Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Suka Baca Komik? Cek Komik Pairman Lucu Ini di KaryaKarsa

Ada banyak hiburan yang bisa kamu temukan di KaryaKarsa, salah satunya adalah komik Pairman. Sesuai namanya, akun ini menyuguhkan konten komik. Sebenarnya di KaryaKarsa sendiri ada banyak akun kreator komik. Namun, komik pairman dapat dikatakan sebagai salah satu kreator komik terlaris. Saat ini, akun @komikpairman sudah memiliki lebih dari 1.800 pengikut dan 3.700 pendukung.

baca komik pairman lucu di karyakarsa

Cerita yang diusung oleh kreator @komikpairman sendiri sebenarnya mengangkat kisah sehari-hari. Komik ini menjadi bacaan ringan yang dapat dinikmati untuk mengisi waktu luang. Dalam profilnya, kreator ini memiliki dua judul komik, yaitu ‘Duo Kunyuk’ dan ‘Iyan Mytha’. Kalau ditotal, jumlah komik KaryaKarsa Pairman ini sudah mencapai angka 275 karya. Komik ‘Duo Kunyuk’ sudah dibuat dalam 123 episode sedangkan ‘Iyan Mytha’ sudah ada 189 episode.

Komik ‘Duo Kunyuk’ bercerita tentang dua orang sahabat laki-laki dengan setting lokasi di sekolah tingkat SMA. Cerita yang diusung membahas tentang kenakalan siswa laki-laki dalam batas normal tetapi dibungkus dengan humor. Misalnya episode pertama yang menceritakan perbedaan antara sahabat sesama laki-laki dan sesama perempuan dalam menggunakan kata panggilan “Beb”. Panggilan ini sering digunakan untuk pasangan kekasih atau sesama perempuan hal tersebut menjadi wajar. Berbeda halnya ketika sesama laki-laki menggunakan kata “Beb”. Untungnya, komik KaryaKarsa pairman yang satu ini dibuat gratis untuk 10 episode pertama. Humornya yang ringan dapat menjadi bacaan selingan untuk kamu yang sedang suntuk.

Cek Komik Pairman Lucu di KaryaKarsa
Screen capture Komik Pairman di KaryaKarsa

Sedangkan komik ‘Iyan Mitha’ bercerita tentang karakter fiktif bernama Iyan dan Mitha, sahabat sejak lama. Mitha, karakter perempuan dalam komik ini, diceritakan memiliki rasa terhadap sahabatnya sendiri. Ia pun nekat memberikan kode yang merupakan pertanyaan apakah mereka bisa berpacaran. Alur cerita dalam komik ini relatif ringan tetapi manis. Jika kamu menyukai komik dengan cerita ringan dan mengusung tema relasi romantis ala anak sekolahan, kamu mungkin akan menyukai karya komik pairman yang satu ini. Hampir sama seperti komik ‘Duo Kunyuk’, komik ‘Iyan Mitha’ ini juga dibuat gratis untuk 5 episode pertama. Setelah itu kamu bisa membacanya dengan membeli komik tersebut.

Kalau melihat dari jumlah karya, pengikut, dan pendukung, sebenarnya komik KaryaKarsa Pairman ini bisa dibilang sebagai komik yang laris. Penikmat komik yang membutuhkan hiburan rutin mungkin akan menyukai ritme unggah dari akun komik pairman ini. Mengingat secara konsistensi, kreator komik tersebut sudah memilikinya. Konsistensi karya yang diunggah dapat dilihat dari antar episode di masing-masing komik. Antara episode satu dan setelahnya tidak memakan waktu lama. Kondisi ini dapat dibaca bahwa permintaan fans atas karya komik pairman relatif tinggi. Indikasi lain yang bisa dilihat adalah dari jumlah pengikut maupun pendukung di akun ini sudah terbilang tinggi.

Selain memiliki akun @komikpairman sebenarnya kreator yang sama juga memiliki satu lagi akun di KaryaKarsa. Akun ini dikenal dengan nama komik pairman sakit. Mungkin ada yang bertanya ‘Mengapa dibedakan?’ atas akun pairman sakit dan akun @komikpairman.

Pembedaan ini berdasarkan genre komik yang diusung. Akun @pairmansakit lebih banyak membahas topik-topik yang ‘berbahaya’ atau kerap dijuluki konten Not Safe for Work (NSFW). Genre yang dimaksud memang merujuk pada konten-konten yang sebaiknya tidak diakses pada saat berada di tempat umum maupun jam aktif operasional kerja. Meski secara cerita komik pairman sakit tidak benar-benar pada sebuah cerita yang tidak umum, namun penggambaran karakter dan narasi yang dibuat tetap tidak terlalu aman sebagai konsumsi di ruang publik.

Khusus untuk komik ini, kreator komik pairman sakit sudah memberikan disclaimer setiap awalan komiknya. Dalam deskripsinya selalu dinyatakan bahwa topik yang diusung dalam cerita ini tergolong berbahaya – diikuti dengan kalimat “untuk kalian yang berakhlak mulia”. Konten yang menjadi cerita dalam komik ini dapat dikatakan terbuka, vulgar, eksperimental, bahkan cenderung berpotensi menjadi konten yang mudah mendapat peringatan untuk take down.

Kalau kamu tertarik untuk membaca komik pairman maupun pairman sakit, kamu bisa mengaksesnya di KaryaKarsa. Soal harga kamu tidak perlu khawatir. Harga untuk setiap konten komik di kreator pairman maupun pairman sakit selalu terjangkau. Kamu bisa membelinya per episode atau berlangganan untuk beberapa episode sekaligus.

Di komik pairman, kamu bisa membeli komik tersebut mulai harga Rp2 ribu per episode. Sedangkan di komik pairman sakit, kamu cukup mengeluarkan uang Rp3 ribu untuk membaca per episode. Mau membaca komik lebih awal dan lebih cepat dibandingkan pembaca lain? Kamu bisa membeli paket khusus yang disediakan. Harganya pun mulai Rp20 ribu saja. Biasanya kreator akan mendahulukan para pembaca yang berlangganan paket ini pada komiknya. Dengan demikian, para pembeli paket ini lebih cepat mendapatkan hiburan dibandingkan pembaca yang tidak berlangganan.

Selain membeli setiap episode, kamu juga bisa memberikan dukungan kepada kreator pairman untuk karya komik yang sudah dibuat. Harga paket dukungan ini juga tidak mahal loh. Cukup mulai dari Rp5 ribuan untuk komik pariman dan Rp12 ribuan untuk komik pairman sakit, kamu sudah bisa mendukung kreator pairman untuk tetap berkarya melalui komik-komiknya. Dengan harga segitu, kamu tidak hanya mendapatkan hiburan dari karya kreator tetapi juga membantu mereka mendapatkan pendapatan yang lebih layak atas karya-karyanya. Yuk mulai akses dan berlangganan konten komik pairman di KaryaKarsa!