Thursday, November 12

Merasakan Sensasi OS baru Keluaran Mozilla, Firefox OS!

Catatandroid - Mencoba sensasi dari Firefox OS terbaru di android, Kabar gembira bagi kita semua para pengguna android datang dari penyedia browser desktop Mozilla Firefox, Mozilla telah meluncurkan Firefox OS 2.5 Developer Preview pada hari ini, mereka menawarkan sistem operasi Firefox OS dalam sebuah aplikasi Android.

Firefox OS image by aitinesia.com

Aplikasi Eksperimental berupa Launcher ini menampilkan beberapa elemen homescreen Android dengan interface khas Firefox berbasis web, bahkan dilengkapi juga dengan satu set aplikasi sistem seperti panggilan telepon, pesan, email, dan sebuah toko aplikasi.

Menarik kan sob! Mozilla memberikan preview aplikasi eksperimental mereka berupa aplikasi launcher, phone, pesan, email dan sebuah aplikasi toko layaknya Playstore.



Adds on: Sama seperti add-ons yang terdapat di desktop browser, Firefox OS add-ons dapat di perpanjang dengan hanya satu aplikasi, beberapa, atau semuanya, termasuk aplikasi sistem itu sendiri.
Browsing pribadi dengan fitur Tracking Protection: Sebuah fitur privasi anyar dari Firefox, Tracking Protection memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol bagaimana aktivitas browsing mereka dilacak pada beberapa situs yang di kunjungi.

Pin the Web: Pin the Web layaknya juga yang sering kita jumpai pada tampilan browser mozilla firefox, memungkinkan Anda mem-pin atau menyematkan situs web maupun halaman web ke layar utama untuk dapat di gunakan nanti.

Mozilla menyebutkan bahwa mereka berusaha untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten bagi para pengguna di Android, bagi ponsel sobat yang terdapat tombol navigasi atau navbar kita akan dapat melihat tombol navigasi Android tetap terlihat di tiap user interface. Namun, kita tidak dapat menggunakan tombol kembali/back untuk navigasi, Firefox OS hanya memungkinkan penggunaan satu tombol home.

Mengingat sifat dari aplikasi yang masih eksperimental catatandroid telah mencobanya dan berhasil menangkap beberapa screenshotnya di bawah, sangat menarik dengan tampilan yang tidak biasa dan desain-desain aplikasi yang tampil baru/fresh sempat memanjakan mata, sayangnya mungkin karena terkendala hardware ponsel catatandroid yang masih berOs Jellybean dengan ram 512MB sehingga terkadang agak buggy sering kembali ke layar loading.

Bagi teman-teman catatandroid yang memiliki ponsel dengan spek hardware maupun os yang lebih tinggi mungkin dapat lebih menikmati pengalaman pengguna yang menyenangkan di Firefox OS ini, oia bagi sobat yang memiliki ponsel Nexus, One plus, dan beberapa ponsel flagship lainnya bahkan dapat langsung flash full Os dari Firefox ini. semoga bermanfaat ya. :)

Sumber: Mozilla

Silahkan tulis pertanyaan, saran, koreksi, laporan link mati pada kolom komentar di bawah.
Gunakanlah bahasa yang sopan, link aktif diperbolehkan selama disertai komen yang relevan.
Thanks
EmoticonEmoticon