Sosial Media
Home Advertorial Apps Bisnis

Pelajari Cara Mudah Buat QRIS, Cuma 5 Langkah!

"Pelajari cara buat QRIS untuk bisnis Anda dengan mudah. Nikmati kemudahan transaksi digital yang cepat dan aman dengan QRIS. Simak tutorialnya!"


Sebagian besar dari pembaca CatatanDroid pasti setidaknya pernah melakukan transaksi Digital. Baik itu transaksi dengan metode transfer Bank, e-wallet, rekber, dan QRIS. Nah, pada kesempatan kali ini CatatanDroid akan mencoba sedikit menjelaskan tentang QRIS dan bagaimana cara buat QRIS. Cocok banget bagi pebisnis yang ingin semakin memudahkan pelanggannya. Yuk simak bersama!

Cara Buat QRIS


Apa itu QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah sebuah sistem pembayaran digital yang menggabungkan berbagai jenis kode QR dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan kode QR. Sistem ini dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan diresmikan sebagai standar nasional sejak Agustus 2019. 

Manfaat QRIS untuk Pengguna dan Pebisnis

  • Kemudahan dan Kecepatan dalam Transaksi
    Salah satu manfaat utama dari QRIS adalah kemudahan dan kecepatan yang ditawarkannya dalam melakukan transaksi pembayaran. Pengguna cukup membuka aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung QRIS, memilih opsi "Bayar menggunakan QR", dan memindai kode QR yang disediakan oleh merchant. Proses ini hanya memerlukan beberapa detik, sehingga sangat efisien dibandingkan dengan metode pembayaran konvensional yang sering memakan waktu lebih lama.
  • Keamanan Transaksi yang Terjamin
    Keamanan merupakan faktor penting dalam setiap transaksi keuangan. QRIS memberikan jaminan keamanan yang tinggi karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan QRIS diawasi oleh Bank Indonesia. Ini berarti bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS tunduk pada regulasi dan standar keamanan yang ketat, sehingga meminimalkan risiko penipuan dan kebocoran data.
  • Fleksibilitas dalam Pembayaran
    QRIS mendukung berbagai metode pembayaran, menjadikannya sangat fleksibel untuk digunakan. Pengguna dapat membayar menggunakan transfer bank melalui mobile banking, e-wallet seperti OVO, GoPay, DANA, ShopeePay, LinkAja, dan kartu prabayar yang terhubung dengan layanan yang mendukung QRIS. Dengan satu kode QR, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Efisiensi Operasional bagi Pebisnis
    Bagi para pebisnis, QRIS menawarkan keuntungan dalam hal efisiensi operasional. Dengan menggunakan QRIS, kebutuhan akan uang tunai dapat diminimalkan, sehingga mengurangi risiko kehilangan uang fisik dan biaya pengelolaan kas. Selain itu, proses pencatatan transaksi menjadi lebih mudah dan terorganisir, karena semua transaksi tercatat secara digital.
  • Peningkatan Penjualan
    Kemudahan dalam melakukan pembayaran melalui QRIS dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada penjualan. Pelanggan yang puas dengan kemudahan dan kecepatan transaksi cenderung lebih sering berbelanja, sehingga potensi pendapatan bisnis pun meningkat. QRIS juga memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, termasuk mereka yang lebih memilih metode pembayaran digital.

Cara Menggunakan QRIS untuk Transaksi

Menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Buka Aplikasi Mobile Banking atau E-Wallet:
    Pastikan Anda memiliki aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung QRIS terpasang di ponsel Anda.
  2. Pilih Opsi Pembayaran dengan QR:
    Di dalam aplikasi, pilih opsi "Bayar menggunakan QR" atau "Scan QR Code" tergantung pada antarmuka aplikasi yang digunakan.
  3. Pindai Kode QR:
    Arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR yang disediakan oleh merchant. Pastikan kode QR tersebut jelas terlihat dan tidak terhalang.
  4. Masukkan Jumlah Pembayaran:
    Jika diperlukan, masukkan jumlah yang akan dibayarkan. Beberapa merchant mungkin sudah menetapkan jumlah pembayaran secara otomatis.
  5. Konfirmasi Pembayaran:
    Periksa kembali detail transaksi, kemudian konfirmasi pembayaran. Anda mungkin perlu memasukkan PIN atau menggunakan fitur otentikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.
  6. Transaksi Selesai:
    Setelah pembayaran dikonfirmasi, Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil. Merchant juga akan menerima notifikasi yang sama.

Cara Mendaftar QRIS untuk Pebisnis

Nah, sekarang kita akan membahas pokok utama dari artikel ini, bagi para pebisnis yang ingin menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mendaftar dan mengaktifkan QRIS:

  1. Miliki Rekening Bisnis
    Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda memiliki rekening bisnis yang aktif. Rekening ini akan digunakan sebagai rekening penerimaan dari seluruh transaksi yang dilakukan oleh pelanggan melalui QRIS. Jika Anda sudah memiliki rekening bank khusus untuk usaha, Anda bisa langsung mendaftarkan rekening tersebut saat proses pembuatan QRIS.
  2. Siapkan Dokumen yang Diperlukan
    Sebelum mendaftar QRIS, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:
    a. Fotokopi identitas diri (KTP atau paspor)
    b. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
    c. Fotokopi akta pendirian perusahaan
    d. Surat keterangan domisili usaha
    Pastikan dokumen-dokumen tersebut lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan untuk memperlancar proses pendaftaran.
  3. Buat Akun di QRIS.id
    Langkah berikutnya adalah membuat akun di situs web resmi QRIS.id. Kunjungi situs web tersebut dan ikuti petunjuk untuk mendaftar sebagai pengguna baru. Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi dan mengikuti proses verifikasi. Pastikan untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan usaha Anda.
  4. Lengkapi Data Diri yang Diminta
    Setelah berhasil membuat akun, Anda akan menerima notifikasi pendaftaran berupa username dan password melalui email dan WhatsApp. Gunakan informasi tersebut untuk login ke akun QRIS.id Anda. Selanjutnya, lengkapi data diri dengan mengunggah dokumen yang diperlukan. Proses ini sangat penting karena akan menentukan apakah Anda bisa mendapatkan NMID (National Merchant ID) atau tidak. Pastikan untuk mengunggah dokumen dengan teliti dan akurat. Jika ada kesalahan atau kendala, Anda akan diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan.
  5. Selesaikan Pembayaran Biaya Pendaftaran
    Selain melengkapi data diri, Anda juga perlu melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan e-wallet yang terhubung ke QRIS.id. Beberapa e-wallet yang bisa digunakan antara lain GoPay, DANA, OVO, ShopeePay, dan LinkAja. Jika terdapat kendala dalam menyelesaikan langkah ini, proses pendaftaran akan tertunda dengan waktu maksimal 14 hari sebelum data pengisian di-reset otomatis oleh sistem.
  6. Tunggu Pemberitahuan Lebih Lanjut
    Setelah pembayaran Anda berhasil diverifikasi, Anda perlu menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari tim QRIS. Pemberitahuan ini biasanya akan berisi informasi tentang pengaktifan QRIS untuk bisnis Anda. Pastikan Anda memeriksa kotak masuk email atau pesan di akun QRIS.id Anda secara berkala. Setelah menerima pemberitahuan pengaktifan, Anda bisa mulai menggunakan QRIS untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Kesimpulan

QRIS merupakan inovasi yang sangat membantu dalam memudahkan dan mempercepat proses pembayaran di Indonesia. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, seperti kemudahan, keamanan, fleksibilitas, efisiensi operasional, dan potensi peningkatan penjualan, QRIS menjadi pilihan yang sangat menarik bagi pengguna dan pebisnis. Bagi pebisnis, proses pendaftaran QRIS juga cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Dengan QRIS, Anda tidak hanya memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, tetapi juga memodernisasi sistem pembayaran bisnis Anda, sehingga lebih efisien dan terorganisir. Dalam era digital yang terus berkembang, adopsi QRIS dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak pelanggan.

QRIS tidak hanya bisa digunakan di seluruh Indonesia, tetapi juga tersedia secara cross-border payment di lintas negara seperti Thailand dan Malaysia, menjadikannya solusi pembayaran yang sangat fleksibel dan luas jangkauannya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda ke QRIS dan nikmati berbagai manfaatnya untuk kemajuan usaha Anda.

Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang. Info lebih lanjut.