Monday, July 18

Apa Saja Fitur-Fitur Pengembangan Baru Android N Nougat 7.0?

CatatanDroid - Fitur-Fitur Pengembangan Baru Pada Android N (Nougat). Sekitar bulan Juni kemarin google akhirnya secara resmi mengumumkan dan meluncurkan os android terbaru mereka yang akhirnya di beri nama Android Nougat 7.0.

Penasaran dengan apa saja pengembangan fitur terbaru dari android 7.0 Nougat ini?

CatatanDroid mendapatkan beberapa fitur terbaru Android N ini dari situs sotazone.com yuk di simak!

Photo: cnet.com


1. Direct Reply

Fitur Direct Reply atau Balas Langsung sesuai namanya memungkinkan pengguna ponsel Android N Nougat dari tampilan panel Notifikasi untuk dapat langsung mengetik untuk membalas pesan-pesan yang masuk, fitur ini tampil pada aplikasi perpesanan yang mendukung google API android N.

2. Smart Quick setting

Memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur urutan tombol-tombol quick setting yang tampil pada panel notifikasi, sebelumnya fitur seperti ini hanya ada pasa custom rom pihak ketiga (power widget atau lidroid) kali ini google menempatkan fitur ini secara resmi pada rilisan official android N Nougat.

3. Panel setting yang lebih informatif

Panel setting android N Nougat tidak jauh berbeda dengan versi android M Marshmallow,  penambahan yakni adanya informasi seputaran besarnya sisa memori penyimpanan dan memori pemakaian ram.

4. Dukungan Multi Window

Fitur Multi Window memungkinkan pengguna dapat mengakses dan menampilkan 2 aplikasi berbeda dalam 1 layar secara bersamaan, cara penggunaan Multi Window pada android N Nougat ini cukup mudah yakni hanya dengan menekan dan tahan aplikasi maka akan muncul popup lalu tarik keatas, lakukan hal serupa untuk aplikasi lainnya, sayangnya belum semua aplikasi mendukung Multi Window ini.

5.Recent Apps menu yang simple dan mudah

Pada Android N Nougat google akhirnya menempatkan tombol clear all (hapus semua) recent aplikasi yang berjalan dengan sekali sentuh. Sepertinya google agak telat menyematkan fitur ini karena sudah cukup lama vendor lain menyematkan fitur clear all recent pada perangkatnya.


Setelah kita sama-sama baca beberapa fitur pengembangan android Nougat di atas sepertinya Google sedikit telat dalam merilis dan mengenalkan fitur-fitur di atas karena beberapa pecinta dan komunitas-komunitas android telah lebih dahulu merasakan fitur-fitur tersebut pada custom rom keluaran pihak ketiga. Semoga kedepannya inovasi google semakin kreatif dan inovatif. CatatanDroid

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon