Tuesday, September 22

Tips Membangun Android Team Developer yang Solid

Catatandroid - Membangun sebuah team developer rom android merupakan suatu dambaan bagi para developer rom android yang mungkin saat ini masih tercerai berai maupun single fighter, hal yang sangat menarik dan menantang juga akan dirasakan dalam proses pencarian orang-orang dengan skill-skill yang tepat untuk dapat bergabung dan menjadi keluarga dalam team dev android yang kita bentuk.

Mengapa Android Rom Dev Team bisa di katakan dapat menjadi dambaan bagi para developer? karena membentuk sebuah Team adalah bentuk visualisasi keprofesionalan diri dan wadah untuk saling mengekspresikan sekaligus menyumbang dalam bentuk karya bersama yang diharapkan berguna dan bermanfaat bagi para pengguna karya kita.
Bukankan beramal secara berjamaah mendapat ganjaran yang lebih besar?(cocoklogi)heheehe


Beberapa Team Rom Android yang sudah tak asing lagi - catatandroid
Beberapa Team Rom Android yang sudah tak asing lagi



Lanjuttt, lalu hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam membangun sebuah Team Dev yang solid, efektif, dan efisien? Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah:

- Visi & Misi serta Target yang Jelas
- Komunikasi yang intens & berkualitas
- Spesialisasi skill yang terarah
- Ketersediaan waktu bersama
- Kreatifitas dan Pengembangan Diri


VISI & MISI SERTA TARGET YANG JELAS

menjadi sangat penting sebagai landasan dan tujuan utama sebuah tim developer untuk dapat melaju sesuai rel yang tertarget, misal

- team yang dibentuk secara sukarela untuk berkarya dan berbagi.
- team yang terbentuk karena adanya permintaan pihak lain(investor/vendor)
- team yang terbentuk untuk menarik pihak lain(investor/vendor)
- team yang dibentuk untuk bersaing dengan team lain
- team yang dibentuk secara iseng belaka

Serta beberapa tujuan lainnya di bentuk sebuah team yang kesemuanya menjadikan sebuah Dev team sebagai wadah untuk saling menyumbangkan karya dan menunjukkan kemampuan bersama.


KOMUNIKASI YANG INTENS DAN BERKUALITAS

Di dukung juga dengan adanya atau menyediakan waktu bersama untuk saling bertukar pikiran, ide, kreatifitas, serta saran yang membangun, bentuk komunikasi yang bisa di manfaatkan sangat banyak sekarang ini seperti medsos, chatting, dan lainnya yang mungkin sobat catatandroid lebih mengetahuinya.

Bentuk komunikasi virtual di atas tersebut sangat berguna dan bermanfaat hanya sebagai alternatif dalam berkomunikasi, tetap saja lebih efektif jika komunikasi di adakan pada waktu khusus secara rutin untuk bertatap muka langsung bersama karena komunikasi langsung sangat efektif dalam mendongkrak munculnya ide dan kreatifitas dari masing-masing anggota tim dev.


SPESIALISASI SKILL ANGGOTA TEAM YANG TERARAH

Menjadi point berikutnya yang harus di perhatikan oleh pemimpin team dan masing-masing anggota Dev Team.
Beberapa speasilasi yang perlu ada dalam sebuah team antara lain:

- Developer
- Themer
- Designer
- General developer

Developer 

dalam hal ini adalah sebagai spesialisasi dalam source code android serta menghandle penambahan-pengurangan-pengeditan fitur-fitur yang terdapat di dalam rom baik itu kernel dan system.
Spesialisasi: source code, java, c++, smali, debugging,

Themer 

perannya di dalam sebuah rom bersingkronisasi(bosoneee rek) bersama designer di dalam team, themer mengurus dalam bagian layout/tampilan/penempatan icon dan widget-widget yang di buat oleh designer serta bersama memperindah tampilan fitur-fitur dari bagian developer.
Spesialisasi: xml, smali, ux, debugging,

Designer 

peranannya dalam sebuah rom sebagai pencipta image-image/icon yang di perlukan di tiap aplikasi maupun keperluan promosi rom dengan tujuan mempercantik tampilan visual dari sebuah rom dan unsur-unsur pendukungnya.
Spesialisasi: iconing, ui, ux

General 

mengatur bagian-bagian lain selain spesialisasi di atas dan di kerjakan secara bersama seperti sound, boot sound, script tambahan, tweak, updater-script, build-prop, dsb yang sudah umum dijumpai sebagai pelengkap yang sangat penting dalam sebuah rom.
Spesialisasi:idem+port

Kesemua bagian spesialisasi skill di atas sangat penting untuk dipenuhi oleh sebuah Team untuk dapat menjadi team yang Solid, Efektif, dan Efisien dalam berkarya secara konsisten dan kontinyu menjawab perkembangan dunia android.


KREATIFITAS DAN PENGEMBANGAN DIRI

Membangun sebuah team dev yang solid tentu tidak bisa seperti memasak mie instan atau sekali bikin langsung jadi, tentunya kesolid-an sebuah dev team akan teruji dengan seiring berjalannya waktu serta munculnya beberapa cobaan dan bagaimana cara menyikapinya bersama.

Kreatifitas dan pengembangan team dev menjadi hal yang perlu diperhatikan bersama agar keberlangsungan sebuah team dapat terus bertahan dan menjawab tantangan dengan menciptakan karya yang kontinyue sesuai permintaan pasar atau perkembangan dunia teknologi android.

Observasi karya dari Dev Team atau pihak lain merupakan salah satu cara untuk terus mendongkrak kreatifitas dengan terus mencari inspirasi secara global dan frontal, yang di maksud global dan frontal yaitu inspirasi bisa dari mana saja, bisa dari negara mana saja, dan dari media mana saja.

---

Di samping beberapa hal yang telah di jelaskan di atas soal keunggulan, dambaan dan keuntungan membentuk sebuah team dev dalam kenyataannya tentu masih banyak juga teman-teman kita yang saat ini tetap bertahan secara kontinyu berkarya sebagai single fighter. Berkarya sendiri namun konsisten merilis karya-karyanya untuk penggunanya. Saluutt!

Akhir kata semoga artikel tips membangun sebuah android rom developer team ini dapat bermanfaat untuk teman-teman moder yang ingin membentuk team developer maupun dev team yang telah terbentuk. Admin ingatkan kembali jangan 100% percaya terhadap isi artikel karena semuanya adalah hanya dari pengalaman dan sepengetahuan catatandroid saja. :p

Oia jangan lupa jika teman-teman blogger yang ingin mencopas atau memodifikasi artikel tips membangun sebuah tim android ini ke blog kalian tolong sertakan link sumber, pasti tau kan bagaimana sulitnya mengubah tulisan dari angan-angan menjadi tulisan yang dapat di baca.hehehe Sukses selalu sobat catatandroid. Wassalam
Catatandroid

7 comments:

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon