Tuesday, October 20

Mudahnya Cara NgeBlog Langsung Dari Ponsel Android!

Catatandroid - Cara mudah ngeblog langsung dari Android, ngeblog udah jadi hobby baru bagi admin catatandroid, bisa di bilang addicting juga karena yang awalnya cuma iseng ngetik dan menulis untuk blog sederhana ini lama kelamaan menjadi kebutuhan juga, apalagi melihat respon positif dari para sobat catatandroid yang selalu hadir tidak kurang dari 200 pengunjung dan 600 pageview tiap harinya menambah suntikan semangat sendiri bagi admin untuk terus menulis dan berbagi ke teman-teman dan sobat semua.

Nah daripada cuma ane yang memanfaatkan blog dan aplikasi untuk blog lebih baik yuk kita sama-sama memulai ngeblog, bagi yang pernah punya blog yuk mulai di buka lagi blognya dan mulai menulis sesuai hobby masing-masing. :)
Kali yang akan catatandroid bahas adalah cara memperbanyak artikel dari android, jadi sobat sekalian terlebih dahulu harus memiliki blog yaa, daftar blog mudah kok bisa langsung menuju blogger.com

cara mudah blog langsung via android - catatandroid
Ilustrasi blog by amysampleward

Aplikasi pendukung yang di persiapkan

Browser

Browser berfungsi sebagai media kita dalam berseluncur di dunia maya dan mencari inspirasi dan riset-riset untuk bahan artikel yang akan kita tulis, saran catatandroid adalah pilih browser yang ringan dan memiliki fitur select text yang ringan, serta copy to clipboard. fitur ini berfungsi jika kita ingin mencopas artikel dari blog atau sumber lain, contoh blog copasan admin catatandroid lainnya adalah sesehatan.blogspot.com , selalu ingat dalam mencopas untuk selalu mematuhi kaidah yaitu tampilkan sumber yaa, lain cerita jika sobat mengetik sendiri artikel-artikel dalam blog seperti blog sederhana ini, admin berusaha sebisa mungkin 95% artikel di blog ini adalah hasil ketik sendiri, untuk copasan mungkin hanya berupa link, keterangan spesifikasi, dan beberapa pengulangan istilah saja. :D lanjuttt...

Notepad

Aplikasi Notepad kali ini kita manfaatkan sebagai sarana kita dalam menulis sebelum di publish atau di simpan di draft blogger, jadi saran catatandroid pilihlah aplikasi notepad yang ringan dan mampu melibas ribuan line, banyak aplikasi notepad tersedia di Playstore namun catatandroid merekomendasikan sobat semua untuk mencoba ColorNote.
ColorNote yang menjadi Notepad favorit catatandroid kali ini karena sangat ringan, interface menarik, dan mampu menulis sampai 1000 karakter.

cara mudah blogging via android - catatandroid
Ngetik mudah dan mobile via colornote

Photo cloud (optional)

Photo cloud atau aplikasi penyedia penyimpanan digital/awan khusus foto ini berfungsi untuk media penyimpanan foto pendukung artikel blog yang kita buat, kenapa kok harus pake aplikasi yang berbeda? seperti sobat ketahui atau bisa langsung mencoba jika kita upload via aplikasi blogger maka foto yang kita upload otomatis akan berada di paling bawah artikel alias tidak bisa kita pindah-pindahkan ke bagian atas artikel atau tengah artikel misalnya.. nah dengan aplikasi photocloud ini kita tinggal tempatkan html link foto di tempat yang kita inginkan di artikel blog kita. Rekomendasi: Photobucket.

pilihan link share photo di photobucket - catatandroid
Pilihan link share di Photobucket

Blogger

Aplikasi blogger ini wajib ada karena kita akan ngeblog via penyedia aplikasi ini yaitu blogspot, jika sobat memiliki blog dari penyedia blog lain seperti wordpress, weebly, xtgem dll tersedia juga aplikasinya di Playstore tetapi catatandroid kali ini membahas untuk Blogger ya. ;)
Blogger ini aplikasi yang bisa di bilang sangat sederhana karena hanya memilliki fitur dasar blogger yaitu menulis, ,mengedit, mengupload, menyimpan, dan mempublish. Fitur editingnya pun sangat minim sekali yaitu hanya bold, italic, underline, serta link.

cara ngeblog mudah blogger android - catatandroid
Ngeblog mudah dengan android

Cara Mudah Memperbanyak Artikel Blog Langsung Via Ponsel Android

  • Pertama-tama kita manfaatkan notepad untuk menulis sendiri artikel yang akan kita buat atau bahkan jika kita ingin membuat artikel copasan gunakan browser untuk mencari ide atau riset yang kita butuhkan untuk bahan artikel yang kita buat, 
  • Jika sudah ketemu select text artikel yang akan di copas lalu copas di Aplikasi Notepad, sortir kembali jika ada kesalahan penulisan atau kata dan kalimat yang kurang tepat atau ingin di tambahkan pada Notepad.
  • Upload gambar atau foto pendukung artikel ke aplikasi Photo cloud dan ambil link htmlnya untuk kita copas dan tempatkan di artikel sesuai tempat yang kita inginkan.
  • Copas semua artikel yang sebelumnya kita persiapkan di Notepad ke aplikasi blogger, lalu masukan link yang di perlukan ke artikel misal link sumber, link download, maupun link lainnya dengan pilih icon link lalu copas linknya.
  • Jika dirasa artikel sudah lengkap artikel, foto, link, bagi sobat yang ingin mengeditnya kembali di pc simpan dulu ke draft dengan memilih icon discket, bagi teman yang merasa sudah cukup maka telah siap untuk di publish pilih icon send/pesawat kertas.


Nah mungkin sobat catatandroid masih ada yang bertanya kenapa kok menulis artikelnya via aplikasi Notepad tidak langsung via aplikasi blogger? Sayangnya aplikasi blogger tidak seringan kalau kita menulis via notepad, dan juga jika kita menulis artikel via aplikasi blogger tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar, di samping menyedot pulsa juga pada blogger ada bug yang mengganggu yaitu jika ada jeda yang cukup lama antara writing dan send terkadang terjadi freeze yang kadang sewaktu di simpan atau di publish artikel hilang atau tidak berubah, sudah mengetik panjang-panjang dan susah-susah meras otak tapi hasilnya hilang atau kepotong, coegg sekali bukan?

Oke mungkin demikian sedikit tips cara blogging dan memperbanyak artikel langsung dari android, semoga menjadi info yang bermanfaat bagi sobat yang mau memulai ngeblog atau berguna bagi sobat yang ingin kembali ngeblog, cara ini sudah catatandroid pakai ke blog sesehatan.blogspot.com, Terima kasih telah mampir dan membaca. Catatandroid

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon