Sosial Media
Home Oppo Spek

OPPO A60 Ponsel Murah Tahan Banting?

"Review OPPO A60: Ponsel tahan banting dengan pengisian cepat 45W, layar cerah 950 nits, dan kamera 50MP. Performa Snapdragon 680 dan resolusi HD+."


OPPO A60, ponsel terbaru dari OPPO yang telah menarik perhatian publik dengan klaim ketahanannya yang luar biasa. Ponsel ini disebut-sebut mampu bertahan dari berbagai ujian fisik, mulai dari membuka durian hingga memecahkan kacang. Hal ini membuatnya menjadi viral di media sosial dan menimbulkan banyak rasa penasaran di kalangan pengguna. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai OPPO A60, mulai dari paket penjualan, spesifikasi teknis, performa, hingga pengujian ketahanannya.

OPPO A60


Ketika pertama kali membuka kotaknya, kesan pertama yang didapat adalah kesederhanaan desain dan kelengkapan yang ditawarkan. Dalam kotak tersebut, kita menemukan beberapa item standar seperti casing, buku petunjuk, panduan keselamatan, ejector SIM, kabel data USB-A ke USB-C, dan charger SuperVOOC 45W. Desain kotaknya sendiri mencerminkan gaya khas OPPO, dengan latar belakang putih dan tulisan yang jelas, menampilkan OPPO A60 dengan angka "60" yang besar di bagian depan.

Desain kotak OPPO A60 menampilkan beberapa fitur utama yang diunggulkan oleh OPPO, seperti layar Ultra Bright Display 950 nits, dual kamera Ultra Clear 50 megapiksel, dan fast charging 45 watt. Selain itu, varian RAM dan penyimpanan internal yang tersedia adalah 8GB RAM dengan pilihan 128GB atau 256GB penyimpanan internal. Ponsel ini juga sudah menggunakan teknologi UFS 2.2 yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik dibandingkan teknologi eMMC.

Dalam Box OPPO A60

Saat kotak dibuka, kesan pertama pada ponsel OPPO A60 adalah tampilannya yang cukup elegan dengan varian warna ungu malam. Warna ini memberikan nuansa anggur yang menarik dan berbeda dari ponsel lain di kelasnya. Di bagian kanan ponsel terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, sementara tombol volume berada di sisi kiri. Ponsel ini memiliki desain dual speaker, dengan satu speaker di bagian bawah bersama port USB-C, mikrofon, dan jack headphone, serta satu speaker lagi di bagian atas.

OPPO A60 dilengkapi dengan layar 6,67 inci yang memiliki resolusi HD+ (720p) dan refresh rate 90Hz. Tingkat kecerahan layar mencapai 950 nits, yang cukup baik untuk digunakan di luar ruangan meski tidak seterang ponsel kelas atas. Namun, resolusi HD+ ini dianggap kurang memadai jika dibandingkan dengan ponsel lain di kelas harga yang sama, seperti Infinix dan Redmi, yang sudah menawarkan resolusi Full HD+.

Kamera utama ponsel ini memiliki resolusi 50 megapiksel, yang didukung oleh kamera kedua dengan resolusi 2 megapiksel dan LED flash. Di bagian belakang ponsel, terdapat tulisan "Innovative AI Camera" yang menekankan kemampuan kamera ponsel ini dalam menghasilkan foto berkualitas tinggi. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan NFC dan sertifikasi IP64, yang membuatnya tahan terhadap cipratan air.

Salah satu daya tarik utama OPPO A60 adalah daya tahan fisiknya. Dalam berbagai uji coba yang dilakukan, ponsel ini diklaim mampu bertahan dari benturan keras, termasuk dilempar ke dinding dan digunakan untuk memecahkan kacang. Meski demikian, kita akan menguji sendiri sejauh mana ketahanan ponsel ini dalam kondisi nyata.

Performa dan Spesifikasi Teknis

OPPO A60 ditenagai oleh chipset Snapdragon 680, yang sebenarnya sudah cukup usang karena pertama kali dirilis sekitar dua tahun lalu. Chipset ini umumnya digunakan di ponsel kelas menengah ke bawah, seperti Redmi 10C yang harganya lebih murah. Meskipun demikian, Snapdragon 680 masih dapat diandalkan untuk tugas-tugas sehari-hari, meski bukan yang terbaik untuk bermain game atau tugas berat lainnya.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, OPPO A60 mencatatkan skor sekitar 319.000. Skor ini cukup jauh di bawah Helio G99, yang sering digunakan oleh ponsel seperti Infinix dan Tecno, yang mampu mencapai skor sekitar 450.000. Perbedaan performa ini cukup signifikan, terutama jika Anda sering menggunakan ponsel untuk bermain game atau aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi.

Saat digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legends, ponsel ini mampu menjalankan game dengan frame rate rata-rata sekitar 58 FPS. Meskipun frame rate-nya cukup stabil, ada sedikit keterlambatan dalam respon layar terhadap gerakan jempol, yang dapat mempengaruhi pengalaman bermain game. Hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi antara chipset yang sudah agak tua dan layar yang responsifitasnya tidak secepat ponsel kelas atas.

Untuk urusan kamera, OPPO A60 mampu menghasilkan foto yang cukup baik dengan kamera utamanya yang beresolusi 50 megapiksel. Foto-foto yang dihasilkan memiliki warna yang cukup akurat dan detail yang baik, meski dalam kondisi cahaya yang kurang ideal. Namun, performa kamera ini masih kalah jika dibandingkan dengan ponsel yang memiliki harga yang sama, tetapi menawarkan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi dan fitur yang lebih canggih.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang sudah mendukung pengisian daya cepat 45 watt. Dalam penggunaan sehari-hari, baterai ini mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal. Pengisian daya cepatnya juga sangat membantu, memungkinkan baterai terisi penuh dalam waktu yang relatif singkat.

Ketahanan Fisik OPPO A60

Salah satu aspek yang paling menarik dari OPPO A60 adalah klaim ketahanannya yang luar biasa. Untuk menguji hal ini, kami melakukan serangkaian uji ketahanan fisik yang ekstrem, termasuk menjatuhkan ponsel, menggunakannya untuk membuka durian, dan memecahkan kacang. Hasilnya cukup mengesankan, karena ponsel ini tetap berfungsi dengan baik meski telah mengalami berbagai benturan keras.

Dalam uji coba pertama, kami menjatuhkan ponsel dari ketinggian sekitar satu meter ke lantai keras. Ponsel ini tetap utuh tanpa ada kerusakan yang signifikan, hanya beberapa goresan kecil di bagian bodi. Selanjutnya, kami menggunakan ponsel ini untuk membuka durian, yang dikenal sebagai buah dengan kulit yang sangat keras. OPPO A60 berhasil membuka durian tersebut tanpa mengalami kerusakan berarti, meski pelindung layar sedikit tergores oleh duri-durinya.

Kami juga mencoba memecahkan kacang keras menggunakan ponsel ini. Ponsel ini mampu memecahkan kacang tersebut dengan baik, tanpa ada kerusakan pada layar atau bodi ponsel. Ketahanan ponsel ini juga diuji dengan cara dilempar ke dinding beberapa kali, dan hasilnya tetap sama, ponsel tetap berfungsi dengan baik tanpa ada kerusakan yang berarti.

Meskipun OPPO A60 menunjukkan ketahanan fisik yang sangat baik, perlu diingat bahwa ponsel ini tidak dirancang untuk digunakan secara kasar secara terus-menerus. Pengujian ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki build quality yang baik dan dapat bertahan dari kecelakaan atau benturan yang tidak disengaja dalam penggunaan sehari-hari.

Pro dan Kontra

Pro

  • Ketahanan Fisik yang Luar Biasa: OPPO A60 dikenal dengan ketahanannya yang kuat, termasuk mampu bertahan dari bantingan dan penggunaan ekstrim seperti membuka durian dan memecahkan kacang.
  • Pengisian Cepat 45W SuperVOOC: Dengan fitur pengisian cepat 45W, ponsel ini dapat mengisi baterai dengan sangat cepat, yang sangat praktis untuk penggunaan sehari-hari.
  • Layar Cerah: Layar dengan kecerahan 950 nits membuat ponsel ini cukup terang untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung.
  • Kamera 50MP yang Bagus: Kamera utama 50MP menghasilkan foto yang cukup baik dengan detail yang jelas, terutama dalam kondisi pencahayaan yang baik.
  • Desain Menarik: OPPO A60 memiliki desain yang menarik dan warna yang menonjol, seperti ungu malam yang menyerupai warna anggur, yang membuatnya terlihat premium.

Cons

  1. Resolusi Layar Hanya HD+: Resolusi layar yang hanya HD+ (720p) terasa kurang dibandingkan dengan pesaing lain di kelas yang sama yang sudah menawarkan resolusi Full HD+.
  2. Performa Chipset yang Terbatas: Snapdragon 680 yang digunakan pada OPPO A60 bukanlah chipset yang paling kuat di kelasnya, sehingga performa ponsel ini terasa kurang jika digunakan untuk tugas-tugas berat atau gaming intensif.
  3. Sistem Operasi yang Tertinggal: Ponsel ini masih menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 11, yang sudah mulai tertinggal dibandingkan dengan versi Android yang lebih baru.
  4. Tidak Ada Kamera Ultra Wide: Tidak adanya kamera ultra wide membuat ponsel ini kurang fleksibel dalam pengambilan gambar dengan sudut lebar.
  5. Harga yang Relatif Mahal di Toko Offline: Harga OPPO A60 di toko offline lebih mahal dibandingkan dengan harga di toko online, dengan selisih harga sekitar 300 ribu rupiah.

Spesifikasi OPPO A60

Spesifikasi Detail
Prosesor Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8GB
Penyimpanan Internal 128GB atau 256GB (UFS 2.2)
Layar 6,67 inci, HD+ (720p), Refresh Rate 90Hz, Kecerahan 950 nits
Kamera Belakang 50MP (utama) + 2MP (kedua), LED Flash
Kamera Depan 8MP
Baterai 5000 mAh, Pengisian Cepat 45W SuperVOOC
Port USB Type-C, Jack Audio 3.5mm
Sistem Operasi ColorOS 12.1 (berbasis Android 11)
Dimensi 164.3 x 75.8 x 8.4 mm
Berat 190g
Fitur Tambahan NFC, Dual Speaker, IP64, Sensor Sidik Jari di Samping
Harga Sekitar 2,6 juta rupiah, Cek Tokopedia

Kesimpulan OPPO A60

Secara keseluruhan, OPPO A60 adalah ponsel yang menawarkan nilai yang cukup baik di kelas harganya. Ponsel ini memiliki desain yang menarik, build quality yang sangat baik, dan ketahanan fisik yang luar biasa. Meskipun performanya tidak sebaik beberapa pesaingnya yang menggunakan chipset yang lebih baru dan lebih kuat, ponsel ini masih dapat diandalkan untuk tugas-tugas sehari-hari dan bermain game ringan.

Kamera 50 megapiksel yang dimiliki ponsel ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik, meski tidak sebaik ponsel lain di kelas harga yang sama. Layar 6,67 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz cukup nyaman digunakan, meski tidak sejelas layar Full HD+ yang dimiliki oleh beberapa pesaingnya.

Daya tahan baterai yang baik dan dukungan pengisian daya cepat 45 watt adalah keunggulan lain dari OPPO A60. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti NFC dan sertifikasi IP64, yang menambah nilai lebih bagi ponsel ini.

Dalam hal ketahanan fisik, OPPO A60 memang layak mendapatkan pujian. Pengujian ekstrem yang dilakukan menunjukkan bahwa ponsel ini mampu bertahan dari benturan keras dan tetap berfungsi dengan baik. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik bagi pengguna yang membutuhkan ponsel dengan ketahanan ekstra.

Namun, jika Anda mencari ponsel dengan performa tinggi untuk bermain game atau tugas berat lainnya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan ponsel lain dengan chipset yang lebih kuat. OPPO A60 lebih cocok untuk pengguna yang mengutamakan build quality, desain yang menarik, dan ketahanan fisik yang baik.

Dengan harga sekitar 2,6 juta rupiah, OPPO A60 menawarkan paket yang cukup lengkap dan layak dipertimbangkan di kelas harga menengah ke bawah. Ponsel ini tersedia di toko-toko resmi OPPO serta di berbagai platform e-commerce dengan harga yang sedikit lebih murah. Jika Anda tertarik, Anda dapat membeli OPPO A60 melalui tautan yang disediakan di bawah artikel ini.

Secara keseluruhan, OPPO A60 adalah ponsel yang solid dan layak dipertimbangkan jika Anda mencari ponsel dengan harga terjangkau yang memiliki ketahanan fisik yang luar biasa. Meskipun performanya tidak sekuat beberapa pesaingnya, build quality dan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan membuatnya menjadi pilihan yang menarik di kelas harga menengah ke bawah.

Komentar
Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang. Info lebih lanjut.