Thursday, August 22

5 Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Online di Aplikasi KAI Access

Mulai September, Pemesanan Tiket KA Hanya Bisa Lewat aplikasi KAI Access, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan pemesanan tiket Kereta Api.


Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

Berikut Cara Mudah Memesan Tiket Kereta melalui KAI Access


1. Instal aplikasi KAI Access

Untuk membeli atau memesan tiket sobat perlu menginstal Apps KAI Access versi terbaru terlebih dahulu yang sudah tersedia di Google Play maupun Play Store

2. Daftarkan akun di aplikasi KAI Access.


Pendaftaran akun dapat dilakukan dengan menggunakan email dan nomor telepon yang masih aktif, serta kita juga harus menyiapkan e-KTP sebagai bukti identitas yang diperlukan.

3. Pilih Menu Jenis Kereta

Setelah mendaftar dengan email atau nomor telepon, langkah berikutnya pilih pilihan kereta, terdapat menu 'local train' untuk melakukan pemesanan Kereta Api Lokal, dan 'intercity lokal' untuk Kereta Api antar kota atau provinsi.

4. Pilih Asal-Tujuan dan Tanggal Keberangkatan

Pastikan memilih tujuan dan asal keberangkatan serta tanggal dengan benar.


Setelah itu, kita tinggal memilih waktu keberangkatan kereta dan nama kereta yang tersedia di hari yang kita pilih beserta tarifnya.


Setelah memilih dan memesan selanjutnya melakukan transaksi pembelian tiket KA, akan muncul nama dan nomor identitas akun pada halaman e-tiket.

5. Pembayaran

Untuk metode pembayaran kereta api lokal dapat dilakukan melalui e-wallet (dompet elektronik) LinkAJA, jadi sobat harus menginstal aplikasi LinkAja dan melakukan transaksi pembayaran melalui LinkAja.

Sedangkan untuk metode pembayaran kereta api jarak jauh terdapat berbagai jenis pembayaran, mulai dari Link Aja, ATM/Mobile Banking/Internet Banking, Gerai Retail hingga Kartu Kredit.

Kita dapat bebas memilih satu jenis metode pembayaran dari beberapa pilihan tersebut yang kita kehendaki.

Boarding

Bagi penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui KAI Access, ketika tiba di stasiun kita cukup menunjukkan e-ticket atau bukti transaksi di menu 'Trips' tanpa perlu melakukan cetak tiket lagi.

Tunjukan bukti tersebut kepada petugas stasiun, petugas pun akan melakukan proses boarding dengan memindai atau men-scan e-ticket, serta validasi visual.

Petugas akan mencocokkan e-ticket dengan bukti kartu identitas asli calon penumpang.

Kesimpulan


Semoga bermanfaat, kebijakan 1 September 2019 tentang pembelian tiket kereta melalui aplikasi KAI Access merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA.


Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon