Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Perbedaan VPS dan Hosting

Dalam dunia website, pasti kita tidak asing dengan istilah VPS dan hosting. Namun, sudahkah kita mengetahui perbedaan keduanya? Jika belum, berikut ini akan coba CatatanDroid bahas mengenai perbedaan VPS dan hosting yang perlu kita ketahui.

perbedaan vps dan hosting

Apa itu VPS?

Tentu kita kerap kali mendengar istilah VPS bukan? Sebelum membahas apa beda VPS dan hosting, sebaiknya kita kenali dulu apa itu VPS? VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, yaitu server virtual untuk membagi hardware server fisik ke dalam virtual mesin pada server.

VPS berkaitan erat dengan virtualization technology, yaitu satu physical server yang diubah menjadi beberapa virtual system atau virtual machines untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi yang berbeda.

Seperti kita ketahui saat ini terdapat banyak penyedia layanan VPS, jika masih bingung dalam memilih silahkan buka rekomendasi VPS murah dari Domainesia yang terpercaya dan terbukti aman.

Fungsi dan Kegunaan VPS

Lalu, apa fungsi dan kegunaan VPS? Berikut ini pembahasan yang perlu kita ketahui, di antaranya adalah:

1. Penyedia Server Virtual

VPS meniru server fisik untuk dijadikan server virtual dengan beberapa user yang dapat terbagi. VPS ini bersifat private, yaitu hanya Anda yang mengendalikannya.

2. Website Trafik Tinggi

VPS menjadi pilihan saat kita memiliki sebuah website dengan trafik yang tinggi. Apabila sebelumnya kita menggunakan shared hosting yang sudah tidak mampu menampung trafik, maka sudah seharusnya berpindah ke VPS agar website tetap terjaga performanya.

3. Web Hosting Skala Besar

Apakah sobat memiliki website dengan hosting yang berskala besar? maka sobat bisa menggunakan VPS sebagai layanannya. Dengan menggunakan VPS, kita dapat mengakomodir web hosting klien sesuai kebutuhan sehingga akan lebih leluasa mengontrol berbagai website.

4. File Hosting

Dengan menggunakan layanan VPS, kita bisa mengamankan berbagai data yang kita miliki. Sebab, VPS mampu menyimpan data atau file yang berukuran besar sehingga bisa kita akses secara pribadi maupun diakses pengunjung website Anda.

5. Remote Desktop

Layanan VPS juga memberikan kita akses untuk mengontrol penuh server atau komputer secara remote tanpa dibatasi oleh lokasi sehingga kita dapat mengontrolnya di mana pun berada.

Apa itu Hosting?

Satu lagi istilah yang kerap kali dengar tentunya hosting. Hosting adalah layanan daring untuk mengelola aplikasi web atau data situs pengguna dan ditampilkan melalui internet.

Atau bisa dikatakan, hosting adalah pusat atau tempat untuk menampung file dan data yang dibutuhkan dalam membuat website sehingga bisa diakses melalui internet.

Hosting memiliki beberapa file dan data yang tersimpan di dalamnya, di antaranya gambar, video, script, email, database (basis data), dan aplikasi. Untuk memilih hosting yang tepat sobat bisa membuka rekomendasi hosting murah dari Domainesia yang tepercaya dan aman digunakan.

Fungsi dan Kegunaan Hosting

Lalu, apa fungsi dan kegunaan hosting? Berikut ini pembahasan yang perlu kita ketahui, di antaranya:

1. Buat Halaman Website

Untuk menciptakan situs atau website yang menyimpan berbagai informasi dan dokumen mengenai pengguna, tentunya kita membutuhkan hosting. 

Dengan menggunakan hosting, situs akan dapat ditampilkan di search engine sehingga akan membuat lebih banyak pengunjung untuk mengakses situs Anda.

2. Kembangkan Website Jual Beli Online

Anda memiliki website jual beli online sederhana? Gunakanlah hosting. Dengan menggunakan hosting, website Anda akan ditampilkan di search engine dan akan membuat pelanggan percaya dan merasa bahwa bisnis Anda kredibel.

3. Buat Email Profesional

Hosting bisa digunakan untuk membuat email profesional. Biasanya, email ini digunakan untuk perusahaan maupun pribadi. Namun, sebelum menggunakan hosting, sebaiknya pastikan dahulu kita telah memiliki domain.

Dengan memanfaatkan hosting untuk memperoleh email eksklusif dengan domain Anda, maka email akan terlihat kredibel di mata orang lain atau rekan bisnis sehingga mereka tak perlu ragu untuk melakukan kerja sama dengan kita.

4. Mampu Lindungi Website dengan SSL

Tahukah Anda bahwa website kerap kali terkena serangan virus, malware, maupun terkena spam atau serangan DDOS? Dengan memasang SSL (Secure Socket Layer) di hosting, Kita bisa melindungi website sehingga lebih aman dan optimal.

Penutup

Itulah mengenai perbedaan VPS dan hosting yang bisa kita ketahui. Dengan pembahasan perbedaan VPS dan hosting di atas, Semoga sobat tidak bingung lagi dalam membedakan VPS dan hosting.

Share