0
Home  ›  Advertorial  ›  Travel

Apa itu Ecotourism? Yuk Pelajari Makna yang Sebenarnya

"Apa itu Ecotourism? ekowisata merupakan bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area, memberikan manfaat ekonomi, budaya masyarakat"

Apa itu ecotourism? Pasti banyak yang bertanya-tanya mengenai istilah yang satu ini. Ecotourism atau dalam bahasa Indonesia disebut ekowisata adalah bentuk produk pariwisata yang merupakan turunan dari konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan. Fokus utama dari ekowisata untuk memperkenalkan potensi kepariwisataan kepada masyarakat.

Penasaran Apa Itu Ecotourism? 

Sebenarnya, di kalangan masyarakat Indonesia istilah ekowisata lebih banyak digunakan daripada kata yang seharusnya. Yang mana kata ecotourism seharusnya diterjemahkan sebagai ekoturisme. Namun, pengertian ekowisata sendiri terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

apa itu ecotourism


Pada hakikatnya ekowisata merupakan bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area, memberikan manfaat ekonomi, serta mempertahankan keutuhan budaya masyarakat. Dengan memperhatikan pengertian tersebut, maka bentuk ekowisata pada dasarnya adalah gerakan konservasi.

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya soal apa itu ecotourism, bisa mempelajari selengkapnya dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2009. Adapun manfaat dari ecotourism dibagi menjadi tiga garis besar, yaitu:

  • Memberikan pendidikan lingkungan terhadap masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Lebih dari itu, mereka juga harus dapat menghormati dan menjaga keberadaan alam serta lingkungan sekitarnya.
  • Bentuk kegiatan konservasi alam yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam bentuk materi. Partisipasi tersebut akan digunakan untuk menjaga kelestarian hayati dan mengembangkan keberagaman hayati yang ada di kawasan ekowisata.
  • Membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar dengan cara mengembangkan potensi dan keragaman hayati.


Destinasi Ecotourism Paling Terkenal di Indonesia

Ada beberapa destinasi ekowisata terkenal di Indonesia yang wajib dikunjungi, antara lain:

1. Ekowisata Tangkahan, Sumatera Utara

Ekowisata Tangkahan berada di daerah Binjai, Sumatera Utara. Dulunya, masyarakat sekitar sana merupakan penebang liar yang menjual hasil tebangan agar mendapatkan uang. Untungnya, mereka bersedia diedukasi untuk mencari penghasilan melalui ekowisata ini. Di sana, wisatawan bisa berinteraksi dengan gajah dan mencoba kegiatan lainnya. 

2. Desa Wisata Tembi, DIY

Yang kedua ada Desa Wisata Tembi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana Anda bisa merasakan menjadi warga lokal dengan belajar membatik, membuat tembikar, melukis, dan produksi tempe kedelai.

3. Kawah Ijen, Jawa Timur

Ijen terkenal dengan fenomena blue fire yang disebabkan oleh tingginya kandungan sulfur dalam tanahnya. Blue fire ini hanya bisa dilihat pada jam 2 sampai 5 pagi, namun sebelumnya harus trekking dulu selama 2 jam. 

4. Taman Nasional Komodo, NTT

Selanjutnya ada Taman Nasional Komodo yang di dalamnya berisi kadal purba dalam jumlah cukup banyak. Konon katanya, kadal purba atau komodo tersebut sudah ada sejak 30 tahun lalu dan masih satu keluarga dengan dinosaurus.


Sekian informasi mengenai apa itu ecotourism dan beberapa tempat wisatanya yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin berwisata sekaligus menggali ilmu baru, sangat wajib untuk datang ke salah satu kawasan ekowisata di atas.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mencarinya di situs indonesia.travel yang dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di sana Anda juga bisa mencari detail dari berbagai destinasi wisata di Indonesia. Mulai dari toko Danau Toba, wisata terpopuler di pulau Jawa, dan lain sebagainya. Yuk, segera kunjungi indonesia.travel dan tentukan destinasi wisata Anda untuk liburan nanti!


YZG
Blogger Template enthusiast.
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS