Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Apa Saja yang Ada di Android 13

Fitur dan update perubahan apa saja yang terdapat pada versi Android 13? pembaruan Material You dan optimasi notifikasi privasi, dll yuk disimak!

Android 13 sedang dipersiapkan. Google memulai debut pratinjau pertama Android 13 pada Februari 2022. Waktu yang hampir bersamaan dengan Google versi Android baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Google meluncurkan beberapa Developer preview sebelum Google I/O pada bulan Mei di mana beta pertama keluar.

Apa saja di update Android 13

Tahun ini, kita tidak mengharapkan Android 13 melakukan perubahan besar, karena Android 12 sudah menjadi pembaruan yang cukup besar untuk platform. Kita mengharapkan beberapa perubahan kecil pada Material You, dan beberapa fitur baru. Inilah semua yang perlu kita ketahui tentang Android 13.

Kapan Android 13 akan tersedia?

Versi final Android 13 akan tersedia setelah Agustus.  Biasanya, Google akan mengatakan "di Q3" yang berarti antara 1 Juli dan 30 September. Namun, pada tahun lalu, versi stabil Android 12 tidak diluncurkan bahkan hingga Oktober. Jadi sepertinya sekarang kita akan melihat versi beta terakhir diluncurkan pada bulan Juli, karena pada waktu inilah perilisan final dari setiap versi utama Android diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir.

Tanggal Rilis Android

  • Android 8 Oreo = 21 Agustus 2017
  • Android 9 = Pie 6 Agustus 2018
  • Android 10 = September 3, 2019
  • Android 11 = 8 September 2020
  • Android 12 = 4 Oktober 2021
  • Android 13 = Agustus-September 2022

Versi Developer Preview dan Beta

Akan ada dua pratinjau pengembang, dan empat beta sebelum rilis final akhir tahun ini. Sekarang ini dapat berubah. Google dapat menemukan lebih banyak masalah dengan Android 13 dan akhirnya mendorong satu atau dua beta lagi.  Ini terjadi pada 2020 dan 2021.

Google meluncurkan versi beta baru sekitar sebulan sekali. Biasanya Rabu kedua setiap bulan, sementara pembaruan patch keamanan diluncurkan pada hari Senin pertama setiap bulan.  Dalam beberapa tahun terakhir, kami juga melihat Google mendorong pembaruan ke beta dalam sebulan, untuk beberapa bug besar yang perlu diperbaiki.

  • Pratinjau Pengembang 1 dirilis pada 10 Februari 2022
  • Pratinjau Pengembang 2 dirilis pada 17 Maret 2022
  • Beta 1 dirilis pada 26 April 2022
  • Beta 2 dirilis pada 11 Mei 2022

Perangkat yang kompatibel dengan Dev Preview Android 13

Pratinjau pengembang tersedia untuk perangkat Google Pixel berikut:

  • Google Pixel 4
  • Google Pixel 4 XL
  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 4a 5G
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6 Pro

Sayangnya, itu berarti untuk seri Pixel 3 kemungkinan tidak akan mendapatkan pembaruan Android 13. Setidaknya tidak secara resmi dari Google. Tentunya kita dapat menantikan akan melihat beberapa pengembang untuk membuat ROM khusus untuk Pixel 3 agar dapat berjalan di Android 13.

Ponsel yang akan menjalankan Android 13 beta

Menjelang beta pertama, kita mengetahui beberapa ponsel Pixel yang akan mendapatkannya, sayangnya informasi untuk ponsel pihak ketiga mana yang akan mendapatkan akses ke pembaruan belum bisa dipastikan. Tahun lalu, smartphone dari ASUS, OnePlus, OPPO, TCL, Vivo, Xiaomi, ZTE, Sharp, dan Realme kompatibel dengan Android 12 beta.

Berikut daftar (sejauh ini) perangkat yang akan kompatibel dengan Android 13 beta.

  • Google Pixel 4
  • Google Pixel 4 XL
  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 4a 5G
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6 Pro

Apa nama lain yang dimiliki Android 13?

Meskipun Google tidak lagi mengumumkan nama lain (nama makanan penutup) untuk versi baru Android, namun mereka masih digunakan secara internal. Android 13 akan menggunakan inisial huruf T untuk pencuci mulut, dan menurut beberapa kode yang ditemukan di Developer Preview, sepertinya Android 13 akan disebut Tiramisu secara internal.

Apa itu tiramisu? tiramisu adalah makanan penutup Italia yang terdiri dari lapisan kue bolu yang direndam dalam kopi dan brendi atau minuman keras dengan coklat bubuk dan keju mascarpone.

Namun nama ini belum dikonfirmasi karena Google berhenti membuat nama makanan penutup secara publik. Hal ini terkait dengan fakta bahwa Android 10 adalah Q dan benar-benar tidak ada makanan penutup yang dimulai dengan huruf itu.

Fitur dan perubahan apa saja yang ada di Android 13?

Sejauh ini, kami hanya memiliki dua pratinjau pengembang, yang belum menampilkan banyak fitur. Itu cukup umum untuk Google. Ini ingin mempertahankan sebagian besar fitur baru untuk Google I/O di mana ia akan mengumumkan beta pertama untuk Android 13. Tapi kami tahu beberapa fitur yang akan datang ke Android 13.

Material You yang Disempurnakan

Pada Android 12 tahun lalu, Google mengumumkan Material You. Ini adalah mesin tema baru untuk Android, yang akan mengubah tema ponsel Anda berdasarkan wallpaper yang dipakai. Namun pada Android 12, warnanya sangat terbatas. Di Android 13 ini kita akan mendapatkan lebih banyak pilihan tone warna untuk Material You.

Menurut kebocoran dari Android 13, kami melihat bahwa Google sedang mengerjakan beberapa gaya tema yang lebih dinamis.  Ini termasuk: 

  • Tonal Spot: Ini akan menjadi tema dinamis Material You default.
  • Vibrant: Tema yang lebih hidup dan lebih berwarna.
  • Ekspresif: Ini akan menambahkan lebih banyak warna yang tidak ada di latar belakang di samping warna yang diekstraksi.
  • Spiritz: Sedikit lebih redup dengan warna keabu-abuan

Izin notifikasi baru

Ini adalah pembaruan fitur favorit CatatanDroid, Privasi dan izin telah menjadi bagian besar dari setiap rilis Android dalam beberapa tahun terakhir, dan ini mendapatkan beberapa perubahan lagi dalam versi Android 13. Tahun ini, Google memulai debut izin Pemberitahuan baru. Dan itu persis seperti apa kedengarannya.

privasi notifikasi android 13

Terdapat fitur "POST_NOTIFICATIONS" baru di Android 13. Dan ini berfungsi persis seperti yang kita pikirkan. Sekarang, aplikasi harus meminta izin pengguna untuk mengirimkan notifikasi. Ini mungkin terdengar sedikit membosankan, tetapi itu berarti Anda dapat dengan mudah memilih dari aplikasi mana Anda mendapatkan notifikasi.

Seperti Anda mungkin tidak memerlukan pemberitahuan dari Google Maps tentang memposting gambar dan mengulas tempat. Ini juga berarti Anda dapat memilih bagaimana notifikasi dikirimkan kepada Anda untuk setiap aplikasi, pada penginstalan pertama. Seperti haruskah mereka menjadi prioritas? Atau diam?

Kabar buruknya, ini masih dalam API, apa artinya?  Nah, itu berarti Google tidak akan langsung menerapkannya. Google kemungkinan akan menerapkannya pada pertengahan hingga akhir 2023 paling cepat.

Phantom Process Killer

Ini adalah fitur yang sebenarnya diperkenalkan tahun lalu pada Android 12. Tetapi kemungkinan akan menjadi berupa sakelar di Pengaturan Cepat di versi Android 13.

Jadi apa itu Pembunuh Proses Phantom? Yah, itu seperti apa kedengarannya. Pada dasarnya adalah polisi yang menyamar yang mampu mengawasi semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan hanya memungkinkan total 32 proses untuk berjalan di latar belakang. Jadi dengan fitur ini akan membatasi jumlah proses yang dapat dilakukan aplikasi saat tidak berada di latar depan.  Ini akan mencegah aplikasi latar belakang menjadi liar dan menghabiskan baterai lebih cepat dari yang seharusnya.

Update besar pada Volume Panel baru

android 13 volume panel

Ada pemilih volume baru, tampaknya datang di Android 13. Ini membenahi menu ini untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan di Android 10 pada 2019.

Menu baru ini memiliki fitur slider volume besar dengan tepi oval yang dapat mengontrol volume perangkat. Perangkat yang tidak tersambung akan muncul dengan warna abu-abu. Ada juga tanda centang yang akan muncul di perangkat yang volumenya Anda sesuaikan.

Dan lebih banyak fitur yang akan datang

Seperti yang disebutkan, fitur-fitur ini sebagian besar berasal dari bocoran info dari beberapa Developer preview pertama, yang biasanya tidak menunjukkan banyak perubahan. Perubahan besar disimpan untuk beta pertama, biasanya diumumkan di Google I/O. Tentunya kita berharap untuk melihat lebih banyak perubahan bersamaan dengan peluncuran beta pertama. Tapi mari kita meredam ekspektasi di sini, kami tidak berharap ini menjadi pembaruan besar. Android 12 adalah pembaruan besar secara visual, jadi tahun ini sebagian besar akan menyetel perubahan itu dan menyempurnakannya.

Bagaimana cara mengunduh Android 13?

Anda dapat mengunduh system img atau melakukan sideload img OTA ke perangkat Pixel Anda. System img pabrik berukuran sekitar 2,4 GB, sedangkan versi OTA berukuran sekitar 2 GB.  Keduanya cukup besar, versi OTA akan lebih mudah dipasang dan mengurangi resiko kehilangan file dan aplikasi yang telah terinstal sebelumnya. (AndroidHeadlines)

Share