0
Home  ›  Operator

Kuota Nasional Telkomsel: Pengertian dan Cara Menggunakannya

"Apa itu kuota nasional Telkomsel dan bagaimana cara cek kuota serta kegunaannya? Berikut CatatanDroid berikan penjelasan lengkapnya, yuk disimak!"

Sebagai salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel menawarkan berbagai jenis paket internet yang dapat dipilih oleh para pengguna. Salah satunya adalah kuota nasional Telkomsel. Apa itu kuota nasional Telkomsel dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah penjelasannya.

Kuota Nasional Telkomsel


Pengertian Kuota Internet Nasional dan Lokal

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kuota nasional Telkomsel, terlebih dahulu kita perlu memahami pengertian kuota internet nasional dan lokal.

Kuota internet nasional adalah kuota utama dari Telkomsel yang dapat digunakan tanpa batasan lokasi. Artinya, pengguna dapat menggunakan kuota nasional ini di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki jaringan Telkomsel.

Sementara itu, kuota internet lokal hanya dapat digunakan oleh pengguna pada lokasi tertentu yang telah ditentukan pada saat aktivasi paket data. Misalnya, jika Anda membeli paket kuota lokal di daerah Jawa Timur, maka Anda hanya dapat mengakses internet di daerah tersebut saja.


Jenis Paket Internet Telkomsel

Paket internet Telkomsel sendiri memiliki banyak jenis tergantung pada lokasi penggunaannya. Dalam hal ini, terdapat dua jenis paket internet Telkomsel berdasarkan lokasi penggunaannya, yaitu kuota internet nasional dan kuota internet lokal.

paket internet telkomsel
image: Telkomsel


Kuota Nasional Telkomsel

Kuota nasional Telkomsel merupakan kuota internet yang dapat digunakan tanpa batasan lokasi. Artinya, pengguna setia Telkomsel dapat menggunakan kuota nasional ini dimana saja dan kapan saja. Kuota ini tersedia dalam jaringan 2G hingga 4G dan biasa disebut sebagai kuota reguler atau kuota utama dari Telkomsel.

Berbeda dengan kuota lokal, kuota nasional Telkomsel bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki jaringan Telkomsel. Mulai dari Sabang hingga Merauke, Anda tetap dapat menggunakan kuota nasional ini. Biasanya, kuota nasional menjadi kuota utama sebelum pengguna membeli kuota unlimited.

Kuota Internet Lokal Telkomsel

Kuota internet lokal Telkomsel merupakan kuota internet yang hanya dapat digunakan oleh pengguna pada lokasi tertentu yang telah ditentukan pada saat aktivasi paket data. Dengan kata lain, pengguna mempunyai batasan lokasi dalam mengakses internet melalui jaringan Telkomsel yang disediakan.

Area paket kuota yang diberikan oleh pihak provider Telkomsel terdiri dari beberapa daerah, seperti Sumatera, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.


Cara Mengecek Kuota Nasional Telkomsel

Terdapat dua cara untuk mengecek kuota internet Telkomsel, yaitu menggunakan panggilan kode USSD atau menggunakan bantuan aplikasi seperti My Telkomsel.

Menggunakan panggilan kode USSD

  1. Buka menu panggilan di ponsel Android Anda, 
  2. kemudian ketik kode USSD *888#, lalu tekan panggil. 
  3. Pilih nomor 5 (Cek pulsa), 
  4. lalu pilih nomor 2 (Cek kuota) untuk mengecek sisa kuota internet. 
  5. Ketik nomor 2 sekali lagi untuk mengonfirmasi. 
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  7. SMS berisi informasi sisa pulsa dan sisa kuota akan dapat kita lihat.

Menggunakan aplikasi My Telkomsel

  1. Unduh aplikasi ini dari Play Store, 
  2. lalu login menggunakan nomor Telkomsel Anda. 
  3. Pilih opsi menu internet yang berada di bawah informasi sisa pulsa, 
  4. Pada halaman menu My package akan terlihat berapa kuota nasional yang tersedia.

Baca juga:

Perbedaan kuota Lokal, Nasional, dan Promo Tri


Kelebihan dan Kekurangan Kuota Nasional Telkomsel

Kelebihan kuota nasional Telkomsel adalah dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki jaringan Telkomsel, tanpa batasan lokasi. Namun, kuota ini tidak dapat digunakan di luar negeri.

Kekurangan kuota nasional Telkomsel adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan kuota lokal Telkomsel. Namun, terdapat berbagai paket internet yang menyediakan kuota nasional di dalamnya, sehingga tetap dapat dipilih jika diinginkan.

Selain itu, Telkomsel juga memiliki jenis paket lain seperti kuota aplikasi, paket chatt, paket malam Telkomsel, dan lain-lain yang dapat dipilih melalui aplikasi My Telkomsel.

YZG
Blogger Template enthusiast.
Posting Komentar


Search
Menu
Theme
Share
Additional JS