Saturday, September 26

Etika Development Android (Oprek) Yang Mulai Terlupakan

Catatandroid - Etika dunia development android yang mulai terlupakan. Seperti kita ketahui seiring berkembangnya dunia developing android akhir-akhir ini semakin menjamur juga adanya grup-grup mod and development android baru di sosial media, sebagai contoh di media sosial facebook kita bisa melihat mungkin ada ribuan lebih grup-grup android maupun grup developer android yang aktif maupun yang "tertidur" di sana, dan juga beberapa sumber ilmu mod android lainnya.

Beruntung bagi kita yang baru belajar dunia development android menemukan grup maupun sumber ilmu developing android seperti di atas, kita bisa dengan bebas mencari dan mendapatkan ilmu serta berkarya dan berbagi ke depannya. Namun sebagai pendatang baru maupun yang udah malang-melintang alias dedengkot di dunia development android pun tentunya kita harus mengetahui etika dalam dunia development android agar perjalanan kita dalam dunia mod and development android ini tidak terpeleset dan bonusnya mendapat respect dari sesama teman-teman developer lainnya.

Oke yuk kita masuk ke pembahasan, di sini catatandroid hanya berniat memberikan info dan pengingat bukan bermaksud menggurui dan mengkoreksi ya, semoga dengan info etika developer android android yang catatandroid berikan ini bisa di terapkan dan berguna bagi kita semua.


etika oprek android - catatandroid
Sumber ilustrasi rinegan.files.wordpress.com


Cari, baca, baca, baru bertanya

Mungkin klise jika kita membaca sub judul di atas namun rumus tsb terbukti ampuh bagi kita jika mengalami suatu kesulitan dalam mod android karena kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa hal yang kita tanyakan tidak repost/berulang-ulang, tiap grup maupun forum tentunya terdapat fitur pencarian maupun dokumen kita dapat memanfaatkan fitur tsb sebelum bertanya.


Hindari PM kecuali info penting atau persoalan pribadi

Adanya suatu grup maupun forum development android tentunya di ciptakan untuk para developer maupun moder saling berinteraksi, saling belajar, saling share, dan berdiskusi satu sama lain. Di grup/forum ini juga kita bertanya dan berdiskusi, Hindari tindakan/kebiasaan langsung pm author/ts dengan pertanyaan dari hal yang ia bahas di grup/forum tsb. Perumpamaannya jika tiap thread pembahasan terdapat 100 pembaca yang ke semuanya memilih bertanya via PM tidak di thread terkait sementara ts memiliki 10 thread lainnya kebayang betapa banyaknya dan bingung ts menghadapinya. :D


Logcat, ss, dan file pendukung pertanyaan

Pentingnya hal tsb di atas akan kita rasakan jika mengahadapi pertanyaan polosan atau tanpa disertakan file pendukung. Contoh ada pertanyaan seperti ini:
"Nanya gan kok ane decompile gagal ya?"
Namun tanpa menyertakan keterangan gagal/errornya.
Dan juga
"Nanya gan ane nerapin guide kok jamnya numpuk (atau) miring?"
Jangan lupa sertakan SS dan file pendukungnya
Serta
"nanya gan kok settings ane force close?"
Jangan lupakan sertakan juga logcatnya.


Hindari oot

Misal pada pembahasan root sang ts membuat thread tentang tutorial cara root tanpa pc lalu ada penanya bertanya persoalan bumbu batagor apa yang anda rasakan? xD


Sertakan Credit/Thanx to

Adanya credit maupun thanx to merupakan bentuk penghargaan dan terima kasih kita kepada original author maupun original sharer yang karya atau tutorialnya kita reshare atau terapkan dalam karya kita. Credit dan thanx to juga menghindari kita dari cap negatif di kemudian hari.


Perhatikan kembali keterangan "by me"

Penting jika kita port, remod, reedit, rewrite karya dari dev lain.
Langsung ke contohnya saja ya.
+ jika kita port suatu rom hasil karya dev lain. =
Rom by (original dev)
Ported to (device) by me
+ jika kita edit sebagian
Rom/apk/tweak by (original dev)
Moded/Edited/customed by me
+ jika rilis sebagian patch/theme
Rom by (original dev)
Themed by me
+ jika edit sebagian besar dan ingin beri nama baru
Rom (nama baru)
Base from (original rom)

---

Beberapa hal dan keterangan di atas adalah hanya sebagai info namun tidak ada salahnya jika kita jadikan sebagai patokan untuk lebih memperhatikan etika development android dalam bertindak dan berkarya ke depannya.
Kalau bukan dari kita yang memulai siapa lagi?

Demikian sedikit info dan pengingat Etika dunia developer android yang mulai terlupakan, sekali lagi catatandroid tidak bermaksud menggurui atau mengoreksi hanya sebagai info dan pengingat yang dirasa penting untuk kita ketahui bersama. Mohon maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat dan jangan lupa bantu catatandroid untuk menyebarkan ke teman-teman moder dan developer android yang lain ya. Terima kasih
Catatandroid

2 comments:

  1. Gan cara menggunakan logcat gmana gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. googling dulu belum di bahas di sini, beberapa caranya via command prompt windows, via terminal emulator linux/android, dan via aplikasi cat log di android

      Delete

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon