Sosial Media
Home Redmi Spek

Redmi 13 Harga Cuma Rp 1.9 Juta, Worth to Buy?

"Redmi 13 dengan layar 6.79 inci, chipset Helio G91 Ultra, kamera 108 MP, baterai 5030 mAh, dan pengisian cepat 33W. Performa andal di harga 1.9 jutaan"


Halo, sobat pembaca CatatanDroid! Kali ini kita akan mencoba sedikit membahas Redmi 13, ponsel terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan secara tiba-tiba di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan mengulas detail spesifikasi, desain, performa, dan kualitas kamera dari Redmi 13. Dengan harganya yang sekitar Rp 1.999 juta, apakah ponsel ini layak untuk dibeli? Yuk kita ulas lebih dalam.

Redmi 13: Ponsel Rp 1.999 Juta yang Menjanjikan


Spesifikasi dan Fitur Unggulan Redmi 13

Desain dan Build Quality

Redmi 13 hadir dengan desain yang cukup menarik. Bagian belakangnya terbuat dari bahan kaca dengan kilauan yang memberikan kesan premium. Warna Ocean Blue yang mengkilap menambah nilai estetika, membuat ponsel ini tampak lebih mahal dari harga aslinya. Meskipun begitu, ponsel ini terasa sedikit tebal dengan ketebalan lebih dari 8 mm. Ini mungkin sedikit mengganggu bagi beberapa pengguna, tetapi mengingat bahan premium yang digunakan, ketebalan tersebut bisa dimaklumi.

Di bagian depan, Redmi 13 dilengkapi dengan layar 6,79 inci beresolusi Full HD dan refresh rate 90 Hz. Layar ini cukup responsif dan tajam, meskipun tingkat kecerahannya agak kurang terutama saat digunakan di luar ruangan. Namun, untuk penggunaan di dalam ruangan, layar ini sudah lebih dari cukup.

Performa dan Baterai

Redmi 13 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G91 Ultra, yang merupakan versi refresh dari Helio G88 yang digunakan di Redmi 12. Chipset ini mendukung kamera hingga 108 MP, yang merupakan salah satu peningkatan terbesar dari ponsel ini. Dalam pengujian performa, Redmi 13 mendapatkan skor Antutu sekitar 265.000, yang termasuk standar untuk ponsel di kisaran harga ini.

Ponsel ini hadir dengan dua varian RAM, yaitu 8 GB RAM dengan penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB. Namun, penyimpanan yang digunakan masih eMMC, bukan UFS, yang berarti kecepatan loading aplikasi dan game akan sedikit lebih lambat. Meskipun begitu, performa gaming ponsel ini cukup memadai untuk game ringan hingga menengah seperti Mobile Legends dan PUBG. Untuk game berat seperti Genshin Impact, frame rate masih di bawah 30 fps, sehingga kurang optimal untuk pengalaman bermain yang maksimal.

Redmi 13 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan mendukung pengisian cepat 33W. Dalam penggunaan sehari-hari, baterai ini mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal. Pengisian daya juga cukup cepat, membuat pengguna tidak perlu menunggu lama untuk kembali menggunakan ponsel mereka.


Kamera: Peningkatan Signifikan dengan 108 MP

Kamera Utama dan Fitur Tambahan

Salah satu fitur unggulan dari Redmi 13 adalah kamera utamanya yang memiliki resolusi 108 MP. Ini merupakan peningkatan signifikan dari Redmi 12 yang hanya memiliki kamera 50 MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur in-sensor zoom, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan zoom dengan hasil yang tetap tajam.

Kamera utama ini mampu menghasilkan foto dengan detail yang sangat baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Namun, dalam kondisi low-light atau malam hari, hasil fotonya bisa sedikit bervariasi. Beberapa foto terlihat sangat baik dengan warna yang akurat dan dynamic range yang luas, sementara beberapa lainnya terlihat kurang konsisten dengan bayangan yang terlalu gelap.

Untuk kamera sekunder, Redmi 13 tidak lagi menyertakan kamera ultrawide yang sebelumnya ada di Redmi 12. Keputusan ini mungkin mengecewakan bagi beberapa pengguna, tetapi Xiaomi menggantinya dengan fokus pada kualitas kamera utama. Hasil dari in-sensor zoom 3x cukup mengesankan, dengan hasil yang lebih konsisten dibandingkan mode 1x.

Performa Kamera Depan

Kamera depan Redmi 13 memiliki resolusi 16 MP dan mampu menghasilkan foto selfie yang cukup baik. Kamera ini dilengkapi dengan fitur beautification yang bisa disesuaikan, sehingga pengguna dapat mengatur tingkat kecantikan sesuai preferensi mereka. Dalam kondisi pencahayaan yang baik, hasil foto selfie terlihat tajam dan detail, namun dalam kondisi low-light, performa kamera depan sedikit menurun.


Detail Spesifikasi Redmi 13

Berikut adalah tabel yang merangkum spesifikasi detail dari Xiaomi Redmi 13:

Spesifikasi Detail
Display 6.79 inches IPS LCD, resolusi 1080 x 2400 pixels, refresh rate 90Hz
Operating System Android 14, HyperOS
Chipset Mediatek Helio G91 Ultra
CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
RAM Pilihan 6GB atau 8GB
Storage 128GB atau 256GB, dengan slot microSDXC untuk ekspansi
Main Camera Dual setup: 108 MP wide sensor dan 2 MP depth sensor
Selfie Camera 13 MP wide sensor
Battery 5030 mAh, non-removable, mendukung pengisian cepat 33W
Connectivity Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.3, GPS, NFC (tergantung pasar), Infrared port
Ports USB Type-C, 3.5mm headphone jack
Sensors Side-mounted fingerprint sensor, accelerometer, gyro, compass, virtual proximity sensing
Build Glass front, plastic frame, glass back, dengan IP53 dust and splash resistance
Colors Black, Blue, Pink, Yellow
Price Sekitar 1.9Juta, cek Tokopedia

Catatan: Ketersediaan fitur seperti NFC mungkin bergantung pada pasar atau wilayah.


Apakah Redmi 13 Layak Dibeli?

Dengan harga sekitar Rp 1.999 juta, Redmi 13 menawarkan berbagai fitur menarik yang sulit ditemukan di ponsel lain pada kisaran harga yang sama. Desain premium dengan bahan kaca, layar Full HD 90 Hz, kamera utama 108 MP, dan dukungan pengisian cepat 33W adalah beberapa poin positif dari ponsel ini. Namun, ada beberapa kekurangan seperti performa layar yang kurang terang di luar ruangan dan penggunaan penyimpanan eMMC yang lebih lambat dibandingkan UFS.

Secara keseluruhan, Redmi 13 adalah ponsel yang layak dipertimbangkan bagi mereka yang mencari ponsel dengan fitur lengkap dan harga terjangkau. Bagi pengguna yang memprioritaskan kualitas kamera dan desain premium, Redmi 13 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi mereka yang membutuhkan performa tinggi untuk gaming berat, mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain yang sedikit lebih mahal.

Kelebihan:

  • Desain premium dengan bahan kaca
  • Kamera utama 108 MP dengan in-sensor zoom
  • Layar Full HD dengan refresh rate 90 Hz
  • Baterai 5000 mAh dengan pengisian cepat 33W
  • Dukungan NFC

Kekurangan:

  1. Layar kurang terang untuk penggunaan di luar ruangan
  2. Penyimpanan eMMC yang lebih lambat
  3. Tidak ada kamera ultrawide
  4. Performa gaming kurang optimal untuk game berat

Demikian ulasan lengkap mengenai Redmi 13. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di ulasan berikutnya!

Komentar
Advertisement


Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang. Info lebih lanjut.