Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

LAMPU ABS TIBA-TIBA MENYALA? KENALI PENYEBABNYA

Anti lock brake system atau ABS merupakan fitur teknologi pengereman yang terdapat pada mobil terkini. Teknologi ABS berfungsi menjaga kestabilan mobil ketika mengalami pengereman mendadak. Sehingga pengemudi dan penumpang bisa tetap merasa aman saat berada di dalam mobil. Mobil yang tidak dilengkapi ABS ketika berada dalam posisi rem mendadak, keempat roda akan terkunci sehingga mobil jadi sulit dikendalikan.

penyebab lampu abs menyala tiba-tiba

Dengan sistem ABS yang menghindari penguncian keempat roda saat rem mendadak, mobil jadi lebih mudah dikendalikan dan bisa menghindari ban panas. Kinerja keseluruhan komponen rem juga masih bisa optimal karena jarak pengereman menjadi lebih pendek dan daya cengkram ban masih bisa didapat.

Mobil berteknologi ABS akan memiliki lampu indikator yang terdapat pada panel dashboard. Jika muncul masalah pada ABS, indikator ini akan menyala. Lalu apa yang harus Anda lakukan jika tiba-tiba menemukan lampu ABS menyala padahal mobil masih bekerja dengan normal. Jangan panik, kenali penyebabnya dengan menyimak ulasan di bawah ini!

Penyebab lampu indikator ABS menyala

Saat fitur ABS sedang digunakan, biasanya lampu indikator di panel akan menyala. Namun jika Anda tidak sedang menggunakannya tapi lampu indikator menyala terus menerus, bisa jadi ada penyebab lain yang harus segera diatasi. 

Kampas Rem Menipis

Lampu indikator ABS menangkap sinyal yang dari sensor yang berada pada bagian roda depan. Ketika lampu ini menyala terus menerus, Anda bisa langsung melakukan pengecekan sensor ABS dan melihat apakah ada kabel yang mengalami kerusakan atau tidak. Kinerja sensor ABS bisa mendeteksi jika terjadi gangguan pada komponen rem seperti kaliper rem yang bermasalah, kampas rem semakin menipis atau cakram rem yang berkendala. Inilah yang menyebabkan minyak rem akan turun secara otomatis dan sensor ABS mengirimkan sinyal agar indikator untuk menyala. 

Throttle Body Kotor

Penyebab lainnya yang memicu indikator ABS menyala adalah throttle body yang kotor. Namun jangan khawatir, Anda bisa dengan mudah membersihkan bagian ini dengan membuka selang saluran udara yang menuju bagian mesin. Bersihkan bagian tersebut dengan memakai semprotan pembersih yang kini sudah banyak dijual pada toko aksesori mobil. Dampak pertama setelah kamu menggunakan semprotan ini adalah mesin mobil akan seperti batuk-batuk. Namun, kejadian ini tidak akan berlangsung lama. Apabila mesin sudah normal kembali, maka aliran udara yang terjadi di dalam komponen throttle body menjadi bersih kembali.

Jika Anda sudah mengecek kedua bagian tersebut tapi indikator ABS masih saja menyala, segera periksa ke bengkel Suzuki terdekat agar bisa tahu permasalahan yang sebenarnya terjadi pada mobil Anda. 

Support untuk CatatanDroid

Donate via Paypal Rating Bintang 5
Dana/Gopay/Ovo/linkAja - 081510112701
Apakah artikel ini membantu?