Friday, October 2

Tips Mengatasi Penggunaan Ram BBM yang Membengkak

Catatandroid - Mengatasi besarnya penggunaan Ram pada aplikasi BBM atau BBM yang terlalu sesak "memakan" Ram, Aplikasi keluaran RIM ini bagi sebagian besar pengguna smartphone merupakan hal yang sudah tak asing lagi dan menjadi salah satu aplikasi chatting yang wajib ada di karenakan memang kepopulerannya dan hampir semua pengguna smartphone memiliki atau menginstal BBM untuk berchatting dan bersosialisasi digital.

Bbm menjadi aplikasi yang sangat berguna sebagai media komunikasi dengan kecepatannya yang bisa di andalkan serta memiliki banyak fitur di dalamnya, sayangnya seperti kita ketahui aplikasi chatting BBM ini memiliki satu kekurangan yang sering dirasakan penggunanya yaitu terlalu besar "memakan" ram dan akibatnya smartphone menjadi agak lambat(laggy) dan sangat mengganggu kinerja atau pengalaman penggunanya sendiri.

Berikut ini catatandroid akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi besarnya pemakaian ram pada aplikasi BBM dengan memanfaatkan menu kostumisasi yang tersedia pada aplikasi BBM itu sendiri.


Meminimalisasi Pemakaian RAM BBM - catatandroid
Meminimalisasi Pemakaian RAM BBM


Show what ..... listening to

2 menu pilihan "show what i'm listening to" dan " show what others are listening to" berfungsi masing-masing adalah untuk mengetahui musik atau video yang kita putar di media player untuk dapat di ketahui teman kontak bbm kita dan mengetahui musik atau video yang teman kita putar dan akan tampil di news feed bbm, fitur yang menarik jika sesekali di aktifkan untuk mengetahui dan berbagi lagu atau video yang di putar namun jika selalu di aktifkan akan membuat kinerja bbm semakin rajin menarik update dari news feednya sehingga semakin banyak ram yang terpakai.

Bbm connected icon

Menu BBM connected icon berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan icon bbm di bilah statusbar, seperti kita ketahui saat menonaktifkan menu icon ini akan muncul pemberitahuan kemungkinan gagal dan pendingnya pesan yang kita kirim atau terima, namun tenang saja karena pemberitahuan tsb tidak terbukti dan proses pengiriman serta penerimaan pesan chat tetap lancar meski kita menonaktifkan menu ini, bonusnya kinerja smartphonemu pun menjadi lebih ringan berbanding lurus pemakaian ram bbm yang minimal.

Show display pictures in chats

Fungsi menu ini adalah untuk menampilkan dan atau menyembunyikan display picture atau foto profil bbm sobat catatandroid di tampilan obrolan bbm sobat. Fitur yang menarik karena dapat chatting sekaligus melihat foto profil kita dan lawan bicara, namun jika sobat catatandroid lebih mementingkan minimnya kinerja ram fitur ini dapat di nonaktifkan.

Contacts layout

Tampilan daftar kontak pada bbm terdapat 2 pilihan, yaitu list(baris) dan grid(kotak), mengaktifkan atau memilih tampilan baris/list menjadi pilihan bijak karena tampilan list mamakan sedikit resource ram karena tidak meload banyak warna atau foto seperti tampilan grid(kotak).

Location

Seperti namanya menu location pada bbm mengatur apakah kita mengizinkan bbm untuk membaca lokasi kita via GPS atau tidak, menonaktifkan fungsi ini akan meminimilasi penggunaan fungsi GPS pada smartphone karena seperti kita ketahui gps menjadi salah satu penyedot daya dan ram terbesar jika kita terus menerus mengaktifkannya.

Menghapus Chat dan BM

Menghapus history chat dan Broadcast Message (BM) dari teman yang telah di baca atau tidak diperlukan lagi sangat signifikan mengurangi daya pemakaian RAM pada smartphone sobat, lakukan hal ini setiap kali jika dirasa sudah menumpuknya history chat pada bilah chat bbm.

Gunakan BBM Mod bertema Hitam/Gelap

Saat ini banyak tersebar pilihan aplikasi BBM Mod pada web, blog, maupun grup dan forum android, pilihlah aplikasi BBM Mod yang bertema gelap karena tema Gelap meminimalisasi kinerja penampilan pigmen warna pada layar yang ujungnya mengurangi kinerja Ram dan Battery.


Menghilangkan dan mengaktifkan checklist pada pilihan menu-menu pengaturan bbm di atas dan pemilihan pengaturan yang tepat akan meringankan kinerja bbm dan meminimalisasi pemakaian ram smartphone itu sendiri sehingga bonusnya kinerja smartphone sobat catatandroid pun menjadi lancar dan penggunaan daya battery menjadi irit.

---

Demikian sedikit tips cara meminimalisasi besarnya pemakaian ram pada aplikasi bbm, tentunya hasil yang di rasakan dan besarnya pemakaian ram mungkin akan berbeda pada tiap smartphone atau os yang berbeda, semoga artikel aplikasi bbm memakan ram ini bermanfaat bagi sobat catatandroid, jika berkenan tolong sebarkan ke teman-teman yang lain ya. Terima kasih
Catatandroid

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon