya tidak ingin kan pengguna lain yang tidak kita kenal ternyata diam-diam menikmati wifi kita tanpa kulonuwun. Lalu adakah cara mengetahui orang atau perangkat lain yang memakai wifi kita di android? penasaran kan dengan caranya? yuk simak selengkapnya pada artikel kali ini!

Pentingnya Menyetahui Pengguna Wifi Kita

Seperti yang telah CatatanDroid singgung diatas kita dapat melihat perangkat apa saja yang terkoneksi dengan jaringan wifi kita (dalam artikel ini jaringan wifi Indihome), baik perangkat kita sendiri, keluarga, atau teman, maupun perangkat lain yang tidak kita kenali.

Bukan bermaksud untuk menjadi pribadi yang pelit bin koret, hanya saja terkadang cara mereka yang mencuri jaringan adalah salah, kalau mereka para pengguna tak dikenal meminta izin terlebih dahulu tentu kemungkinan akan lain ceritanya bukan.

Cara Melihat Pengguna Wifi via Hp dan Pc

Cara dibawah ini memiliki langkah-langkah yang hampir serupa dengan artikel CatatanDroid sebelumnya Cara merubah nama dan password wifi Indihome, silahkan dibaca semoga bermanfaat juga bagi sobat pembaca.
  1. Pertama-tama pastikan perangkat kita terhubung dengan jaringan Wifi yang ingin kita lihat penggunanya
  2. Buka browser favoritmu baik melalui hp maupun pc (CatatanDroid dalam prakteknya menggunakan browser Google Chrome)
    melihat pengguna wifi Indihome
  3. Masukan alamat url 192.168.1.1, kemudian login dengan username: user dan password: user1234
  4. Pada tampilan dashboard layanan Indihome pilih tab Status
  5. Kemudian pada baris menu samping pilih Wireless Status dan Wifi client list
    terlihat pengguna yang terhubung dengan wifi kita

Dalam menu Wifi client list inilah akan terlihat semua perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi kita.

Jumlah perangkat, hostname (nama perangkat) masing-masing perangkat, Ip & Mac address, serta receiving rate.

Kemudian apa langkah/tindakan kita selanjutnya? Jika pada daftar Wifi client list diatas terdapat perangkat yang tidak kita kenali, tentunya kita dapat melakukan perubahan password wifi Indihome kita.

Atau pada beberapa konfigurasi perangkat router memiliki fitur pemblokiran akses dengan menggunakan Mac address perangkat yang kita curigakan.

Sayangnya untuk perangkat yang CatatanDroid gunakan yakni FiberHome sepertinya belum terdapat fitur tersebut, karena tidak ditemukan menu Wifi ACL maupun Wifi filtering.

Penutup dan Kesimpulan

Resiko pengguna tak dikenal yang menggunakan jaringan wifi kita pasti sewaktu-waktu akan kita temukan, bisa jadi perangkat tersebut merupakan rekan dari keluarga yang memang telah dipercaya, maupun karena alasan lainnya.

Tentunya kita sebagai pemilik mesti bijak dalam menyikapi adanya kebocoran akses wifi oleh oknum penyusup yang memang tidak kita kenali sama sekali agar tepat sasaran.

Langkah pencegahan seperti ganti password wifi indihome rutin seperti mungkin sebulan sekali sangat penting dilakukan jika ternyata hal diatas sering terjadi berulang kali. 

Bagaimana sobat cukup mudah bukan? semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca setia CatatanDroid yang masih bingung bagaimana cara mengetahui orang yang memakai WiFi kita. Terimakasih dan selamat mencoba! CatatanDroid

YZG
Blogger Template enthusiast.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS