Cara Fix Kamera Error Tidak Bisa Update Status Whatsapp

Cara Fix Kamera Error Tidak Bisa Update Status Whatsapp

Beberapa waktu yang lalu catatandroid mengalami masalah kamera pada hp Redmi Note 8 yang tidak berfungsi, pada layar muncul tulisan Camera Keeps Stoping tiap kali ingin membuka kamera dan update status whatsapp.

Cara Fix Camera Android Error Tidak Bisa di Buka Saat ingin Update Status Whatsapp

Cara memperbaiki kamera yang error tidak berfungsi sehingga tidak bisa dibuka ini pun cukup mudah, cukup dengan menghapus data cache pada aplikasi kamera lalu reboot hp android sobat maka kamera dapat berfungsi kembali, simak langkah-langkahnya di bawah.

Kenapa Kamera Tidak Berfungsi?



Setelah mengingat-ingat kembali total catatandroid telah mengalami hal ini 2 kali, kasusnya pun sama ketika ingin menggunakan fitur update foto status di apps whatsapp plus, ya sebagai pengguna aktif apps whatsapp catatandroid sering mengupdate status-status wa untuk berbagi ke teman.

Catatandroid saat ini masih menggunakan apps whatsapp plus terbaru versi 8.40, balik ke persoalan error buka kamera ketika ingin update status wa, tulisan yang muncul pun sama, dan ternyata berpengaruh di aplikasi kamera bawaan ponsel android yang ketika ingin dibuka muncul juga tulisan error.

Kemungkinan besar ini merupakan pengaruh bug dari aplikasi wa plus, eits namun masih sebatas asumsi catatandroid sendiri karena hal ini muncul pada 2 kasus yang sama, sewaktu ingin update status wa.

Cara Fix Camera Android Error Tidak Bisa di Buka Saat ingin Update Status Whatsapp




  1. Pertama-tama tidak perlu khawatir dengan aplikasi wa kita
  2. Buka Pengaturan (Settings) > Apps > Cari dan Buka Camera
  3. Maka App Info dari aplikasi Camera akan terbuka
  4. Pilih tombol Force Stop dahulu untuk menghentikan prosesnya
  5. Pilih Storage > Clear Cache & Clear Storage
  6. Selesai!


Cara cepat menuju pengaturan Aplikasi di ponsel Xiaomi:



  1. Ketika di home cari aplikasi camera
  2. Tap dan tahan sampai muncul tulisan App Info
  3. Lanjut tap tulisan App Info tsb maka sobat akan langsung menuju halaman app info dari aplikasi tsb


Jika pilihan Pengaturan Apps di hp android berbeda silahkan coba cari penempatannya sesuai merk atau vendor hp yang sobat miliki, karena biasanya berbeda merk beda penempatannya.


Penutup


Selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi Kamera di ponsel sobat, Coba juga cek pada fitur update foto di status whatsapp, apakah fungsi kamera telah berfungsi normal kembali? Jika sudah bisa dipakai kembali maka selamat menggunakannya kembali.

Namun jika belum berhasil coba lakukan langkah yang sama lalu lakukan reboot hp Android sobat. Hal ini untuk memastikan system dalam hp android sobat kembali fresh untuk memulai segala aktifitas kembali, FYI: lakukan reboot secara berkala untuk tetap menjaga kesehatan ponsel smartphone android sobat.

Semoga tips & cara fix apps kamera di hp android yang error tidak bisa dibuka saat hendak foto dan update foto di status whatsapp ini dapat bermafaat bagi sobat yang juga mengalaminya, beri tanggapan dan komentar kalian di bawah ya. Terimakasih dan selamat mencoba! CatatanDroid

Related Posts