Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Cara Hapus Akun Instagram Permanen

Menghapus akun Instagram secara permanen hanya dapat dilakukan melalui peramban web, baik di perangkat mobile atau komputer. yuk simak tutorialnya.

Suatu saat, mungkin kita memutuskan bahwa kita ingin beristirahat dari media sosial atau bahkan memutuskan hubungan dengannya secara permanen. Semakin banyak orang memilih untuk menghapus akun media sosial mereka demi hidup yang kurang terpusat pada dunia online. 

Apakah kita ingin melindungi peluang pekerjaan masa depan dengan menghapus media sosial atau hanya ingin sedikit lebih sedikit waktu di ponsel kita, menghapus akun media sosial kita mungkin akan mengarah pada gaya hidup yang lebih sehat.

Menghapus akun Instagram secara permanen mungkin terlihat seperti keputusan besar, tetapi mudah dilakukan jika kita siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada profil kita dan memperoleh beberapa waktu luang. Inilah cara menghapus akun Instagram secara permanen.

Cara Hapus Akun Instagram Permanen


Backup Data Instagram Sebelum Menghapusnya

Ide bagus untuk membackup data Instagram kita sebelum menghapus akun secara permanen. Hal ini dikarenakan kita tidak akan bisa mengambilnya kembali nanti dan mungkin berisi foto, interaksi, dan koneksi yang berharga. Ketika kita menghapus akun, Instagram akan menghapusnya secara keseluruhan, termasuk semua foto, suka, komentar, dan koneksi kita. Untuk menyimpan data akun kita, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram dan tap ikon profil di sudut kanan bawah.
  2. Tap ikon hamburger (Menu) di sudut kanan atas, kemudian tap Pengaturan di bagian bawah.
  3. Pilih Keamanan, kemudian tap opsi Unduh Data.
  4. Masukkan alamat email kita dan tap Permintaan Unduh.

Dalam waktu 48 jam, Instagram akan mengirimkan file lengkap data profil kita ke alamat email yang kita berikan. File ini termasuk foto, komentar, informasi profil, dan apa pun yang mungkin ingin kita akses di masa depan. 

Bahkan jika kita pikir kita tidak akan pernah membutuhkan data ini lagi, penting untuk menyimpannya sebagai cadangan just in case. Jika kita tidak menyimpan data kita sebelum menghapus akun, kita akan kehilangan secara permanen dan tidak bisa mengambilnya kembali.


Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Setelah kita menyimpan data Instagram kita, kita dapat melanjutkan untuk menghapus akun kita. Ada dua pilihan yang tersedia bagi kita. Pertama adalah menghapus akun Instagram kita secara permanen dan semua yang terkait dengannya, sedangkan yang kedua adalah opsi sementara.

Menghapus akun Instagram secara permanen hanya dapat dilakukan melalui peramban web, baik di perangkat mobile atau komputer. Sebelum profil kita dihapus secara permanen, Instagram menjadikan akun kita sementara tidak terlihat selama 30 hari. 

Ini memberi kita kesempatan untuk berubah pikiran dan mengaktifkan kembali akun kita jika kita ingin. Inilah cara menghapus akun Instagram secara permanen:

  1. Buka halaman Delete Your Instagram Account yang khusus di peramban web (pastikan kita sudah masuk).
  2. Pilih alasan untuk menghapus akun kita dari menu drop-down.
  3. Klik atau tap tombol Hapus untuk mengonfirmasi keputusan kita.


Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Jika kita hanya ingin beristirahat sementara dari Instagram atau tidak ingin membuat keputusan yang terburu-buru, kita bisa menonaktifkan akun Instagram kita daripada menghapusnya. Menonaktifkan akun kita akan membuat kita keluar dan menyembunyikan profil kita. 

Dari sudut pandang pengikut kita, seolah-olah kita menghapus akun kita. Namun, metode ini memungkinkan kita untuk mengaktifkan kembali profil kita kapan saja dengan hanya masuk kembali. Untuk menonaktifkan akun kita:

  1. Buka peramban web di perangkat apa saja (tidak bisa dilakukan dari aplikasi Instagram) dan buka Instagram.com.
  2. Masuk jika diminta.
  3. Klik atau tap ikon profil di sudut kanan atas.
  4. Klik atau tap Profil, kemudian pilih Edit Profil.
  5. Scroll ke bawah dan tap Menonaktifkan akun saya sementara di sebelah tombol Kirim.
  6. Pilih alasan menonaktifkan akun kita dari menu drop-down.
  7. Masukkan kembali password akun kita.
  8. Klik atau tap Menonaktifkan Akun Sementara.


Pertanyaan Umum Tentang Penghapusan/Penonaktifan Akun Instagram

Berapa lama Instagram menyimpan data saya setelah menghapus akun?

Instagram menyatakan bahwa dapat membutuhkan hingga 90 hari untuk menghapus akun kita secara permanen, artinya Instagram mungkin masih memiliki sebagian informasi tentang akun kita tersimpan di server-nya. 

Namun, Kebijakan Data Instagram juga menyatakan bahwa perusahaan mungkin akan menyimpan informasi tentang akun kita di luar 90 hari untuk tujuan hukum atau dalam kasus-kasus di mana terjadi pelanggaran Syarat Penggunaan perusahaan.

Bisakah saya menghapus akun anak saya?

Sayangnya, kita tidak bisa menghapus akun Instagram anak kita tanpa informasi login pengguna. Kebijakan Instagram tentang penghapusan akun menyatakan bahwa hanya pemilik akun yang bisa menghapus profil dengan mengikuti instruksi yang diberikan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Instagram untuk menghapus sebuah akun?

Jika kita mengikuti langkah-langkah untuk menghapus akun yang dijelaskan di atas, akun Instagram kita akan dihapus setelah 30 hari dari permintaan, dan akun kita akan menjadi tidak terlihat sehingga tidak ada yang bisa melihatnya. Namun, semua data yang disimpan di cadangan mungkin membutuhkan waktu hingga 90 hari untuk dihapus.

Jika kita bertanya-tanya berapa lama Instagram menghapus akun yang tidak aktif atau akun yang dilaporkan sebagai spam atau bot, jawabannya tidak terlalu diketahui. Instagram secara periodik menghapus akun yang benar-benar tidak aktif dan akun bot melalui sistemnya. Namun, tidak ada yang tahu pasti seberapa sering ini terjadi atau parameter penghapusan, kecuali Instagram sendiri.


Penutup dan Kesimpulan

Dengan mengatur ulang dan menghapus akun Instagram kita untuk selamanya, kita akhirnya bisa memberikan waktu pribadi untuk menghindari dan meninggalkan kelelahan yang selalu ada dari budaya online. Tentu saja, menonaktifkan akun kita sementara adalah pilihan yang baik jika kita ingin pergi sejenak, tapi selain itu, hapuslah untuk melindungi identitas dan kepribadian kita - dan kesehatan mental kita.

donasi catatandroid

Support untuk CatatanDroid

Donate via Paypal Donasi via Trakteer
Dana/Gopay/Ovo/linkAja - 081510112701
Apakah artikel ini membantu?