0
Home  ›  Advertorial  ›  Bisnis

Cara Kirim Spare Part Kendaraan versi LJR Logistics

"Beberapa TIps Cara Kirim sparepart kendaraan dengan aman dan efisien versi LJR Logistics. Dapatkan solusi terpercaya untuk kebutuhan pengiriman."

Cara Kirim Spare Part Kendaraan versi LJR Logistics

LJR Logistics - Sparepart kendaraan seringkali memiliki bentuk yang unik dan berat. Fakta tersebut juga yang membuat banyak orang bingung dan ragu untuk mengirimkannya ke kota tujuan. Belum lagi adanya risiko kerusakan pada sparepart yang mungkin terjadi dalam masa pengiriman.

Tetapi karena sebagian besar komponen mobil dijual secara online, pengiriman sparepart ke tempat yang jauh tidak terhindari. Kuncinya adalah dengan pengemasan yang baik akan meningkatkan keamanan barang kiriman serta menghindarkan Anda.

Layanan Transportasi Suku Cadang Mobil

Moda transportasi yang dapat digunakan untuk pengiriman sparepart bergantung pada ukuran kiriman dan target waktu sampainya di kota tujuan. Berdasarkan kriteria diatas, dua metode yang paling umum untuk pengiriman sparepart mobil adalah:

  1. Full truckload (FTL) menggunakan seluruh truk hanya untuk mengirimkan sparepart Anda. Pengiriman jenis ini tidak memiliki transit, sehingga kargo akan langsung dikirimkan ke titik tujuan.
  2. Less than truckload (LTL) sharing ruang truk dengan pengirim lain sehingga ongkos kirim menjadi lebih rendah. Pengiriman LTL membutuhkan lebih banyak waktu karena banyak pemberhentian untuk pengiriman barang pengirim lain.

Lantas, bagaimana mengemas barang kiriman berupa spare part kendaraan? Ikuti tips dan rekomendasi berikut ini:

1 Memilih Kontainer yang Tepat

Pilih kontainer dengan ukuran yang tepat, karena tidak ada gunanya menggunakan container besar namun part-part kecil bisa bergeser dan berpotensi pecah. Selain itu, tiap sparepart perlu dikemas dengan bantalan sehingga tidak berbenturan satu sama lain atau dengan dinding kontainer. Setiap sparepart akan memiliki kebutuhan wadah atau kemasan yang berbeda tergantung pada ukuran, berat, dan kekhasan teknisnya.

Untuk sparepart dengan ukuran yang lebih kecil, packing akan lebih mudah karena barang cenderung ringan dan mudah dibawa. 

Volume barang yang dikirim juga mempengaruhi pemilihan kemasan. Jika berencana untuk mengirim dalam jumlah besar dalam container yang sama, sebaiknya mengemas sparepart secara terpisah daripada menempatkan semuanya dalam satu crate (packing kayu).

2 Mengemas Sparepart dengan Aman

Beberapa opsi pengemasan sparepart kendaraan yang paling populer:

  • VCI (Volatile Corrosion Inhibitors): kemasan khusus yang diproduksi untuk mencegah kendaraan dari proses korosi dan karat selama masa penyimpanan di gudang dan ketika di perjalanan.
  • Foam: zat yang mengembang di dalam kemasan dan menyesuaikan dengan bentuk produk Anda untuk menghindari kerusakan dalam perjalanan dan menjaga penampilan aslinya tetap utuh.
  • Anti-static packaging: digunakan untuk mengangkut elemen elektronik dan memblokir kemungkinan muatan statis selama transit.

Untuk mengurangi kemungkinan sparepart hancur, pengirim juga harus memperhatikan perlindungan eksternal yang kuat, misalnya dengan memakai packing kayu (crate). Setelah barang-barang ditempatkan dengan kuat di dalam truk, barang-barang tersebut tidak akan terlalu rentan terhadap faktor eksternal, tetapi sangat disarankan untuk membuat palet box jika memungkinkan.

Penumpukan palet demi palet yang tersusun baik juga akan mengurangi risiko benturan satu sama lain di dalam truk. 

3 Langkah-Langkah Pengiriman Sparepart Kendaraan

Saat mengemas komponen, gunakan kemasan yang memadai seperti padding untuk mengisi ruang kosong dan mencegah pergerakan di dalam kotak. Saat menyiapkan komponen dengan bentuk tidak beraturan untuk pengiriman, rekatkan bantalan dengan plester/selotip untuk mencegah lepasnya bantalan dari barang kiriman.

1. Pad dan Amankan dalam Corrugated Box

  1. Roda. Berikan bantalan ke seluruh permukaan, dan masukan dalam box chrome, untuk menghindari risiko kerusakan akibat goresan atau lecet. Untuk roda non-dekoratif, bungkus dengan lapisan plastik bening yang direkatkan secukupnya.
  2. Flexplates, Flywheels. Kemas flexplates and flywheels dengan bahan kemasan yang memadai seperti loose fill peanuts untuk mengisi ruang kosong dalam corrugated boxes.
  3. Pintu Mobil, Hoods, Panels. Berikan bantal dan masukan dalam box semua permukaan logam terbuka yang rentan terhadap kerusakan akibat goresan atau penyok. 
  4. Flexible Plastic Moldings. Berikan bantal dan masukan dalam box semua flexible plastic moldings untuk mencegah kerusakan atau robek.
  5. Shocks, Coil Springs. Masukan dalam box part silinder kotak yang dapat dikemas dalam tabung dengan dunnage seperti bantalan di tiap sudut dan loose fill peanuts untuk mencegah tusukan melalui penutup.
  6. Bumper. Masukan bumper yang rentan terhadap goresan atau penyok ke dalam box. Atau bungkus bumper dengan heavy-duty plastic bag dan bantalan yang direkatkan secukupnya untuk melindungi sudut tajam atau runcing.
  7. Transmisi. Kuras semua cairan transmisi dan masukkan ke dalam kantong plastik dengan bantalan penyerap di bawah untuk menyerap cairan sisa. 
  8. Moldings. Bungkus non-decorative moldings ke dalam tas plastik yang direkatkan secara aman, atau berikan bantal dan masukkan ke dalam kotak.
  9. Sway Bar, A-Arms. Bungkus sway bar, A-arms dan threaded rods di fiberboard atau kantong plastik yang sesuai dan selotip dengan aman.
  10. Exhaust System Parts, Leaf Springs. Berikan bantalan dan tutupi ujung runcing dan tajam dengan corrugated boards, bahan bantalan sel udara seperti Bubble Wrap® dan selotip dengan aman.
  11. Ban. Tempatkan label ban pada tapak ban.

‍2. Segel dan Beri Label

Dengan menggunakan metode H tape, berikan setidaknya tiga strip tape yang aman terhadap tekanan dengan lebar minimal 5 cm ke bagian atas dan bawah karton untuk melindungi paket dan isinya. Rekatkan semua jahitan atau tutupnya.

3 Berikan Label pada Kemasan Spare Part Kendaraan

Pelabelan yang tepat berperan penting dalam proses pengiriman sparepart. Label berfungsi sebagai petunjuk yang memberikan deskripsi singkat tentang unit seperti jenis, model, petunjuk penggunaan tertentu, dll. Label suku cadang otomotif berfungsi untuk identifikasi barang serta memberikan informasi operasional secara singkat. Pelabelan juga sangat penting dalam pengiriman spare part yang mengandung cairan kimia. 

Unit-unit ini harus diangkut dengan lebih hati-hati untuk mengurangi risiko interaksi bahan kimia dengan bahan eksternal. Cara paling simpel untuk memberi label dengan benar adalah dengan menandainya dengan stiker berisikan semua informasi yang diperlukan.

Penting: semakin detil data yang dituliskan pada stiker crate, semakin kecil kemungkinan kiriman akan dipertimbangkan untuk klasifikasi ulang atau penimbangan ulang.

Tentang LJR Logistics

LJR Logistics adalah jasa pengiriman cargo, yakni pengiriman dengan volume dan/atau berat yang besar. Termasuk pengiriman apparel dan pengiriman spare part kendaraan. Berdiri sejak 1998, LJR Logistics sudah memiliki 29 cabang di kota-kota besar di Indonesia. Whatsapp kami di 0811-400-1800. Anda bisa langsung memesan jasa kargo sesuai dengan kebutuhan.

YZG
Blogger Template enthusiast.


Search
Menu
Theme
Share
Additional JS