Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Apa itu CPM, dan Cara Optimasi dalam Bisnis Online?

Apa itu CPM dan pengaruhnya pada beriklan di dunia digital? CPM merupakan singkatan cost per mille, ukuran besaran biaya pengiklan untuk tiap 1.000 tayangan iklan tersebut. Ini adalah hitungan yang Anda gunakan untuk memaksimalkan internet dalam beriklan.

Apa itu CPM dan Cara Optimasi dalam Bisnis Online

Jasa Optimasi Website dengan www.Optimasi.ai

Anda yang memiliki bisnis online atau bisnis yang ditunjang dengan website dan akun sosial media. Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposure dan juga menarik perhatian pengunjung baik online maupun online. 

www.Optimasi.ai adalah jasa layanan digital yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan CPM. Jasa ini menyediakan perencanaan CPM untuk durasi yang diinginkan konsumen. Tugasnya termasuk menganalisa situs, membuat peringkat situs di mesin penelusuran Google dan berbagai pengukuran lainnya. Anda akan dibantu oleh tenaga profesional untuk membantu menemukan tempat beriklan paling tepat sesuai dengan keinginan.  

Cara Kerja CPM (Cost Per Mille) dan Mengoptimasi Website

CPM diaplikasikan pada media iklan online. Beriklan dengan cara ini via online dapat diterapkan secara luas. Bisa melalui media sosial, mesin pencarian, situs website sampai  aplikasi digital. Setelah mendapatkan bentuk iklan yang tepat, perhitungan bisa memakai CPM agar kalkulasi biaya iklan lebih pasti. Berikut adalah penerapannya. 

1. Persiapan Tawaran Kampanye Iklan

Peminat iklan bisa mendatangi penyedia jasa iklan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Optionasi dengan cara CPM umumnya lebih terjangkau kalau dibandingkan pembayaran dengan cara CPA (cost per action) atau CPC ( cost per click). Biaya akan dijelaskan sesuai dengan berbagai faktor yang diinginkan pengiklan. 

Bisa dari platform yang dipakai, berapa lama iklan dipasang, cakupan audiens dari iklan dan lain sebagainya. Kampanye CPM akan semakin berdampak bila memakai situs web yang populer dengan audiens yang spesifik. Hal ini juga bisa berarti biaya yang lebih besar. 

2. Konten kampanye CPM 

Iklan yang dijalani perlu memiliki konten yang jelas. Dengan demikian pemilihan platform, bentuk iklan dan lain sebagainya akan mengikuti pesan yang ingin disampaikan.

  • meningkatkan kesadaran: Anda membuat iklan kepada audiens yang luas. Harapannya adalah membuat merek Anda dikenal oleh lebih banyak orang. Iklan seperti ini lebih umum dan biayanya bisa lebih terjangkau.
  • Buzz Sosial: diharapkan kampanye CPM cukup berkualitas dan menarik sehingga audiens akan berbagi konten iklan Anda di media sosial. Kampanye seperti ini akan jauh lebih mahal.
  • Meningkatkan Penjualan : kalau Anda berharap untuk beriklan secara online maka tolak ukur keberhasilan bisa dilihat dari hasil pemasaran. Tapi tidak jelas apakah orang beli barang atau pakai jasa krn penayangan iklan semata.

3. Cara Menghitung CPM

Pengiklan memerlukan gambaran mengenai iklan yang dipasang dan juga apa itu CPM dan berapa yang akan dibebankan padanya. Berikut adalah cara tepat untuk menghitungnya. 

  • Menentukan Anggaran Iklan
    Anda bisa memakai jasa pengiklan dan menjelaskan mengenai budget yang dimiliki. Jadi anggaran yang dibuat untuk kampanye iklan online Anda bisa dibuat menyesuaikan. Hasilnya memuaskan dan sesuai dengan dana yang tersedia. 
  • Penentuan Jumlah Tayangan yang Diinginkan
    Klien dan jasa iklan bisa mendiskusikan jumlah tayangan yang ingin diperoleh dari iklan terkait. Anda dapat berusaha untuk memperoleh 250.000 tayangan dari kampanye iklan yang dijalani. Jadi, hitungan biaya dan hasil bisa seimbang. 
  • Hitungan BPS (Badan Pusat Statistik)
    CPM berdasarkan BPS adalah biaya kampanye yang dibagi dengan jumlah target impresi. Kemudian, jumlah totalnya dikalikan dengan 1.000. Hitungan pengandaian bisa dilakukan sebagai berikut. Anggaran iklan 10.000.000 dibagi jumlah target impresi 500.000, yaitu 20. Hitungan CPM adalah 20 dikalikan 1.000 jadi 20.000. Dengan demikian, target CPM dari kampanye iklan yang dilakukan adalah sekitar nominal tersebut.
  • Optimasi CPM
    Optimasi CPM kian populer dan banyak dipakai oleh jasa periklanan online untuk memakainya. Agar dapat dijalani dengan maksimal ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan untuk  memastikan kesuksesannya.
  • Audiens yang tepat : tentukan pasar yang pas untuk bisnis Anda. 
  • Memonitor frekuensi tayang iklan: Pastikan iklan menjangkau orang yang sama.
  • Bukti sosial: memberikan bukti pada audiens kalau jasa atau produk yang Anda tawarkan berkualitas dengan testimoni dan review positif. 

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu CPM dan penggunaannya bagi berbagai usaha dengan konten digital. www.optimasi.ai yang menyediakan pengiklanan dengan metode CPM dan membuat situs Anda dengan peringkat yang tinggi dan mudah ditemukan oleh target pasar yang diinginkan. 

sumber
https://meson-digital.com/blog/cpm-adalah/
https://toffeedev.com/blog/mengenal-cpm-pengukuran-dalam-iklan-per-seribu-penonton/
https://marketz.id/apa-itu-cpm/

donasi catatandroid

Support untuk CatatanDroid

Donate via Paypal Donasi via Trakteer
Dana/Gopay/Ovo/linkAja - 081510112701
Apakah artikel ini membantu?