Cara Mengaktifkan Chrome Reader Mode di Aplikasi Google Chrome Android - CATATANDROID

Monday, May 13

Cara Mengaktifkan Chrome Reader Mode di Aplikasi Google Chrome Android

Aplikasi browser Google Chrome nampaknya masih menyimpan banyak fitur tersembunyi di dalamnya, salah satu yang akan catatandroid bahas pada kesempatan kali ini adalah reader mode atau mode membaca.

Cara Mengaktifkan Chrome Reader Mode di Aplikasi Google Chrome Android

Reader mode atau mode membaca seperti namanya diperuntukan agar para pengguna dapat mengalami pengalaman membaca artikel di web atau blog tanpa adanya gangguan dari gambar iklan dsb.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna akan dapat pemberitahuan notifikasi "snackbar" Android di bagian bawah layar untuk beralih ke tampilan Sederhana pada halaman web yang didukung (halaman apa pun yang dapat diurai oleh DOM Distiller).

Oke ini dia cara mengaktifkan fitur mode membaca di Google Chrome



  • Pertama-tama buka aplikasi google chrome
  • Pada kolom address bar (alamat situs) ketik "chrome://flags" tanpa tanda seru lalu enter (go)
  • Maka bermacam baris menu fitur-fitur eksperimental chrome tersembunyi ada di sini

  • Karena kita akan mengaktifkan fitur reader mode ketik Reader Mode pada kolom pencarian di atas
  • Pilih pada menu bertuliskan "Reader Mode triggering"
  • Selanjutnya ubah ke pilihan Always

  • Pilihan selain Always akan gagal untuk munculnya pemberitahuan reader mode
  • Akan muncul perintah untuk membuka ulang pilih "Relaunch Now"


Maka aplikasi google chrome akan membuka ulang kembali, selanjutnya silahkan buka berbagai website atau blog maka pemberitahuan mode membaca akan muncul dari bawah layar smartphone android sobat.

Perlu di ingat karena fitur ini masih eksperimental maka beberapa kesalahan dan kegagalan meload artikel di mode membaca pasti akan kita alami.

CatatanDroid pun beberapa kali mengalami terjadi kegagalan load artikel pada beberapa website. Dan pada akhirnya pemberitahuan yang selalu muncul saat kita berganti halaman atau membuka web baru dirasa cukup mengganggu juga sih. lol

So bagi sobat yang ingin sekedar mencoba silahkan lakukan tutorial di atas, jika ingin mengembalikan seperti semula langkahnya sama seperti di atas lalu pilih tombol Reset all to default untuk menghilangkan kembali pemberitahuan reader mode.


Semoga tips aplikasi google chrome cara mengaktifkan fitur mode membaca di android dapat bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Terimakasih dan selamat mencoba! CatatanDroid

Open Disqus Comments
Banner IDwebhost