Wednesday, September 23

Mengetahui Tahapan Dasar / Step by Step Mod and Development Android

Catatandroid - Tahapan dari awal mod and development android yang baik dan benar serta tips mudah penggunaan android akan kita bahas di artikel ini, seperti tahapan dasar apa yang kita lakukan mulai dari open box atau hands on ponsel baru untuk selanjutnya kita explor dan belajar dengannya.

Sebagai pengguna smartphone tentunya kita harus bisa lebih smart dari handphone kita bukan? karena itulah beruntung sekali kita para pengguna smartphone Android dapat mengambil manfaat dengan sekaligus mempelajari struktur-struktur pembentuk android di dalamnya seperti xml, java, bahkan C & C++.

Sebelum terlalu jauh ke pembahasan tersebut layaknya kita mengetahui tahapan dasarnya dahulu agar kedepannya lebih mudah dalam proses pembelajaran system android.
Yuk di mulai. ;)



Enable Unknown sources

Unknown sources fungsinya adalah untuk mengizinkan system android untuk dapat menginstal aplikasi yang di dapat dari pihak ketiga atau di luar dari Play Store (penyedia aplikasi online resmi google).

Untuk mengaktifkan Unknown sources sobat dapat langsung menuju ke Settings > Security > scroll down > checklist pada Unknown sources.

Selesai, sobat sudah bisa menginstal aplikasi dari pihak ke-3 maupun hasil backupan aplikasi yang tersimpan di storage.

Enable Usb debugging

Fungsi dari mengaktifkan Usb debugging adalah agar device android sobat dapat berkomunikasi dengan aplikasi maupun konsol lain yang terhubung dengan device android sobat memanfaatkan fungsi adb (android debug bridge) baca tentang android debug bridge / adb.

Antara lain adalah membantu proses rooting, melakulan debugging log cat, serta lainnya. :p
Mengaktifkan usb debugging caranya sobat dapat langsung menuju ke Settings > About phone > scroll down > tap ±7x pada build number > akan muncul popup "you are now developer" > kembali ke menu awal Settings > masuk Developer options > checklist pada Usb debugging.

Mengaktifkan Usb Debugging - catatandroid
Mengaktifkan Usb Debugging


Root device / Rooting

Fungsi root android, rooting dilakukan untuk dapat mengakses lebih jauh system androidmu, rooting menjadi proses developing awal yang wajib di lakukan untuk dapat mengedit icon-icon android, mengganti icon, melakukan backup, menambahkan aplikasi default, menghapus aplikasi default system, dll yang akan kita bahas ke depannya.

Dengan melakukan root ini berarti kamu dengan sadar mengetahui bahwa garansi kamu akan hangus, tapi tenang saja jika sekedar root bisa dilakukan proses unroot kembali untuk mengembalikan status system dari rooted ke unroot agar garansi kembali berlaku.

Proses rooting ada banyak metode serta cara, diantaranya root dengan framaroot, root dengan baiduroot, root dengan keyroot master, root melalui custom recovery, maupun root dengan software pc lainnya.

Melakukan full backup (preventif)

Setelah fungsi root berhasil di lewati langkah selanjutnya adalah backup rom sebagai fungsi preventif/pencegahan/jaga-jaga dari hal-hal yang tidak di inginkan ke depannya, banyak juga teman-teman yang setelah melakukan rooting langsung menginstal custom recovery namun tidak jarang juga saat menginstal custom recovery terjadi kesalahan yang menyebabkan bootlop, softbrick dsb.

Oleh sebab itu catatandroid menganjurkan setelah rooting langsung melakukan full nandroid backup, cara backup nandroid bisa langsung dilakukan dengan apliksi Onandroid Backup(online nandroid backup) tersedia gratis di Play Store.

Cara menggunakan aplikasi Onandroid ini pun sangat mudah pasti teman-teman bisa melakukannya, setelah backup berhasil dilakukan simpan hasil backupan tsb di tepat yang aman seperti Pc, Laptop, atau Flashdisk.

Disable Signature

Proses disable signature dilakukan beberapa fungsinya adalah agar sobat catatandroid dapat menginstal aplikasi yang sama namun dengan custom signature yang berbeda, biasanya aplikasi mod yang telah banyak di edit tidak kompatible dengan aplikasi aslinya namun dengan melakukan proses disable signature aplikasi full mod tsb dapat terinstal dan konpatible dengan system androidmu. Lebih jelasnya baca Cara disable signature berikut penjelasan.

Melakukan Deodex

Apa si deodex? Deodex kepanjangan dari Deoptimized dex, karena kebanyakan system bawaan rom adalah Odex atau optimized dex, kenapa kok udah optimal malah di jadikan tidak optimal? Rom yang berstatus deodex lebih mudah untuk di kembangkan karena file .odex menjadi satu paket dengan file .apk. sedangkan system yang masih Odex terpisah antara file .odex dan file .apk sehingga jika ingin mengembangkan harus kerja(decompile-recompile) 2x.
Cara atau metode deodex banyak macemnya, di antaranya via pc maupun tanpa pc/mobile.

Menginstal Custom Recovery

Recovery adalah mode recovery android yang terdapat beberapa menu dan fungsi untuk memperbaiki, mengembalikan bahkan menginstal update OS. Nah Custom Recovery adalah recovery hasil mod dengan adanya beberapa fitur tambahan yang lebih lengkap di antaranya backup-restore, sdcard partition, install custom rom, dsb.
Beberapa custom recovery yang telah beredar antara lain adalah Clock Work Mod(CWM), Team Win Recovery Project(TWRP), Philz Touch Recovery, Carliv Touch Recovery(CTR), dll.

Menginstal Aplikasi Pendukung Mod dan Development

Aplikasi-aplikasi dasar pendukung pengembangan android sangat banyak dan sebagian telah catatandroid bahas pada artikel Share Beberapa Aplikasi untuk Mod dan Developing Android Terbaru, aplikasi yang berguna lainnya masih dalam konteks jaga-jaga dan mempermudah pengoperasian kedepannya adalah pasangan Root Uninstaller dan Installer

Root Uninstaller fungsi dasarnya adalah sebagai penghapus aplikasi-aplikasi bawaan system android, namun yang dapat kita manfaatkan adalah fungsi auto backupnya. Fungsi auto backup aplikasi ini dapat di aktifkan dengan masuk pilihan menu > settings > checklist auto backup.
Fungsi autu backup bekerja secara.  background dan akan membackup otomatis tiap aplikasi yang kita instal atau update, hasil backupan aplikasi dapat di lihat di dalam folder sdcard\RootUninstaller\autobackup.
Lumayankan langsung tersedia backup aplikasi yang kita install itung-itung daripada harus repot download ulang aplikasi-aplikasi yang ingin kita instal kembali.

Installer fungsinya sebagai penyortir aplikasi yang terdapat di sdcard untuk dapat kita pilih dan install, serta tersedia juga fungsi delete aplikasi dan berbagi aplikasi.

Mencoba mod ikon-ikon aplikasi

Pengeditan icon atau mengganti icon-icon aplikasi adalah tahapan yang sangat dasar bagi yang ingin mencoba belajar edit android, dengan cara edit icon-icon android kita dapat mengganti misal icon sinyal, icon batere, icon menu settings, icon buble sms, dan icon-icon lainnya sesuai keinginan kita.

Belajar Decompile Recompile

Setelah selesai melewati proses mengganti-ganti icon selanjutnya adalah decompile-recompile. Dengan decompile-recompile kita dapat lebih jauh mengedit icon 9.png, xml, serta smali.

Mencoba guide-guide developing yang kita temui

Setelah mahir melakukan decompile recompile dan mengatasi error di dalamnya, cara terbaik dan paling menantang dalam proses developing android adalah berani action degan mencoba menerapkan dan trial-error tiap guide yang kita temui, berani mencoba adalah pondasi awal untuk dapat belajar dan mengerti tentang programming dan developing android. Beberapa referensi penyedia guide antara lain adalah Xda-Developer dan Maaad Group.

Membuat flashable zip Rom

Membuat flashable zip rom atau mempacking rom adalah tips tambahan bagi teman-teman yang ingin berbagi rom hasil pengembangan sendiri, biasanya setelah kita berhasil mencoba menambahkan fitur dan mengubah tampilan rom yang kita pakai tentu akan dirasa sayang jika hanya dinikmati sendiri dan akan lebih berkah jika dibagikan ke yang lain bukan??? Dalam membuat flashable zip hal yang harus di perhatikan adalah script command yang terdapat di dalam updater-script serta penempatan file yang tepat sesuai foldernya.
Membuat flashable zip bisa dilakukan dengan beberapa metode antara lain dengan android kitchen maupun manual via rootex.

Mendalami XML

Belajar mendalami xml sangat penting karena dengan menguasai xml kita dapat memainkan dan "menciptakan" bentuk layout sesuai kreatifitas dan keinginan kita, keahlian xml sangat diperlukan oleh seorang developer, themer, maupun designer karena berhubungan erat dengan User Interface(UI) dan User Xperience(UX).
Metode belajar xml banyak kita temukan pada guide-guide mod dan tutorial online lainnya.

Belajar Java script untuk pengembangan aplikasi

Tahapan lanjutan adalah mencoba belajar Java script, mengapa java script sangat penting untuk pengembangan aplikasi karena dengan mengetahui dan menguasai Java script kita dapat "menciptakan" fitur dan aplikasi Android sehingga di sinilah nilai developer android sejati di dapat. Belajar java script banyak metodenya saat ini banyak tersedia materi-materi javascript dan ebook-ebook Java Script untuk pengembangan Android

---

Demikian beberapa tahapan dan sedikit uraian dari tahapan mod android, belajar developing android, dan sedikit tips mudah penggunaan android, mohon maaf jika berantakan karena catatandroid masih nubie dan menjelaskannya pun dengan bahasa ala nubie. Jika ada salah dalam penjelasan dan istilah tolong dikoreksi ya teman-teman, semoga kita sukses dalam belajar development android bersama dan dapat menemukan jati diri dalam dunia developing android yang kita geluti.

Akhir kata jika artikel tahapan pengembangan android ini bermanfaat tolong sekalian share ya.hihi dan bagi teman-teman blogger jika ingin copas atau edit artikel tahapan dasar mod android tolong sertakan sumber. Terima kasih
Catatandroid

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon