0
Loading...
Home  ›  Game  ›  Mobile Legends

15 Istilah dalam Game, KDA, AFK, CN Adalah

"KDA, apa sih maksud KDA di game? CN, AFK, META, SMURF? IMBA, AOE, MMR, dan beberapa istilah game online lainnya."

Penjelasan Maksud dan Arti serta Kepanjangan dari singkatan dan Istilah dalam Game, permainan game online android semakin ramai dan populer di kalangan penikmat game, terbukti dari peringkat game online yang semakin hari semakin naik. Saat artikel ini ditulis game online bertype Moba, Survival, RTS mendominasi Top Grossing Google Play Store.

14 Arti dan Maksud Istilah Game CN, CF, KDA, AFK, dsb

Keseruan permainan game-game online seperti MLBB PUBG Free Fire Chess Rush Rise of Kingdoms League of Legends Wild Rift tidak lengkap rasanya kalau kita tidak juga mengetahui kepanjangan dan maksud dari beberapa istilah yang biasa digunakan dalam game-game online tsb.

Apa jadinya kalau ternyata kita saja yang belum mengetahui istilah CN misalnya, ingin bertanya dengan teman mabar malu karena takut nanti malah dicengin atau dibully. hehehe


Penjelasan Maksud Arti Istilah Singkatan dalam Game Online

Nah kali ini yang akan catatandroid bahas adalah arti dari beberapa singkatan-singkatan dan istilah di dalam game online, baik itu game Mobile Legends, PUBG, Free Fire, AOV, LoL, Wild Rift, DOTA, dsb karena sebagian besar memiliki penggunaan istilah yang hampir sama.

Daripada berlama-lama lagi yuk kita simak, jangan lupa diingat dan share juga ke teman yang mungkin membutuhkannya ya!

1. Maksud KDA

KDA Kill - Death - Assist

KDA adalah merupakan singkatan dari Kill, Death, Assists. maksudnya adalah data rata-rata dari statistik jumlah KILL sobat ditambah (+) ASSIST dibagi (÷) DEATH dalam tiap-tiap permainan.

Sehingga formulasi dan kepanjangan dari KDA adalah (Kill + Assists) ÷ Death = KDA.

Sebagai contoh jika statistik KDA sobat 3 = rata-rata (3kill+3assist)÷2death, bisa juga jika KDA sobat 6 = maka rata-rata (9kill+3assist)÷2death, jadi semakin tinggi KDA sobat semakin bagus performa permainan sobat di dalam permainan.

Perlu diketahui pada update akhir-akhir ini perhitungan kda di dalam dunia game ml sepertinya memiliki formulasi tersendiri yang berbeda jika nilai kda > 10 poin.

2. Apa itu OP

OP Over Power

Satu lagi istilah yang sering disebut oleh para pemain game moba yang menyangkut tentang hero yakni istilah OP, OP sering disebut untuk menunjukkan kekaguman akan kekuatan, build, dan atau permainan suatu hero di dalam game.

OP sendiri memiliki kepanjangan Over Powered atau Kekuatan Berlebih yang tidak wajar atau melampaui rata-rata kekuatan hero lain (istilah gampangnya Hebat, Mantap, Keren lah. lol) Wah OP(Mantap) banget tuh heronya.

3. AFK Kepanjangannya Apa

AFK Away From Keyboard

AFK merupakan singkatan dari Away From Keyboard, istilah ini ditujukan bagi pemain yang seakan-akan jauh atau meninggalkan keyboardnya atau bisa juga pemain yang sering freeze, lagg, putus, mentah di tengah permainan, dan lainnya sehingga tidak dapat berbuat banyak di dalam permainan (Feeder).

Begitupun Malicious AFK yang secara lebih jelas bahwa user tersebut dengan sengaja melakukan tindakan afk, mungkin karena ngambek atau kecewa kepada timnya maupun karena alasan kekanakan lainnya.

So, jika kita sering memiliki kualitas ping buruk (ping tinggi) atau sering lagg patah-patah sehingga tidak dapat berbuat banyak di Lane lebih baik cari jaringan yang kuat dan cepat agar tidak di sebut afk oleh pemain lain dan ujung-ujungnya malah jadi feeder dan bisa di report oleh teman lain.

4. Apa itu CN

CN Change Name

Istilah CN sering disebut sebagai syarat untuk masuk team, clan, komunitas game-game online yang sebenarnya arti CN adalah Change Name atau Change Nick(name), mengapa CN sangat penting sebagai syarat untuk masuk clan, group, squad, aliansi, dsb?

"open clan bla-bla syarat GM atau Epic, CN on, dsb"

biasanya hal ini untuk memperjelas nama anggota clan tersebut, misal [CocoClan]User, {MauTeak}Noobs, dan lainnya. CocoClan dan MauTeak adalag contoh nama clan atau team yang harus disematkan pada username sobat saat join ke clan atau team.

5. Arti dari IMBA

IMBA Imbalance

IMBA sama seperti istilah OP sering dikaitkan dengan kekuatan hero tertentu, IMBA sendiri kepanjangannya adalah Imbalance (tidak seimbang).

Hero yang kekuatan atau kemampuannya (damage, skill, passive, dll) jauh lebih baik dari Hero lainnya, biasanya Hero IMBA sering dialami oleh hero-hero keluaran baru.

6. Akun SMURF?

SMURF Troll

Istilah akun smurf sering kita dengar di forum, group, maupun room chat game, banyak yang bilang "Mabar akun smurf" , "Need squad akun Smurf" , maupun jualan akun SMURF.

Lalu apa maksud dari akun smurf? akun smurf adalah akun yang sengaja dibuat oleh para pemain game yang sebelumnya ia sebenarnya sudah memiliki akun dengan ranking yang tinggi.

Jadi akun smurf bisa di bilang adalah akun baru dari para pemain yang "sudah terampil", lalu kenapa harus akun baru atau akun smurf?

Karena tujuannya adalah untuk membuat statistik yang bagus di akun smurf tersebut, untuk keperluan di jual maupun demi kepuasan sendiri karena memiliki akun dengan statistik yang bagus.

Maka jangan heran jika akun smurf memiliki win rate yang tinggi walau masih ranking bawah misalnya, dan juga biasanya para akun smurf sengaja dibuat untuk "membantai" para pemain baru yang sebenarnya sudah bukan kelasnya untuk di lawan.

7. SCRIM PUBG maksudnya

SCRIM Sparing / Latihan

Istilah SCRIM di dalam komunitas pemain game PUBG tentu sudah tidak asing lagi didengar, SCRIM biasanya sering muncul ketika akan terjadi pertandingan dari beberapa Tim Esport PUBG.

Dengan kata lain SCRIM berarti sebuah sebutan lain dari istilah Sparing/Latih tanding antar tim pubg dalam sebuah custom room, tujuannya untuk mengetahui kekuatan tim lain alias bukan murni kompetisi.

Meskipun hanya sparing namun prestige dan persaingan tidak bisa dianggap remeh, dalam pertandingan scrim sekelas tim esport biasanya pihak official pubg akan mengumumkannya di dalam game/forum/medsos official mereka, sehingga khalayak ramai akan dapat menonton live scrim dan mengetahui hasil pertandingannya.

8. KD itu apa

KD Kingdom / Kill - Death

Salah satu singkatan yang sering di sebut-sebut dalam game Rise of Kingdoms dan juga PUBG Mobile, baik di dalam chat room maupun di forum dan grup.

KD sendiri dalam game RoK memiliki kepanjangan KINGDOM atau kerajaan, KD berarti bisa jadi server(kingdom) yang berbeda.

Contoh; akunnya di KD(Kingdom/Server) berapa? paling besar powernya di KD(Kingdom/Server) berapa?

Namun dalam game PUBG mobile KD berarti nilai dari perbandingan Kill-Death akun PUBGM sobat.

9. Whale maksudnya

Whale Paus

Game-game RTS Real Time Strategi seperti RoK dan Lords Mobile maupun game semacamnya pasti akrab dengan istilah Whale.

Istilah Whale (paus) ini diperuntukan atau disematkan kepada player atau akun yang memiliki power terbesar di dalam server, biasanya 10 besar power dalam server pasti di sebut whale oleh pemain lain.

10. META artinya

META Most Effective Tactic Available

Istilah Meta pada game-game moba seperti mobile legends dan chess rush sering di ucapkan oleh para pembawa acara event turnament streaming maupun para youtubers yang sering review hero-hero tertentu.

Istilah Meta maksudnya adalah Most Effective Tactic Available, lebih jelasnya Hero Meta yakni Hero yang menjadi trend/populer sering di pick karena terbukti dapat menjadi faktor pembuka peluang kemenangan yang lebih besar.

Sehingga tak jarang Hero Meta menjadi Trend, populer, most pick, hero tertentu pada setiap game, kejadian/event besar mostly karena telah di BUFF.

Misal hero Johnson yang menjadi meta karena telah di BUFF dan sering di Pick pada event turnamen mobile legends, serta karena hal-hal kondisional lainnya.

11. Penjelasan Buff dan Nerf

Buff Up statistic
Nerf Down statistic

Buff dan Nerf merupakan istilah atau kondisi yang sering digunakan apalagi ketika terdapat update dalam game yang berhubungan dengan hero yang di Buff dan di Nerf.

Buff sendiri memiliki maksud tambahan/peningkatan dalam kondisi/efek khusus yang dimiliki oleh Hero/Combo/Item dalam game, peningkatan atau improvement ini bersifat positif dari efek sebelumnya.

Nerf merupakan kebalikan dari Buff, jika buff merupakan penambahan efek positif dari kondisi sebelumnya, maka nerf merupakan pengurangan efek dari kondisi normal/sebelumnya.

Contoh: Attack Speed mendapat buff dari 10% menjadi 15%, Lifesteal effect di Nerf dari 20% menjadi 18%, dsb.

12. Penjelasan AOE

AOE Area Of Effect

AOE memiliki kepanjangan Area Of Effect yaitu serangan fisik maupun serangan magic yang memiliki atau mengenai lingkup tertentu, sehingga serangan fisik maupun magic tsb dapat mengenai banyak musuh atau target dalam jarak area tertentu.

Skill serangan Fisik maupun Magic yang bersifat AOE sangat bermanfaat digunakan dalam war khususnya dalam situasi crowd, skill AOE diantaranya adalah ulti dari Aurora, GatotKaca, dan lainnya.

13. Kepanjangan dari CF

CF Change Flag

Sama seperti istilah CN, CF sering kali disebutkan saat ada perekrutan sebuah clan, "open clan syarat legend mythic, wajib cn dan cf".

Lalu apa maksud CF? kalau CN memiliki kepanjangan Change Name, maka CF memiliki kepanjangan Change Flag atau  yang berarti Ganti Bendera.

14. Penjelasan MMR

MMR Matchmaking Rating

MMR dalam dalam game moba seperti Mobile Legends dan Dota 2 memiliki arti yang sama, MMR adalah singkatan dari MatchMaking Rating.

Matchmaking rating atau peringkat pertandingan yang akan terus naik atau turun berdasarkan pada kemenangan atau kekalahan dari hero tertentu yang kita mainkan.

MMR dalam game ML akan muncul setelah kita memainkan 1 hero tertentu dalam permainan mode Ranked sebanyak 10 kali.

Dan akan berubah sebanyak kelipatan ±7 jika kita menang atau kalah saat menggunakan hero tsb.

Nilai MMR yang semakin tinggi menjadi dasar perhitungan peringkat top lokal maupun top global hero tsb.

15. Maksud F dan U di Chat Mobile Legends

F Flicker
U Ultimate

Satu lagi singkatan yang sering dipakai dalam game ml yakni F (hero musuh), misal: F Franco / F Beatrix / F Atlas / dsb. Yang mana F sendiri merupakan singkatan dari Flicker. Seperti kita ketahui Flicker merupakan spell escape yang sangat penting, baik untuk commit battle maupun untuk escape/kabur.

16. UBE

UBE Ultimate Bonding Experience

UBE adalah Ultimate Bonding Experience, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ialah pengalaman ikatan paling sempurna, dengan kata lain gameplay yang menggunakan metode selalu bersama seperti sebuah ikatan.

Dalam schene Mobile Legends strategi UBE dipopulerkan oleh tim Blacklist International dengan meta healer Estes mereka.

17. CBA

CBA Cuma Bisa A(nama hero inisial A)

Belakangan dalam in-game di land of dawn mulai sering bermunculan istilah baru yang cukup bikin penasaran yakni CBA, apa maksud CBA? istilah ini sering dilontarkan jika dalam teman satu tim atau lawan terdapat user yang menggunakan hero Angela, yang dimaksudkan CBA adalah Cuma Bisa Angela. 

Atau hero lain dengan inisial A seperti Argus, Alucard, Alpha, dkk. Pendekatan istilah lain yang serupa juga kerap kita jumpai seperti CBF, CBM, dll sesuai hero yang dipakai. Dengan kata lain kita hanya perlu berpatokan dengan CB saja alias Cuma Bisa ...


Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah penjelasan apa arti kepanjangan dari singkatan KDA, AFK, dan lainnya dalam game-game online, semoga dapat mengobati rasa penasaran sobat dari singkatan dan maksud istilah yang sering di temui di dalam game Mobile Legends maupun game online lainnya.

Game-game online popular seperti Garena Free Fire, Mobile Legends, Ragnarok Frontier, PUBG Mobile, Rise Of Kingdoms, Idle Legends, Lords Mobile, COC, Call Of Duty (COD), Chess Rush, dll rata-rata juga memiliki istilah yang hampir sama seperti penjelasan di atas.

Semoga bermanfaat ya! dan jika sobat ada tambahan singkatan atau ada pertanyaan dengan istilah lainnya yang belum ada di list atas, silahkan berikan komen dan masukan di bawah, jangan lupa bantu share ke kawan-kawan gamers online lainnya ya! Terimakasih. CatatanDroid

YZG
Blogger Template enthusiast.
Posting Komentar


Search
Menu
Theme
Share