2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Konsumen 450 VA dan 900 VA 2020

2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Konsumen 450 VA dan 900 VA 2020

Presiden Republik Indonesia Bpk Joko Widodo telah menyampaikan keringanan biaya tarif listrik, yakni gratis biaya listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA), dan keringanan potongan harga 50% bagi pelanggan subsidi 900 VA.


Hal ini dharapkan dapat memudahkan dan meringankan beban masyarakat selama lock down berlangsung, seperti kita ketahui anjuran pemerintah untuk lebih baik dirumah saja demi mencegah penyebaran covid-19 telah berjalan sejak ±2 minggu kebelakang.

Pembebasan biaya bagi konsumen 450 VA ini meliputi pelanggan jenis reguler (pasca bayar), yakni pelanggan yang pakai listrik dulu baru kemudian bayar tagihan bulanan, dan juga konsumen jenis prabayar atau pengguna token vocher listrik.

Pemerintah bersama PLN siap menggratiskan 24 juta pelanggan 450 VA, dan pemberian diskon 50% konsumen 900 VA sebanyak 7 juta pelanggan. Masing-masing selama 3 bulan sejak bulan April, Mei, sampai Juni 2020.

Cara Mendapatkan Gratis Listrik untuk Konsumen 450 VA Regular (Pascabayar)


Menurut keterangan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana. Dalam siaran resmi kementerian ESDM; Bagi konsumen 450 VA regular yang pakai dulu baru bayar bulanan, akan dibebaskan atau digratiskan berapapun pemakaiannya, alias tidak perlu bayar lagi (selama 3 bulan).

2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Konsumen 450 VA (Prabayar)

Bagi konsumen 450 VA tipe token atau prabayar mekanisme gratisnya sedikit berbeda, terdapat 2 cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan token listrik gratis 3 bulan, besaran token gratis ini setara pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Cara Ambil token gratis via website PLN


  • Pertama-tama siapkan nomor meteran yang terdapat di kartu pelanggan, seperti biasanya hendak membeli token listrik
  • Buka website PLN yakni layanan.pln.co.id
  • Pada deretan menu di sisi kiri pilih Gratis/Diskon stimulus PSBB
  • Kemudian isi nomor meteran listrik kita, lanjut verifikasi dengan melewati captcha
  • Maka informasi lengkap dari rekening listrik kita akan muncul, berikut dengan nilai kompensasi KWH yang kita dapat beserta kode Vocer Token PLN yang dapat langsung kita gunakan


Cara Minta Token gratis via nomor Whatsapp


  • Simpan nomor whatsapp PLN khusus klaim token 08122-123-123 di ponsel sobat
  • Kemudian buka aplikasi Whatsapp dan mulai percakapan ke nomor tersebut
  • Kirim nomor ID Pelanggan Rekening Listrik sobat ke nomor di atas
  • Maka akan ada balasan berupa informasi pelanggan dan kode

Dengan melakukan 2 langkah diatas, yakni via website dan Whatsapp kita dapat mendapatkan kode token vocer gratis bagi pelanggan 450 VA prabayar.

Bagi konsumen 900 VA prabayar maupun pascabayar mekanismenya tidak berbeda dengan pelanggan 450 VA, silahkan ikuti langkah-langkah diatas hanya saja perbedaannya terletak di keringanan yang didapatkan yakni potongan harga sebesar 50% senilai pemakaian tertinggi bulanan selama 3 bulan terakhir.

Penutup


Menurut Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka. Saat ini proses input data 24 juta konsumen daya 450 VA beserta 7 juta pelanggan 900 VA ke dalam sistem PLN masih berlangsung.

Made mengungkapkan proses ini diperkirakan akan rampung dalam sepekan ke depan. Jika proses pendataan telah selesasi, maka seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan keringanan dapat terlayani semua.

"Proses pembagian Token Gratis dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang dimulai pada tanggal 1 april kemarin dan paling lambat sampai tanggal 11 april, seluruh konsumen yang berhak sudah dapat menikmati program tersebut," ujar Made.

Bagaimana sobat, segera lakukan klaim token gratis bagi kalian pengguna 450 VA dan 900 VA baik melalui Website PLN maupun melalui nomor Whatsapp, semoga cara dan informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat pembaca CatatanDroid semua. Terimakasih! CatatanDroid

Related Posts