0
Home  ›  Advertorial  ›  Bisnis

Mengenal dan Memilih Alat Potong Kertas yang Tepat

"Mengenal dan memilih alat pemotong kertas secara tepat sesuai kebutuhan, Maxipro jual mesin potong kertas beragam tipe terlengkap dan terpercaya."

Dalam dunia bisnis perkantoran maupun percetakan pastinya kita sering dihadapkan dengan kegiatan potong memotong kertas. Baik itu memotong kertas bagian kecil dalam jumlah sedikit, sampai memotong kertas dalam jumlah besar.

Umumnya mungkin kita hanya mengetahui gunting sebagai alat pemotong kertas, namun terdapat juga beberapa jenis alat dan mesin yang dapat membantu memudahkan dalam memotong kertas menjadi beberapa ukuran.

memilih alat potong kertas

Untuk dapat memilih alat pemotong kertas yang tepat alangkah baiknya kita kenali dahulu jenis dan fungsinya.

Apa itu mesin pemotong kertas?

Mesin pemotong kertas adalah mesin yang dapat digunakan untuk memotong kertas menjadi berbagai bagian dan ukuran sesuai kebutuhan.

Fungsi dari alat potong kertas diantaranya:

  • Memotong dan merapikan pinggiran kertas agar lebih rapih dan terbebas dari adanya serat-serat kertas yang menonjol
  • Memotong kertas dalam berbagai jenis dan ukuran sesuai kebutuhan dan peruntukannya masing-masing
  • Memadatkan tumpukan kertas sebelum dijilid sehingga dapat membantu menghasilkan penjilidan yang lebih rapi dan kuat.

Jenis-jenis Mesin Potong Kertas

Dalam memilih mesin pemotong kertas terbagi dalam 2 jenis, yakni berdasarkan mata pisau yang digunakan dan berdasarkan sistem pengoperasian yang digunakan.

Dalam jenis mata pisau yang digunakan terbagi dalam 2 pilihan yang berbeda, yakni:

Guillotine, menggunakan pisau yang menekan kertas kebawah dalam proses pemotongannya.

Rotary trimmer, menggunakan pisau membulat yang menggeser kertas sepanjang garis pemotongannya.

Selanjutnya berdasarkan sistem pengoperasian alat pemotong kertas terdapat 2 pilihan berbeda, diantaranya:

Manual, mesin pemotong kertas manual sesuai namanya dapat digunakan untuk memotong kertas dalam jumlah yang terbatas dan dilakukan secara manual dalam tiap kali proses pemotongan.

Otomatis, Mesin pemotong kertas otomatis berbeda dengan versi manual karena telah didukung dengan teknologi mesin sehingga dapat berjalan secara otomatis sesuai settingan yang diinginkan.

Memilih Mesin Potong Kertas

Untuk dapat memilih mesin pemotong kertas yang tepat terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan sampai alat pemotong yang kita beli menjadi tidak terpakai karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Mengutip dari Maxipro.co.id dibawah ini adalah beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum kita memilih alat potong kertas yang tepat sesuai kebutuhan.

Frekuensi dan area penggunaan mesin

Dimana mesin pemotong kertas ini akan kita gunakan? Apakah dalam sebuah tempat usaha percetakan, sekolahan, kantor, atau bahkan untuk sekedar penggunaan pribadi di rumah? Disamping  itu, seberapa sering nantinya mesin ini akan dipergunakan?

Frekuensi penggunaan mesin yang besar seperti halnya dalam usaha percetakan tentu membutuhkan mesin yang berbeda dibandingkan dengan untuk penggunaan pribadi.

Mesin Otomatis akan sangat tepat digunakan dalam penggunaan skala besar, untuk hasil yang lebih efektif dan evisien. Sementara mesin pemotong kertas manual dapat kita pergunakan dalam pengoperasian skala rumahan.

Ukuran kertas yang Tepat

Mesin potong kertas berukuran A3 memang lebih praktis karena memungkinkan untuk dapat memotong hampir semua ukuran kertas. Namun cobalah untuk dipertimbangkan kembali, apakah kita benar-benar memerlukan mesin dengan ukuran A3?

Kenali Spesifikasi

Mengenali lebih jauh detail spesifikasi mesin pemotong kertas tak kalah penting agar dapat menentukan pilihan mesin yang sesuai dengan kebutuhan. 

Spesifikasi ini diantaranya berupa kemampuan ketebalan dan atau jumlah kertas yang dapat ditangani untuk sekali potong, keberadaan garis panduan pemotongan menjadi poin plus untuk memudahkan.

Setiap mesin memiliki spesifikasi serta fitur tambahan yang bisa jadi berbeda satu sama lainnya. Mempertimbangkan segala fitur dan spesifikasi yang ditawarkan menjadi hal bijak agar dapat menjawab kebutuhan dengan tepat.

Hasil Pemotongan

Pada beberapa mesin potong kertas, hasil pemotongan sangat tergantung pada tipe mata pisau yang digunakan. Contoh, pisau jenis short wave akan memberikan hasil potongan bergelombang pada kertas. Sedangkan pisau jenis Perforated dapat menghasilkan efek garis putus-putus.

Pada umumnya tipe-tipe mata pisau pada alat potong kertas tersebut diatas dapat diganti sesuai kebutuhan. Sehingga pastikan untuk selalu mengecek ketersediaannya terlebih dahulu.

Penyedia Mesin Potong Kertas Terpercaya

Maxipro hadir sebagai penyedia mesin potong kertas yang terlengkap dan terpercaya, pilihan alat potong kertas di Maxipro sangat bervariasi dengan berbagai macam tipe dan fungsi.

Selain jual mesin potong kertas dengan beragam tipe Maxipro juga menyediakan alat percetakan lainnya seperti mesin jilid, mesin pond, mesin creasing, dan banyak lagi yang lainnya untuk kebutuhan yang berbeda.

YZG
Blogger Template enthusiast.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS