Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login di YouTube Vanced

Cara Mengatasi permasalan Tidak Bisa Login di YouTube Vanced bertuliskan periksa jaringan check network connection

Permasalahan tidak bisa memasukan akun google di aplikasi YouTube Vanced baru saja CatatanDroid alami belum lama ini. Berawal dari aplikasi resmi YouTube yang sudah tidak muat lagi untuk diupdate ke ponsel jadul, maka menginstal YTVanced pun menjadi solusi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login di YouTube Vanced

Sayangnya muncul cobaan yakni tidak bisa sign in dengan akun google! muncul tulisan Periksa jaringan (Please check your network connection) dibawah nama akun. Penasaran kan apa penyebab dari permasalahan ini? Yuk disimak!

Apa itu Youtube Vanced?

Youtube Vanced adalah aplikasi Youtube pada umumnya namun telah dikembangkan dengan penambahan beberapa fitur seperti Anti AdBlock (tanpa iklan), True Amoled dark mode, background playback, pilihan download, hide youtube shorts, dsb.

Jika merujuk pada halaman resmi xda Team Vanced bermarkas di Finlandia yang berisikan @ZaneZam, @Razerman, @KevinX8 dan @laura almeida. 

Terhitung sejak 4 Maret 2018 apk ini mulai dan terus menyebar ke berbagai pengguna perangkat Android di seluruh penjuru dunia yang mengetahui kelebihan dan manfaat lebih dari Youtube Vanced ini.

Kenapa harus Login Akun Google?

Sebenarnya kita tidak diwajibkan untuk login dengan akun google di aplikasi YTV, karena cukup dengan menginstalnya saja kita sudah dapat menikmati tontonan video konten youtube tanpa terganggu dengan banyaknya iklan.

Namun fitur dan kelebihan penting YT official seperti menyimpan playlist, berkomentar, like, melihat video yang telah kita like, saran video di beranda yang sesuai aktifitas kita tidak akan dapat kita nikmati jika tidak login.

Kenapa tidak bisa login di Vanced YouTube?

Setelah berselancar dan menerawang dunia maya, permasalah ini hanya dihadapi oleh ponsel dengan os Android 9 kebawah. Pantas saja karena yang CatatanDroid coba di ponsel yang masih OS Kitkat.

Apalagi jika ponsel kita tergolong cukup jadul, yakni os Kitkat 4.4 kebawah. Ditambah lagi Aplikasi MicroG dan Vanced YT yang mendukung os Android Kitkat mentok di versi 0.2.10.19420 dan 14.21.54.

Walhasil permasalahan susah login dapat dipastikan akan dihadapi para pengguna Android 4 kebawah! Namun jangan khawatir sobat, karena dibawah ini telah CatatanDroid sajikan cara mengatasinya!

Youtube Vanced Berhenti Mendapatkan Update

Berita yang kurang enak datang dari tim Vanced bahwa project mereka 'dipaksa' berhenti oleh raksasa pemilik Youtube yakni Google, sehingga para pengguna tidak dapat lagi mendownload varian aplikasi dari situs reminya maupun dari aplikasi vanced manager.

Lalu bagaimana solusinya? karena tidak dapat lagi mendownload secara resmi maka kita dapat tetap mendownloadnya melalui link mirror apk, jangan khawatir karena dibawah ini CatatanDroid berikan link download vanced mirror update terbaru dan terakhir.

Download microG YT Vanced versi terbaru dan Terakhir

Vanced microG 0.2.24.220220.apk 11.9 MB | 10 Mar 2022 | Mirror
Download
YouTube Vanced 17.03.38.apkm 57.3 MB | 16 Feb 2022 | Mirror
Download
ApkMirror Installer.apk 7 MB | Mirror
Download

Untuk menginstal aplikasi YTVanced yang menggunakan ekstensi file APKM Gunakan Aplikasi ApkMirror Installer diatas untuk menginstal YoutubeVanced.APKM.

Cara Fix Login YouTube Vanced Tanpa Root

  1. Download ketiga file apk diatas
  2. Instal vanced microG
  3. Instal ApkMirror Installer
  4. Buka ApkMirror Installer
  5. Cari dan pilih instal Youtube Vanced.apkm
  6. Buka microG dan login dengan akun google
  7. Youtube Vanced siap digunakan

Untuk versi android Kitkat (4.4) kebawah

YouTube Vanced 14.21.54.apk 63.61 MB | Android 4.4.* kebawah
Download
Vanced microG 0.2.10.19420.apk 7.04 MB | Android 4.4.* kebawah
Download
  1. Jika di hp terinstal aplikasi Google Chrome, disable atau uninstall terlebih dahulu
  2. Gunakan aplikasi hidden settings jika belum ada fitur disable app pada ponsel
  3. Selanjutnya cari Google Play Services/Layanan Google Play di Settings>Daftar Aplikasi
  4. Hapus data Google Play Services
    Cara Mengatasi Tidak Bisa Login di YouTube Vanced
  5. Uninstall (jika sebelumnya telah terinstal) YT Vanced dan MicroG lalu Install ulang kedua aplikasi dari link diatas
  6. Selanjutnya buka YouTube Vanced dan silahkan lakukan login atau sign in dengan akun google sobat
  7. Selamat akun google sobat telah berhasil masuk, dan dapat digunakan kembali untuk menyimpan playlist, berkomentar, like, dsb.

Penutup dan Kesimpulan

Cara Fix masalah susah login miceog YouTube Vanced diatas berhasil CatatanDroid terapkan pada perangkat Xiaomi Redmi Note 8, Realme 5 Pro, Xiaomi Redmi 2, Redmi 1s, dan Emulator Android yang masing-masing masih menggunakan OS Android 11, Android 10, dan Kitkat 4.4.

Harap lakukan step by step diatas dengan seksama ya, artikel ini telah diupdate pada 17 Maret 2022 usai ramainya berita pemblokiran YTvanced oleh Google.

Jika ada masalah, pertanyaan, atau request tutorial lainnya silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Gunakan tips ini secara bijak, Terimakasih dan selamat mencoba! CatatanDroid



ctd Logo
CatatanDroid Biasanya membalas dalam satu jam
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...