0
Home  ›  Advertorial  ›  Bisnis

Inovasi Iklan Komersial Menarik Yang Harus Pebisnis Ketahui

"Pentingnya iklan komersial yang menarik dalam pemasaran. ketahui jenis, ciri, contoh, serta inovasi Train Advertising oleh StickEarn di sini."

Inovasi Iklan Komersial Menarik Yang Harus Pebisnis Ketahui

Dalam menghadapi persaingan antar brand yang semakin ketat, para pemilik bisnis terus berlomba-lomba mempromosikan produk dan jasanya. Hal ini bertujuan agar dapat menjangkau target audience yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Berbagai strategi pemasaran dapat dimanfaatkan, mulai dari iklan digital, hingga iklan konvensional. Namun, jangan sampai strategi-strategi tersebut menjadi kurang efektif apalagi sampai menimbulkan kejenuhan.

Oleh karena itu, penting mencari alternatif media iklan yang unik dan efektif untuk menjangkau target audience yang lebih luas, salah satunya adalah Iklan di Kereta atau Train Advertising. Pada artikel ini CatatanDroid akan membahas secara mendalam pengertian, jenis, ciri-ciri, contoh, serta pentingnya iklan komersial dalam konteks pemasaran.


Pengertian Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang dibuat dan disebarkan dengan tujuan utama untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan maksud komersial, yaitu untuk meningkatkan penjualan. 

Dalam konteks ini, penyedia ruang iklan komersial dibayar oleh pihak yang ingin mempromosikan produk atau jasanya. Iklan ini bisa kita temukan dalam berbagai media, termasuk media cetak, media elektronik (seperti televisi dan radio), serta media digital (seperti internet dan media sosial).

Jenis Iklan Komersial

Terdapat beberapa jenis iklan komersial yang digunakan dalam praktik pemasaran, di antaranya:

  1. Komersial Strategi: Jenis iklan ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan suatu brand dengan menyoroti keunggulan atau manfaat produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan jenis ini biasanya berfokus pada pesan yang bersifat informatif dan persuasif.
  2. Komersial Taktis: Jenis iklan ini lebih berorientasi pada upaya penjualan langsung dengan menawarkan penawaran khusus atau diskon dalam periode waktu tertentu. Iklan komersial taktis seringkali bersifat ajakan langsung untuk melakukan pembelian.

Ciri-Ciri Iklan Komersial

Untuk mengenali iklan komersial, terdapat beberapa ciri yang dapat dikenali, antara lain:

  • Berbayar: Iklan komersial termasuk dalam jenis iklan berbayar yang dibuat dengan tujuan mencapai keuntungan finansial.
  • Bersifat Persuasif: Iklan komersial dirancang untuk meyakinkan dan mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Pesan-pesan dalam iklan ini seringkali disusun dengan menggunakan teknik persuasi yang efektif.
  • Tidak Personal: Iklan komersial ditujukan kepada masyarakat luas dan bukan kepada individu secara personal. Pesan yang disampaikan dalam iklan ini ditujukan untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen potensial.
  • Memiliki Target Pasar Tertentu: Setiap iklan komersial memiliki target pasar yang spesifik sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi pemasaran dan penempatan iklan disesuaikan dengan karakteristik dan preferensi target pasar yang dituju.

Peran Penting Iklan Komersial

Iklan komersial memainkan peran penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau jasa dengan tujuan sebagai berikut:

  • Memperkenalkan Brand: Iklan komersial membantu memperkenalkan suatu brand kepada konsumen, menciptakan kesadaran merek yang dapat membantu memperluas pangsa pasar dan membangun loyalitas konsumen.
  • Menarik Perhatian Konsumen: Iklan komersial dirancang untuk menarik perhatian konsumen dengan menonjolkan keunggulan dan manfaat produk serta menciptakan citra positif dari suatu brand. Pesan-pesan dalam iklan ini juga dapat membentuk persepsi konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mempertahankan Eksistensi Brand: Dengan menggunakan iklan komersial, pemilik produk dapat mempertahankan eksistensi dan permintaan produk di pasar, terutama saat produk mengalami penurunan permintaan. Iklan komersial dapat digunakan untuk mengingatkan konsumen tentang keberadaan produk dan menjaga relevansi brand di mata konsumen.

Contoh Iklan Komersial

Beberapa contoh iklan komersial yang populer di Indonesia meliputi iklan Indomie dengan tagline "Indomie Seleraku" dan iklan Yakult dengan lirik lagu "Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari". Kedua iklan tersebut telah berhasil menciptakan kesan yang kuat dalam benak konsumen dan meningkatkan popularitas brand mereka.


Train Advertising oleh StickEarn

Salah satu inovasi dalam dunia iklan komersial adalah Train Advertising yang ditawarkan oleh StickEarn. Train Advertising memanfaatkan kereta sebagai media promosi, yang dapat menarik perhatian penumpang dengan efektif. 

Penempatan iklan komersial pada kereta memberikan eksposur yang luas dan mencapai target pasar secara spesifik. Dengan beriklan di Train Advertising, Anda dapat memanfaatkan kesempatan unik untuk menjangkau audiens yang sedang dalam perjalanan, sehingga memperoleh visibilitas yang maksimal untuk produk atau layanan Anda.


Penutup

Iklan komersial memegang peranan yang sangat penting dalam mempromosikan produk atau jasa. Dengan memahami pengertian, jenis, ciri-ciri, dan contoh iklan komersial, diharapkan para pemilik bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar. 

Jangan ragu untuk memanfaatkan Train Advertising dari StickEarn sebagai salah satu cara efektif untuk memperluas jangkauan promosi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Train Advertising StickEarn.

YZG
Blogger Template enthusiast.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS