0
Home  ›  Advertorial  ›  Otomotif

Kenali 5 Bahan Jok Mobil yang Biasa Digunakan

"Beberapa jenis bahan jok yang biasa digunakan untuk mobil. Mulai dari yang berbahan lembut, hingga yang keras. Penasaran apa saja 5 diantaranya?"

Saat cari mobil baru di pameran, biasanya Anda akan diajak untuk mengenali semua bagian mobil, terutama interiornya. Saat menduduki jok kursinya, pasti Anda merasakan apakah cukup nyaman ketika mengemudi, duduk santai, hingga tiduran (posisi recline). 

Kenali 5 Bahan Jok Mobil yang Biasa Digunakan

Salah satu penyumbang kenyamanan kursi mobil adalah dari bahan joknya. Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis bahan jok yang biasa digunakan untuk mobil. Mulai dari yang berbahan lembut, hingga yang keras. Penasaran apa saja? Simak di bawah berikut.

Bahan kulit asli

Bahan kulit asli disinyalir paling mahal tampilannya yang mewah dan berkelas. Biasanya jok dengan bahan kulit asli digunakan pada mobil-mobil mewah agar terlihat elegan. Walaupun terkenal dengan kekuatannya, namun rupanya perawatannya cukup ekstra dan rumit. Ketika ada kotoran di jok, Anda perlu menggosokkan busa sabun hingga kotorannya hilang. Untuk membersihkannya cukup dua minggu atau sebulan sekali saat kondisi kotor saja. Karena jika terlalu sering dibersihkan, warna kulit asli akan rusak.

Bahan kulit imitasi

Kulit imitasi atau kulit sintetis memiliki tekstur yang mirip sekali dengan kulit asli. Kulit imitasi lebih banyak dipilih karena kualitasnya menyerupai kulit asli, namun perawatannya lebih mudah. Harganya? Tentu saja lebih murah. Jok dengan kulit imitasi ini juga tidak mudah kotor dan tidak menyerap air sehingga tidak mudah rusak.

Bahan vinyl

Bisa dibilang jok dengan bahan vinyl adalah bahan yang paling mudah dibersihkan. Karena hanya menggunakan kain basah atau vakum saja, kotoran akan hilang. Namun bahan ini sebetulnya cukup panas jika berada di bawah terik matahari. Jok berbahan vinyl yang berwarna gelap akan menyerap panas, sehingga jika Anda duduk di jok akan terasa kepanasan.

Bahan nylon

Bahan nylon juga sering digunakan untuk bahan jok mobil karena cukup kuat dan tahan lama. Namun karena bentuknya yang berpori besar, kotoran sering terjebak di dalamnya. Maka diusahakan jangan kotor dan jangan ada makanan atau minuman yang tumpah ke atas jok. Cara membersihkannya bisa menggunakan vakum jika kotorannya kering. Untuk kotoran basa seperti kopi, Anda bisa menggunakan campuran deterjen berbahan halus dengan sedikit air panas. Lalu celupkan sikat atau kain dan gosokkan ke noda. Setelah selesai, celup sikat atau kain ke air panas bersih untuk menghilangkan residu deterjen.

Bahan polyester

Jok mobil berbahan polyester adalah bahan yang cukup terjangkau dengan kualitas yang tak kalah. Sama seperti kulit imitasi, jok berbahan polyester ini memiliki kenyamanan yang hampir mirip dengan jok kulit asli. Hanya saja harganya jauh lebih murah. Jika jok terkena noda, cukup dibersihkan dengan air bersabun karena bahan ini cepat keringnya.

Mau beli mobil yang terpercaya, mudah dan untung? Tentu saja SEVA jawabannya. SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan Anda untuk di masa depan. Selain itu, SEVA juga memiliki Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Tak hanya kemudahan pembelian saja, SEVA juga menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya.

Mau beli mobil di SEVA? Segera kunjungi websitenya sekarang!

YZG
Blogger Template enthusiast.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS