Sosial Media
Home Samsung

Cara Cek Garansi Samsung melalui Telepon dan IMEI

"Temukan tips mudah bagaimana cara mengecek garansi Samsung melalui telepon dan IMEI. Dapatkan panduan lengkap di artikel ini."


Samsung memberikan garansi untuk produk elektroniknya. Ada beberapa cara untuk melakukan pengecekan garansi Samsung. Pada kategori ponsel Samsung, umumnya garansi berlaku selama 12 bulan (1 tahun). Penting untuk diingat bahwa garansi merupakan jaminan yang mencakup perawatan dan penggantian biaya jika produk yang Anda beli mengalami kerusakan.

Pengguna dapat mengunjungi pusat layanan resmi Samsung untuk memperbaiki gadget atau produk elektronik yang baru saja dibeli. Untuk memperoleh garansi, Anda harus membawa kartu garansi aktif saat akan memperbaiki produk elektronik Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk perawatan atau perbaikan produk Samsung Anda.

Dengan memanfaatkan garansi yang masih aktif, umumnya Anda tidak akan dikenai biaya perbaikan dan penggantian suku cadang saat produk Samsung Anda mengalami masalah. Cara mengecek garansi Samsung dan proses klaimnya juga cukup mudah. Satu-satunya syaratnya adalah kartu garansi yang Anda miliki harus berasal dari pembelian produk Samsung resmi di Indonesia.

Cara Cek Garansi Samsung melalui Telepon dan IMEI


Cara Cek Garansi Samsung

Anda dapat mengecek garansi Samsung melalui beberapa cara, antara lain:

Cek Garansi Samsung lewat IMEI

IMEI adalah kode penting yang berisi informasi mengenai ponsel. Setiap ponsel Samsung memiliki nomor IMEI yang berbeda. Anda dapat mengecek nomor IMEI ponsel Samsung dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi telepon pada ponsel Samsung Anda.
  2. Ketuk kode panggil *#06#.
  3. Pilih menu panggilan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan informasi mengenai IMEI ponsel.
  5. Anda juga dapat menemukan nomor IMEI melalui menu pengaturan, lalu pilih "Tentang Ponsel".
  6. Anda dapat melakukan pengecekan IMEI melalui situs www.samsungwarrantycheck.com. Masukkan nomor IMEI ponsel Samsung Anda pada kolom pencarian di situs web tersebut. Informasi mengenai model, nomor seri, dan masa garansi akan muncul.

Cek Garansi Samsung dengan Kode

Menurut berbagai sumber, Anda juga dapat mengecek garansi Samsung menggunakan kode khusus. Anda dapat menggunakan kode tersebut melalui panggilan telepon dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu telepon pada ponsel Anda.
  2. Pilih menu panggilan.
  3. Masukkan kode #12580369# dan tekan tombol Panggil.
  4. Anda akan melihat halaman baru yang berisi informasi mengenai angka dan huruf.
  5. Perhatikan tulisan "RF CAL" yang menunjukkan waktu produksi ponsel. Sebagai contoh, RF Cal Jaka adalah 20200115, yang berarti ponsel tersebut diproduksi pada 15 Januari 2020.

Menghubungi Customer Service

Cara terakhir, Anda dapat menghubungi nomor customer service resmi Samsung. Anda dapat menghubungi customer service Samsung melalui beberapa cara, seperti telepon, akses media sosial Samsung, atau live chat di situs web resmi, www.samsung.com.

Berikut adalah beberapa kontak customer service Samsung:

  • Telepon Samsung Indonesia: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
  • WhatsApp: 0817-0215588
  • Instagram Samsung Indonesia: @samsung_id
  • Facebook Samsung Indonesia: @SamsungIndonesia
  • Twitter Samsung Indonesia: @SamsungID

Itulah beberapa cara untuk melakukan pengecekan garansi Samsung secara online. Masa garansi akan hangus jika kartu jaminan tidak terisi lengkap sesuai dengan IMEI atau nomor seri.

Perlu diingat bahwa masa garansi tidak berlaku jika kerusakan pada ponsel disebabkan oleh kelalaian pengguna. Contohnya, jika ponsel sering jatuh karena kelalaian pengguna, terkena cairan yang salah dalam penggunaan, tegangan arus listrik yang tidak sesuai, terkena noda, berjamur, atau kerusakan luar yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari.

Komentar
Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang. Info lebih lanjut.