Mudahnya NgeBlog Langsung Dari Ponsel Android Tanpa PC

"Cara mudah ngeblog langsung dari hp android, cara menulis artikel dan cara edit template blog dari hape, yuk dicoba dan Happy Blogging."

Cara mudah ngeblog langsung dari Android, ngeblog udah jadi hobby baru bagi admin catatandroid, bisa di bilang addicting juga karena yang awalnya cuma iseng ini lama kelamaan menjadi kebutuhan dan yang paling penting menghasilkan! 

Apalagi melihat respon positif dari para sobat catatandroid yang selalu hadir tidak kurang dari ratusan pengunjung dan pageview tiap harinya menambah suntikan semangat sendiri bagi admin untuk terus menulis dan berbagi ke teman-teman dan sobat semua.

Bahas lengkap Ngeblog Praktis dari HP

Nah daripada cuma ane yang memanfaatkan blog dan aplikas untuk blog lebih baik yuk kita sama-sama memulai ngeblog, bagi yang pernah punya blog yuk mulai di buka lagi blognya dan mulai menulis sesuai hobby masing-masing. :)

cara mudah blog langsung via android - catatandroid
Ilustrasi blog by amysampleward

Aplikasi pendukung mobile blogging

Browser

Browser berfungsi sebagai alat kita dalam berseluncur di dunia maya guna mencari inspirasi dan riset-riset untuk bahan artikel yang akan kita tulis, saran catatandroid adalah pilih browser yang ringan, memiliki fitur select text, serta copy to clipboard. 

Fitur ini berfungsi jika kita ingin mencopas artikel dari blog atau sumber lain, contoh blog copasan admin catatandroid lainnya adalah sesehatan.blogspot.com

Selalu ingat dalam mencopas untuk selalu mematuhi kaidah yaitu tampilkan sumber yaa, lain cerita jika sobat mengetik sendiri artikel-artikel dalam blog.

Admin berusaha sebisa mungkin 95% artikel di blog ini adalah hasil ketik sendiri, untuk copasan mungkin hanya berupa link, keterangan spesifikasi, dan beberapa pengulangan istilah saja. :D lanjuttt...

Notepad

Aplikasi Notepad kali ini kita manfaatkan sebagai sarana kita dalam menulis sebelum di publish atau di simpan di draft blogger, jadi saran catatandroid pilihlah aplikasi notepad yang ringan dan mampu melibas ribuan line. 

Banyak aplikasi notepad tersedia di Playstore namun catatandroid merekomendasikan sobat semua untuk mencoba ColorNote.

ColorNote yang menjadi Notepad favorit catatandroid kali ini karena sangat ringan, interface menarik, dan mampu menulis sampai 1000 karakter.

cara mudah blogging via android - catatandroid
Ngetik mudah dan mobile via colornote

Photo cloud (optional)

Photo cloud atau aplikasi penyedia penyimpanan digital/awan khusus foto ini berfungsi untuk media penyimpanan foto pendukung artikel blog yang kita buat.

Kenapa kok harus pake aplikasi yang berbeda? seperti sobat ketahui atau bisa langsung mencoba jika kita upload via aplikasi blogger maka foto yang kita upload otomatis akan berada di paling bawah artikel alias tidak bisa kita pindah-pindahkan ke bagian atas artikel atau tengah artikel misalnya.. 

Nah dengan aplikasi photocloud ini kita tinggal tempatkan html link foto di tempat yang kita inginkan di artikel blog kita. Rekomendasi: Photobucket.

pilihan link share photo di photobucket - catatandroid
Pilihan link share di Photobucket

Blogger

Aplikasi resmi blogger, jika sobat memiliki blog dari penyedia blog lain seperti wordpress, weebly, xtgem dll tersedia juga aplikasinya di Playstore tetapi catatandroid kali ini membahas untuk Blogger ya. ;)

Blogger ini aplikasi yang bisa di bilang sangat sederhana karena hanya memilliki fitur dasar blogger yaitu menulis, ,mengedit, mengupload, menyimpan, dan mempublish. 

Fitur editingnya pun sangat minim sekali yaitu hanya bold, italic, underline, serta link.

cara ngeblog mudah blogger android - catatandroid
Ngeblog mudah dengan android

Memperbanyak Artikel Blog

  • Pertama-tama kita manfaatkan notepad untuk menulis sendiri artikel yang akan kita buat atau bahkan jika kita ingin membuat artikel copasan gunakan browser untuk mencari ide atau riset yang kita butuhkan untuk bahan artikel yang kita buat, 
  • Jika sudah ketemu select text artikel yang akan di copas lalu copas di Aplikasi Notepad, sortir kembali jika ada kesalahan penulisan atau kata dan kalimat yang kurang tepat atau ingin di tambahkan pada Notepad.
  • Upload gambar atau foto pendukung artikel ke aplikasi Photo cloud dan ambil link htmlnya untuk kita copas dan tempatkan di artikel sesuai tempat yang kita inginkan.
  • Copas semua artikel yang sebelumnya kita persiapkan di Notepad ke aplikasi blogger, lalu masukan link yang di perlukan ke artikel misal link sumber, link download, maupun link lainnya dengan pilih icon link lalu copas linknya.
  • Jika dirasa artikel sudah lengkap artikel, foto, link, bagi sobat yang ingin mengeditnya kembali di pc simpan dulu ke draft dengan memilih icon discket, bagi teman yang merasa sudah cukup maka telah siap untuk di publish pilih icon send/pesawat kertas.

Nah mungkin sobat catatandroid masih ada yang bertanya kenapa kok menulis artikelnya via aplikasi Notepad tidak langsung via aplikasi blogger?

Sayangnya aplikasi blogger tidak seringan kalau kita menulis via notepad, dan juga jika kita menulis artikel via aplikasi blogger tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Di samping menyedot pulsa juga pada blogger ada bug yang mengganggu yaitu jika ada jeda yang cukup lama antara writing dan send terkadang terjadi freeze yang kadang sewaktu di simpan atau di publish artikel hilang atau tidak berubah.

Tidak mau kan sudah mengetik panjang-panjang dan susah-susah meras otak tapi hasilnya hilang atau kepotong, coegg sekali bukan? 

Namun kembali lagi semua adalah pilihan, baik langsung via aplikasi blogger, via browser, maupun via notepad terlebih dahulu. Silahkan pilih yang paling nyaman versi sobat sekalian.

Aplikasi edit tema / template blogger

Kesulitan lain yang biasa dihadapi oleh blogger mobile adalah editing template, template/theme blog terkadang membutuhkan editing kode html, css, javascript yang sangat sulit jika langsung dilakukan melalui browser.

Namun jangan khawatir karena terdapat aplikasi yang dapat dengan mudah mengedit kode template blog html, css, atau javascript langsung dari hp.

AIDE Web - Html,Css,JavaScript

Cara Edit template Blog dengan aplikasi AIDE Web

  1. Pertama-tama download dan instal aplikasi AIDE Web dari link diatas
  2. Download (backup) Template blog sobat
  3. Buka aplikasi AIDE Web
  4. Akan muncul popup pilih Code (For expert)
  5. Izinkan (allow) perizinan akses media,foto,file
  6. Akan muncul penawaran license, abaikan saja pilih tombol Continue Free
  7. Muncul Create new project, abaikan saja pencet tombol back di hp sobat
  8. Pilih icon titik tiga biru di pojok kanan bawah
  9. Buka folder .... dan cari file template xml blog yang sebelumnya telah sobat backup
  10. Maka isi semua kode template blog akan terbuka dan dapat kita edit-edit

Penutup dan Kesimpulan

Oke mungkin demikian sedikit tips cara blogging memperbanyak artikel langsung dari android serta cara edit tema atau template blogger langsung dari hp dengan bantuan aplikasi aide web.

Semoga sedikit menjadi info yang bermanfaat bagi sobat yang mau memulai ngeblog atau bagi sobat yang ingin kembali ngeblog, Terima kasih telah mampir dan membaca. Catatandroid

  1. Terimakasih, sangat membantu penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang kalau bermanfaat, Terima kasih

      Hapus
  2. Saya juga biasanya pakai smartphone untuk buat kontennya. Hanya saja tetap difinishing pakai laptop atau pc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas kemudahan ngetik konten artikel via mobile phone jadi nilai plus.
      Finishing dan merapihkan struktur terkadang juga memerlukan laptop/pc. thanks sudah berkunjung.

      Hapus
4 komentar