0
Home  ›  Asuransi

Apa Itu Asuransi Syariah? Ini Keunggulan dan Perkembangannya

"Asuransi syariah diartikan sebagai usaha untuk saling tolong menolong dan saling melindungi diantara sejumlah orang. Simak ulasan lengkapnya."

Hingga saat ini, popularitas asuransi syariah memang semakin meningkat setiap saatnya. Pasalnya, banyak masyarakat yang mulai paham mengenai cara kerja serta manfaat yang bisa diberikan oleh asuransi ini. Berikut adalah informasi yang bisa Anda simak mengenai pengertian dan keunggulan asuransi syariah. 

Apa itu Asuransi Syariah?

Apa itu Asuransi Syariah? Ini Keunggulan dan Perkembangannya

Mengutip dari Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah diartikan sebagai usaha untuk saling tolong menolong dan saling melindungi diantara sejumlah orang, dalam hal ini adalah para peserta asuransi, melalui investasi berbentuk dana tabarru’ yang memberikan pola pengembalian guna menghadapi suatu risiko tertentu setelah terjadinya akad yang tidak melanggar prinsip syariah.

Lebih jauh, terdapat beberapa perbedaan antara asuransi syariah dan konvensional seperti:

  1. Asuransi syariah cenderung mengedepankan prinsip sharing of risk atau risiko yang bakal ditanggung bersama oleh seluruh peserta asuransi. Sementara asuransi konvensional memanfaatkan prinsip dasar transfer of risk, yang mana risiko akan berpindah tangan dari nasabah ke perusahaan asuransi yang digunakan.
  2. Asuransi syariah juga menggunakan sistem perjanjian yang berprinsip pada asas tolong menolong antar peserta. Sedangkan untuk asuransi konvensional, sistem perjanjian yang digunakan adalah prinsip jual-beli.
  3. Asuransi syariah adalah jenis pertanggungan yang masuk dalam pengawasan OJK dan Dewan Syariah Nasional yang dinaungi oleh MUI. Sementara untuk asuransi konvensional hanya diawasi oleh OJK saja.

5 Keunggulan Asuransi Syariah

Inilah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi syariah:

1. Pengelolaan Dana

Secara garis besar, tiap-tiap produk asuransi syariah seperti contohnya Prudential syariah, memiliki pengelolaan dana yang bersifat transparan dengan melibatkan berbagai objek halal. Selain itu, produk ini juga akan dikelola seoptimal mungkin untuk mendatangkan keuntungan bagi para peserta asuransi. Inilah kenapa asuransi syariah disebut memegang peran sebagai pengelola dana saja tanpa adanya hak untuk memiliki.

2. Risiko Minimal

Pada asuransi konvensional, semua premi yang masuk menjadi hak milik perusahaan sehingga perusahaan tersebut memiliki kewenangan penuh atas proses pengelolaan maupun pengalokasian dananya. Namun pada asuransi syariah, dana premi yang masuk akan menjadi milik semua peserta asuransi. Oleh karena itu, tingkat risiko yang akan dihadapi peserta menjadi minimal.

3. Pembagian Keuntungan

Seluruh keuntungan yang berhasil diraup oleh perusahaan asuransi sebagai pengelola dana akan dibagikan kepada semua peserta yang terdaftar dalam polis.

4. Tidak Ada Sistem Dana Hangus

Dana hangus jadi kondisi dimana tidak adanya klaim asuransi pada periode asuransi yang sudah disepakati. Kondisi ini umum ditemui pada produk-produk asuransi konvensional. Namun pada asuransi syariah, seluruh premi yang masuk sebagai dana tabarru’ tidak akan hangus walaupun pesertanya tidak melakukan klaim sama sekali selama masa pertanggungan berlangsung.

Justru dana tersebut akan dibagikan sesuai dengan besaran kepemilikan dan premi yang dibayarkan setiap bulannya. Sehingga, bergabung menjadi peserta asuransi syariah bisa dibilang jadi tabungan atau investasi yang cukup menguntungkan.

5. Surplus Underwriting

Istilah ini digunakan untuk merujuk selisih lebih dari total kontribusi peserta dalam dana tabarru’ setelah ditambah dengan recovery klaim yang diperoleh dari reasuransi dikurangi dengan pembayaran klaim kontribusi reasuransi berikut penyisihan teknis pada suatu periode. Pada asuransi syariah, dana ini akan dibagikan ke dana tabarru’, pemegang polis yang memenuhi kriteria, sekaligus perusahaan asuransi sebagaimana persentase yang disepakati pada polis asuransi.

Itulah beberapa keunggulan asuransi syariah yang patut Anda pahami dengan baik. Jika saat ini Anda tertarik untuk membeli salah satu produk asuransi syariah, Prudential punya banyak produk menarik yang bisa Anda coba. Mulai dari asuransi kesehatan syariah sampai pendidikan syariah, semuanya tersedia dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga budget.

YZG
Blogger Template enthusiast.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS