Thursday, October 1

Fitur-Fitur dan Pengembangan Terbaru Dari Android M 6.0 (Marshmallow)

Catatandroid - Seperti kita ketahui bersama sistem operasi terbaru Android yang telah diberi nama kode Android M atau lebih dikenal dengan Android Marshmallow 6.0 yang diperkenalkan pada ajang Google I/O 2015 kemarin yang digelar di San Francisco telah sering kita dengar dan jumpai komponen-komponen pretelannya oleh para moder dan developer di grup facebook mod dan dev Android maupun forum-forum development Android seperti XDA dan lainnya.

Namun pastinya ada juga beberapa dari sobat catatandroid yang mungkin belum mengetahui apa saja sih fitur-fitur dari Android Marshmallow ini?
Dave Burke VP(Vice President) Engineering Android membeberkan beberapa Fitur Terbaru Android Marshmallow 6.0 yang telah catatandroid rangkum beserta sedikit penjelasan di bawah ini.


Android Marshmallow OS Android Terbaru - catatandroid
Android Marshmallow OS Android Terbaru


1. App Permission

Fitur app permission berfungsi untuk mengatur perizinan penggunaan aplikasi saat pengguna hendak membuka aplikasi dengan perizinan tertentu. Sehingga pengguna nantinya dapat memilih apakan aplikasi mendapat izin untuk akses lebih atau tidak.

Fitur Terbaru Android M (Marshmallow) 6.0 - catatandroid2. Chrome Tabs

Aplikasi yang memberikan penggunanya tautan di sebuah web dan nantinya pengguna akan bisa membuat in-app Chrome Tabs sendiri. Fitur in-app tabs ini tetap akan memiliki dan membutuhkan data user yang terlebih dulu sudah ada di Chrome, termasuk profil, preferences dan password pengguna.

3. App Links

Fitur terbaru yang bernama App Links ini memberikan kemudahan para developer untuk menghilangkan disambiguasi aksesibilitas untuk masuk ke sebuah link.

4. Android Pay

Fitur Android Pay atau pembayaran digital seperti yang telah sering kita denga dengan dukungan NFC ini membuat para penggunanya semakin aman dan mudah ketika menggunakan perangkat Android-nya untuk melakukan proses pembayaran digital.

5. Fingerprint Support

Android M juga sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint atau pembaca sidik untuk keamanan proses Android Pay bagi para penggunanya. Android M menjadi OS Android pertama dengan API yang telah di update agar mendukung fitur tsb yang berarti untuk konfirmasi pembelian hanya dengan menyentuhkan jari saja.

6. Doze

Burke menjelaskan juga bahwa Android M akan membawa fitur power saving atau penghemat daya terbaru yang bernama Doze. Doze menggunakan deteksi gerakan untuk mendetekti jika perangkat dalam kondisi idle (tidak sedang digunakan dalam waktu yang lama). Doze mendeteksi jika perangkat dalam kondisi idle, maka aktivitas atau kinerja akan dikurangi untuk menghemat daya. Fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan tergantung kebutuhan pengguna.


Selain adanya fitur-fitur terbaru yang telah kita ketahui di atas Android M juga mengUpdate beberapa Fitur yang di bawanya.
Beberapa Keunggulan Android Marshmallow 6.0

1. Volume Control

Tampilan kontrol volume telah didukung dengan sistem ganular yang terpisah antara volume dering, alarm, dan volume multimedia.

2. Sleep

Sebuah fitur handal yang dapat mendongkrak penghematan baterai serta mendukung fitur Doze. Doze diciptakan Google untuk masuk pada mode hibernasi perangkat pada malam hari atau idle dalam waktu lama sehingga hanya dapat digunakan dalam modus standar atau minimal.

3. Google Now On Tap

Kecanggihan fitur Google Now yang dimiliki Android M yakni dapat menerjemahkan suara pengguna dengan menggunakan fitur Google Now terbaru.


Nah demikianlah beberapa fitur dan update keunggulan Android Marshmallow 6.0 terbaru, mungkin artikel ini sedikit telat namun tak ada salahnya sebagai informasi bagi yang sebelumnya belum mengetahui fitu-fitur dari Android M ini termasuk admin catatandroid. xD 

Semakin terlihat keseriusan Google dalam mengembangkan OS Android andalannya tersebut, semoga info Fitur-fitur terbaru Android M bermanfaat dan menambah inspirasi developing android serta wawasan untuk kita sebagai penggunanya, Smart Phone Smart User. Terima kasih
Catatandroid - dikutip dari infohargahp.biz dengan sedikit modifikasi

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon