Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Iklan di Widget Komentar Disqus

Tips blog singkat bagaimana caranya agar iklan di widget komentar disqus tidak muncul? cara menghilangkan iklan di komentar disqus. Yuk disimak!

Cara Menghilangkan iklan di widget komentar Disqus, Disqus telah menjadi salah satu widget komentar alternatif bawaan blogger. Hadir dengan tampilan yang lebih rapih dan membawa beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh komentar blogger menjadikan Disqus menjadi primadona bagi para penggemarnya.

cara hide iklan disqus

Satu hal yang agak mengganggu dari widget Disqus ini adalah adanya iklan yang muncul diatas atau dibawah tampilan widget, bagi sobat yang merasa terganggu juga dengan tampilan iklan disqus ini bisa mencoba cara dibawah ini untuk menghilangkan atau menyembunyikannya.

CatatanDroid mendapatkan referensi artikel ini dari blog kompiajaib.

Apa itu Disqus?

Disqus (dibaca dalam bahasa Inggris: discuss) merupakan penyedia layanan sistem komentar atau diskusi berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs telah menggunakannya, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blogger Blogspot, Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti CNN.com hingga Mashable.com.

Selain itu dalam pengaturan manual juga dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis CMS lain seperti Joomla, Drupal, Squares pace, DokuWiki, Storytlr, Yola/SythaSite, Sweetcron, Sandvox dan Chimp. (Wikipedia)

Fitur Disqus

Disqus memiliki banyak sekali fitur lengkap dan bermanfaat yang sangat jarang ada di layanan komentar lainnya, diantaranya adalah sbb:

  • Login dengan akun popular
  • Bisa saling follow antar pengguna disqus
  • Artikel favorit atau bookmark artikel pilihan yang disuka
  • Respon reaksi atau tanggapan (Like, tertawa, love, marah, dsb)
  • Bisa kirim foto, link, spoiler, kode, dsb
  • Pre moderasi sebelum komentar terbit
  • Banned berdasarkan ip pengguna
  • Dan banyak lagi yang lainnya..

Update kode hide iklan Disqus

Jauh sebelum artikel ini ditulis sebenarnya telah ada kode yang menjadi andalan para blogger gretongan pengguna disqus yang memakai kode tsb (termasuk catatandroid). berikut kodenya:

#disqus_thread>iframe[src*="ads-iframe"]{display:none!important}

Namun pada sekitar pertengahan tahun 2021 pihak disqus sepertinya menyadari akan hal ini dan kemudian memperbaikinya, sehingga tak ayal seluruh blogger yang awalnya adem ayem tanpa iklan tiba-tiba muncul kembali iklan-iklan tersebut.

Masih dari blogger panutan kompiajaib mas Adhy kemudian menemukan solusi terbaru dan tentunya berhasil dalam menghilangkan iklannya kembali, penasaran kan? yuk dicoba!

Cara menghilangkan iklan Disqus terbaru

Sebelum melakukan tutorial dibawah ini pastikan sobat telah terlebih dahulu berhasil menempatkan widget komentar ke dalam blog sobat, metode yang digunakan berikut ini terbilang sangat mudah karena hanya menambahkan 1 baris kode CSS saja.

  1. Buka blogger dan login dengan akun kalian
  2. Buka menu Theme dan pilih Edit HTML
  3. Cari /b:skin kemudian paste kode berikut ini diatasnya
    #disqus_thread>iframe[sandbox]{display:none!important}
  4. Save template dan lihat hasilnya

Penutup dan Kesimpulan

Bagaimana sobat langsung berhasil bukan? cukup dengan menambahkan 1 baris kode diatas kita telah berhasil menyembunyikan iklan dari widget komentar disqus kita.

Harap lakukan tutorial diatas dengan bijak, jika sobat merasa keberatan dengan melakukan tutorial diatas silahkan lakukan metode pembayaran atau upgrade membership di disqus seharga minimal $11 per bulan untuk dapat menghilangkan iklannya secara resmi.

Akhir kata demikianlah tips blog singkat bagaimana agar iklan di komentar disqus tidak muncul, semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mencarinya. Terima kasih dan selamat mencoba! CatatanDroid

YZG
YZG For personal or business inquiry
✉️ admin@catatandroid.com
CatatanDroid
CatatanDroid
subcriber • vidio
SUBSCRIBE

Artikel Lainnya