Sosial Media
Home Advertorial House

Mengenal Plat Lubang Besi: Sejarah, Ukuran, dan Kegunaan

"Memilih plat lubang besi sesuai kebutuhan. Temukan variasi ukuran dan desain estetis. Dapatkan hanya di Pusatbajaindonesia.com."

2 min read

Plat lubang besi saat ini telah menjadi salah satu material yang fleksibel dan banyak digemari. Anda bisa dengan mudah mencarinya di toko yang jual plat lubang besi.

Kegunaan plat lubang besi sangat luas di sektor industri dan kegiatan konstruksi. Bukan hanya sebagai bahan pagar bangunan, melainkan juga filter hingga atap.

Kekuatan materialnya membuat plat besi ini menjadi pilihan populer. Selain itu, plat lubang besi hadir dengan beragam variasi desain atau motif lubang. Hal ini semakin menambah daya tarik di aspek estetika jika diaplikasikan, terutama pada proyek hunian.

Plat lubang besi bukanlah produk baru. Jenis plat logam ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak abad ke-19. Berikut ulasan lengkap mengenai plat lubang besi, dari sejarah, ukuran, hingga kegunaan.

Mengenal Plat Lubang Besi Sejarah, Ukuran, dan Kegunaan


Sejarah Plat Lubang Besi

Plat lubang besi disebut juga sebagai perforated metal atau perforated plate. Plat lubang merupakan plat logam besi yang telah dilubangi di seluruh permukaannya menggunakan teknologi pelubang atau CNC.

Logam berlubang ini telah digunakan dalam konstruksi selama lebih dari 200 tahun. Bentuk plat lubang besi paling terkenal di zaman itu adalah saringan besi.

Saringan besi dibuat dengan jarum atau benda tajam secara manual. Zaman dulu, saringan tersebut digunakan oleh pekerja tambang untuk mengayak atau memisahkan batubara dari partikel lain.

Melansir Zahner, industri pengecoran dan pengelasan logam di negara-negara Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an mulai menawarkan kreasi unik dengan menciptakan logam berlubang. Salah satunya perforasi aluminium cor pada Gedung Monadnock.

Pembuatan plat lubang besi melalui penggunaan teknologi digital yang lebih canggih dimulai pada awal tahun 2000-an. Lubang atau perforasi yang dihasilkan pun berbasis pola dan gambar dan lebih bervariasi.

Sementara itu, pagar atau pelindung luar fasad bangunan dari logam berlubang memulai trennya pada tahun 2005. Melalui pengujian oleh peneliti, penggunaan logan berlubang sebagai lapisan ganda berpotensi membantu mengurangi penggunaan energi penerangan, ventilasi, dan pendinginan.

Sejak saat itulah, produksi dan penggunaan plat lubang besi berkembang pesat. Arsitek kontemporer menggunakan plat lubang besi untuk mengekspresikan estetika visual. Sekaligus menurunkan biaya konsumsi energi bangunan. 


Ukurang Plat Lubang Besi

Plat lubang besi hadir dengan variasi motif atau pola lubang, seperti persegi panjang, ornamental, bulat 60 derajat, bulat 90 derajat, bulat floral atau pola bunga, hexagonal, dan pola kotak biasa

Anda bisa simak tabel ukuran plat lubang besi berikut sebagai referensi sebelum memesannya.

Ukuran Produk Diameter Lubang Tebal
Plat Lubang 10mm x Plat 1,0mm 4 x 8 10 mm 1.0 mm
Plat Lubang 10mm x Plat 1,2mm 4 x 8 10 mm 1.2 mm
Plat Lubang 10mm x Plat 1,5mm 4 x 8 10 mm 1.5 mm
Plat Lubang 10mm x Plat 2,0mm 4 x 8 10 mm 2.0 mm
Plat Lubang 10mm x Plat 3,0mm 4 x 8 10 mm 3.0 mm
Plat Lubang 12mm x Plat 1,0mm 4 x 8 12 mm 1.0 mm
Plat Lubang 12mm x Plat 1,2mm 4 x 8 12 mm 1.2 mm
Plat Lubang 12mm x Plat 1,5mm 4 x 8 12 mm 1.5 mm
Plat Lubang 12mm x Plat 2,0mm 4 x 8 12 mm 2.0 mm
Plat Lubang 12mm x Plat 3,0mm 4 x 8 12 mm 3.0 mm


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan plat lubang besi sangat luas dan multifungsi. Di sektor konstruksi, plat ini digunakan sebagai elemen dekoratif, pelapis dinding, atau langit-langit.

Selain itu, industri otomotif juga mulai mengadopsi plat lubang besi untuk berbagai aplikasi, seperti gril kendaraan dan panel ventilasi.

Begitupun dengan perkembangan bahan baku untuk membuat plat ini, termasuk memanfaatkan stainless steel, baja galvanis, kuningan, dan aluminum.

Jika Anda berencana menggunakan plat lubang besi, pastikan untuk memilih jasa desain dan instalasi yang terpercaya, seperti Pusatbajaindonesia.com. Mereka adalah perusahaan jual plat lubang besi yang sudah melayani pembuatan dan instalasinya selama bertahun-tahun.

Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang.
Info lebih lanjut.

Additional JS