Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Menjadi Volunteer Adalah Tugas Bersama

Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, membantu orang lain merupakan hal yang wajib dan penting dilakukan. Pada satu saat mungkin kita dalam posisi membantu, bisa saja di saat lain kita berada pada posisi membutuhkan bantuan. Salah satu contoh membantu orang atau pihak lain adalah dengan menjadi relawan atau volunteer. Volunteer adalah orang yang dengan sukarela melakukan tugas atau pekerjaan yang tujuannya untuk membantu orang lain. Membantu bukan hanya berarti memberikan sesuatu dalam bentuk materi namun juga tenaga, waktu dan pikiran.

Menjadi Volunteer Adalah Tugas Bersama

Arti volunteer adalah sukarela sehingga kegiatan yang ia lakukan atas dasar kemauan sendiri dan tidak mengharapkan balas jasa. Sebagai volunteer seseorang bisa membantu orang lain secara langsung, misalnya membantu tetangga yang atap rumahnya bocor untuk memperbaiki. Bisa juga membantu melalui sebuah pekerjaan bersama. Sebagai contoh adalah menjadi salah satu volunteer untuk membangun sumur mata air di daerah tertentu yang dilakukan bersama kelompok tertentu. Kegiatan volunteer berkelompok ini memerlukan koordinasi khusus agar berjalan dengan lancar, tepat waktu dan mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan dan anggaran biaya.

Kegiatan volunteer berkelompok memerlukan koordinasi yang baik karena di dalam sebuah tujuan yang mulia terdapat proses yang panjang. Sebagai contoh adalah pada kegiatan pembangunan fasilitas umum yang dilakukan oleh Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI). Sebagai Yayasan yang mengkoordinasi banyak relawan atau volunteer, WVI bertanggung jawab atas sumber daya yang dibutuhkan, akomodasi hingga akses menuju lokasi pembangunan. Selain kegiatan pembangunan, volunteer di WVI juga bisa dilakukan dengan menjadi tenaga pendampingan sesuai dengan lingkup kerja WVI yaitu mendampingi pendidikan dan kesehatan anak Indonesia.

WVI membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berbagi kebaikan dengan cara menjadi relawan atau volunteer. Caranya dengan mendaftarkan diri melalui website resmi Wahana Visi Indonesia. Anda bisa menjadi relawan sesuai dengan keahlian yang dimiliki, misalnya:

  • Relawan lapangan yang bertugas langsung menemui tujuan.
  • Relawan kantor yang membantu urusan administrasi.
  • Relawan sosial media yang bisa dilakukan dari rumah.

Mari membantu sesama dengan menjadi volunteer bersama WVI dan untuk menebar kebaikan.

Support untuk CatatanDroid

Donate via Paypal Rating Bintang 5
Dana/Gopay/Ovo/linkAja - 081510112701
Apakah artikel ini membantu?