Sosial Media
Home Xiaomi

Xiaomi Pad 6 Raja Tablet Android 5 Jutaan

"Xiaomi Pad 6: Raja Tablet Android 5 Jutaan dengan Performa Tangguh. Resolusi Tinggi, Gaming Lancar, dan Kamera Mengejutkan."

4 min read

Tablet Android kini menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk keperluan pekerjaan, hiburan, maupun produktivitas. Dalam artikel ini, catatandroid akan membahas Xiaomi Pad 6, sebuah tablet Android terbaru yang menawarkan spek tangguh dengan harga yang terjangkau.

Xiaomi Pad 6 Keunggulan dan Kekurangan Raja Tablet 5 Jutaan
mi.co.id/id/product/xiaomi-pad-6/


Spek Tangguh Snapdragon 870

Xiaomi Pad 6 hadir dengan spesifikasi yang mengesankan, terutama jika kita mempertimbangkan harganya yang sekitar 5 juta-an Rupiah saja. Tablet ini telah ditenagai oleh prosesor Snapdragon 870, yang meskipun sudah berumur 2 tahun, masih mampu bersaing dengan baik dalam kelasnya. 

Prosesor ini memiliki performa yang sangat baik, terutama dalam urusan gaming. Dalam pengujian, tablet ini mampu menjalankan Mobile Legends di pengaturan grafis tertinggi dan frame rate 120fps secara stabil. 

Bahkan dalam permainan berat seperti PUBG Mobile, tablet ini mampu menjalankannya dengan lancar pada pengaturan HDR-Extreme, dengan sedikit penurunan frame rate di menit kelima yang kemudian kembali ke 60fps. 

Demikian juga dengan Genshin Impact, Xiaomi Pad 6 mampu menjalankannya pada pengaturan tertinggi dengan frame rate 56fps, tanpa stutter yang mengganggu.

Selain performa yang tangguh, tablet ini juga memiliki suhu yang terkendali dengan baik. Meskipun performanya tinggi, suhu tablet ini tetap dalam batas yang nyaman, tanpa mencapai suhu di atas 40 derajat Celsius. Performa Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 6 memang patut diacungi jempol.

Pengalaman Bermain Game di Layar Besar

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa nyaman bermain game di layar tablet yang besar seperti ini? Jawabannya sangat tergantung pada preferensi dan kebiasaan masing-masing pengguna. 

Bagi sebagian orang, bermain game di layar tablet dengan ukuran yang besar mungkin tidak nyaman karena jarak antara tombol yang lebih jauh. Ini terutama berlaku untuk permainan yang membutuhkan gerakan cepat dan presisi.

Namun, bagi mereka yang terbiasa atau memiliki tangan yang cukup besar, bermain game di layar tablet bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Layar yang besar dan resolusi yang tajam pada Xiaomi Pad 6 memberikan tampilan grafis yang memukau, terutama untuk permainan santai maupun permainan strategi seperti Clash of Clans, Plant versus Zombie, atau Honkai Star Rail.

Layar IPS Berkualitas Tinggi

Xiaomi Pad 6 Layar IPS Berkualitas Tinggi

Xiaomi Pad 6 menggunakan layar IPS dengan resolusi tinggi 2880x1800 pixel dan refresh rate adaptif 144Hz. Meskipun bukan panel AMOLED, layar ini tetap memberikan kualitas gambar yang sangat baik dengan warna-warna yang hidup. 

Pengguna juga dapat memilih berbagai mode layar, seperti Original, P3, atau sRGB, sesuai dengan preferensi mereka. 

Keuntungan menggunakan panel IPS adalah ketahanannya terhadap burn-in, yang merupakan masalah umum pada layar AMOLED jika digunakan untuk waktu yang lama dengan tampilan statis. 

Panel ini sangat cocok untuk pengguna yang sering menggunakan tablet sebagai monitor kedua untuk pekerjaan mereka.

Kualitas Kamera yang Mengejutkan

Salah satu aspek yang sering diabaikan pada tablet adalah kualitas kamera. Xiaomi Pad 6 dilengkapi dengan kamera belakang 13MP yang mungkin terdengar biasa. Namun, hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera ini cukup mengesankan. 

Gambar yang diambil memiliki warna yang tajam dan detail yang baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang baik. Meskipun tidak sehebat kamera pada ponsel flagship, kualitas kamera pada Xiaomi Pad 6 adalah yang terbaik dalam kelasnya.

Kamera depannya juga memadai untuk keperluan video call, dan tablet ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengubah latar belakang dan framing otomatis, yang meningkatkan pengalaman pengguna dalam komunikasi jarak jauh.

Baterai Besar dan Pengisian Cepat

Xiaomi Pad 6 memiliki baterai berkapasitas 8840 mAh yang cukup besar. Dalam pengujian, tablet ini mampu bertahan hampir sepanjang hari saat digunakan untuk menonton video YouTube. Selain itu, proses pengisian daya juga sangat cepat, dengan dukungan untuk charger 33W. 

Tablet ini dapat mengisi baterai hingga 39% dalam setengah jam, dan dalam waktu 1,5 jam, baterainya sudah penuh kembali. Ini adalah fitur yang sangat berguna terutama bagi pengguna yang sering bepergian dan membutuhkan daya tambahan dengan cepat.

Kelemahan dan Pertimbangan Tambahan

Namun, seperti halnya setiap perangkat, Xiaomi Pad 6 juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. 

Salah satu kekurangan utama adalah ketiadaan dukungan jaringan seluler, yang berarti Anda harus mengandalkan Wi-Fi atau tethering dari ponsel Anda untuk koneksi internet. 

Selain itu, tablet ini hanya mendukung face unlock tanpa sensor sidik jari, yang bisa menjadi kelemahan jika Anda lebih suka menggunakan metode autentikasi lain.

Xiaomi Pad 6 juga tidak memiliki slot untuk memori eksternal, sehingga Anda harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ada. 

Dalam hal perangkat lunak, tablet ini menjalankan Android 13 dengan antarmuka MIUI Pad 14. Meskipun ada beberapa penyesuaian untuk tablet, pengalaman penggunaannya masih mirip dengan ponsel, yang mungkin tidak sesuai dengan harapan beberapa pengguna tablet yang mencari pengalaman yang lebih dioptimalkan untuk produktivitas.

Aksesoris yang Diperlukan untuk Pengalaman Lebih Baik

Aksesoris yang Diperlukan untuk Pengalaman Lebih Baik

Salah satu pertimbangan penting saat membeli Xiaomi Pad 6 adalah aksesoris tambahan yang mungkin Anda perlukan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Meskipun tablet ini menawarkan spek yang sangat baik dengan harga yang terjangkau, beberapa fitur tambahan hanya bisa diakses dengan membeli aksesoris tambahan.

Xiaomi menyediakan keyboard dan stylus khusus untuk Xiaomi Pad 6. Keyboard ini memiliki harga sekitar 1 juta Rupiah, sementara stylusnya juga sekitar 1 juta Rupiah. Jadi, jika Anda ingin menggunakan tablet ini untuk produktivitas yang lebih serius atau kreativitas, Anda perlu menambahkan biaya tambahan sekitar 20% dari harga tablet untuk membeli aksesoris ini. 

Kesimpulan: Xiaomi Pad 6

Secara keseluruhan, Xiaomi Pad 6 adalah tablet Android yang sangat menarik dengan spek yang tangguh dan harga yang terjangkau. Performa Snapdragon 870 yang kuat, layar berkualitas tinggi, dan kualitas kamera yang mengesankan membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari tablet Android dengan anggaran terbatas.

Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan, seperti kebutuhan akan aksesoris tambahan untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, ketiadaan dukungan jaringan seluler, dan pengalaman perangkat lunak yang mirip dengan ponsel. 

Jika Anda siap mengatasi hal-hal ini, Xiaomi Pad 6 adalah pilihan yang kuat dalam segmen tablet Android yang terjangkau. Dengan harga yang kompetitif dan spesifikasi yang tangguh, tablet ini cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari hiburan hingga produktivitas.

Komentar
Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang. Info lebih lanjut.

Additional JS