Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard

Widget atasnya (HomPej)

Penjelasan Blogwalking Manfaat dan Cara BW

"Dalam perkembangannya Blogwalking tak lagi hanya sekedar saling mengunjungi blog satu sama lain lho, ingin tahu apa saja penjabaran BW? Yuk disimak."

Blogwalking Kegiatan Silaturahmi Khas Para Blogger - Dalam komunitas Blogger kegiatan Blogwalking atau saling mengunjungi blog/website milik satu sama lain tentu sudah tak asing lagi.

Dalam perkembangannya Blogwalking tak lagi hanya sekedar saling mengunjungi blog satu sama lain lho.

Ingin tahu kan apa itu Blog Walking? apakah manfaat dari blogwalking? bagaimana cara BW yang baik dan benar? Yuk disimak penjabarannya.

Apa itu Blogwalking?

Penjelasan Manfaat dan Resiko Blogwalking

Istilah blogwalking berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan dengan kegiatan jalan-jalan dari satu blog ke blog lain.

Dalam tiap kunjungannya masing-masing pemilik Blog akan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar pada artikel postingan yang dikunjungi.

Dengan harapan pemilik blog yang telah dikunjungi dan diberikan komentar akan kunbal (mengunjungi balik) ke blog kita.

Meskipun kaidah dasar BW dan Meninggalkan jejak komentar telah sejak lama menjadi paket yang saling melengkapi, namun belakangan beberapa pemilik blog merasa cukup hanya dengan sekedar memberikan ss(screenshot) history kunjungan saja, tanpa perlu lagi memberikan komentar.

Manfaat Blogwalking

Dalam kegiatan BW (Blogwalking) mungkin terdengar sepele, namun kegiatan menjalin silaturahmi antar Blogger ini dapat memberikan dampak positif antar pemilik blog.

Rasa perhatian, kepedulian, persaudaraan, dan keakraban akan terbentuk didalamnya.

Tak ayal sampai saat ini kegiatan Blogwalking tak lekang ditelan zaman.

Selain itu dibawah ini adalah beberapa manfaat BW, diantaranya:

  1. Mendapatkan trafik instan
  2. Menjalin silaturahmi antar Blogger
  3. Membangun Backlink
  4. Mencari inspirasi
  5. Membantu meningkatkan pendapatan

Kita ulas mendalam satu persatu yuk!

1. Mendapatkan trafik instan

Trafik atau kunjungan pembaca akan otomatis kita dapatkan ketika orang lain melakukan kegiatan BW ke blog kita tanpa harus pusing memikirkan kaidah SEO.

Meskipun trafik bw mayoritas bukan berjenis trafik organik karena biasanya menggunakan link direct langsung ke blog, namun dapat kita siasati dengan memberikan shortlink berupa hasil link dari pencarian kw + nama situs kita. 

Contoh keyword:

Penjelasan dan manfaat blogwalking "CatatanDroid"

Sehingga nantinya url yang akan kita jadikan shortlink adalah:

https://www.google.com/search?q=Penjelasan+dan+manfaat+blogwalking+%22CatatanDroid%22

Untuk situs shortlinknya kita dapat memanfaatkan website shortlink popular seperti bit.ly, tinyurl.com, s.id, dik.si, dsb.

Namun tetap saja trafik dari hasil BW hanya bersifat instan dan sementara, tentu saja tidak dapat dibandingkan dengan trafik stabil dan berjangka panjang yang bersumber dari trafik organik SEO.

So, jangan tunda lagi untuk kamu dalam memulai mempelajari ilmu SEO ya! karena ilmu SEO akan sangat bermanfaat dalam dunia digital marketing saat ini dan kedepan.

2. Menjalin Silaturahmi antar Blogger

Ini adalah poin penting menurut CatatanDroid dalam aktifitas BW, karena CatatanDroid pun ikut merasakan manfaat silaturahmi dalam BW.

Jika ada yang BW dan meninggalkan komentar misalnya akan terasa dan muncul perasaan senang dihati;

"akhirnya ada orang peduli dengan apa yang kita tulis, menuangkan sedikit waktunya untuk menuliskan beberapa kata di komentar."

Jika yang berkomentar memiliki Blog/Website juga tentunya kita akan dengan senang hati mengunjunginya juga dan berkomentar di artikelnya.

Manfaat silaturahmi ini tak jauh berbeda dengan kehidupan nyata, istilah Silaturahmi memperpanjang rezeki akan sangat relevan pada poin berikutnya.

3. Membangun Backlink

Contoh Backlink Moz & Ahrefs, tool: xeo.my.id

Apa maksudnya membangun backlink? apa itu backlink? Jika sobat baru berkenalan dengan dunia blogger istilah Backlink ini sangat penting dan berkaitan erat dengan ilmu SEO.

Backlink ialah link diluar domain blog / situs / web kita yang menuju ke alamat blog atau artikel di dalam blog kita.

Istilah sederhananya backlink adalah pintu yang terdapat di blog / web lain yang akan membawa pengunjung langsung menuju ke blog kita jika mereka mengkliknya.

Mengapa Backlink sangat penting? 

Google sebagai pemilik mesin pencari nomor satu didunia saat ini menggunakan backlink sebagai salah satu acuan dalam kemungkinan blog / artikel kita muncul di halaman utama pencarian google.

Googlebot sebagai perayap akan membaca backlink sebagai nilai "rekomendasi / kepercayaan" dari web / situs lain terhadap blog kita.

Dalam memilih Dokter misalnya, tentunya para calon pasien akan lebih percaya jika banyak yang "merekomendasikan" Dokter A dibandingkan dengan Dokter B yang hanya sedikit merekomendasikan.

Tingkat "rekomendasi" / kepercayaan / rujukan / tingkat kepakaran inilah yang dihasilkan oleh backlink berkualitas ke suatu web/blog.

Bagaimana cara mendapatkan Backlink dengan BW? 

Cara paling umum yang dilakukan adalah dengan berkomentar dan menyematkan link menuju blog kita didalam komentar yang kita kirim.

Namun perlu diingat tidak semua pemilik blog/website menyukai para pengirim komentar yang menyertakan link aktif di dalam isi komentarnya.

Jika sobat berkomentar ke blog yang menggunakan platform WordPress sebenarnya tidak perlu lagi menyematkan link aktif.

Karena dalam username dan url website yang kita isi sebelum mengirimkan komentar akan menjadi link aktif dengan sendirinya saat komentar kita muncul.

Untuk pengguna blogger manfaat Backlink tetap kita dapatkan tanpa harus menyertakan link aktif, karena url profile blogger kita akan menjadi link tier 2 sebagai jembatan menuju web utama.

4. Mendapatkan Inspirasi

Poin berikutnya dalam manfaat BW adalah Inspirasi, dalam tiap kunjungan tak jarang kita mendapatkan inspirasi dari blog yang kita kunjungi.

Entah itu inspirasi dari artikel yang menarik untuk dijadikan bahan artikel berikutnya, maupun inspirasi tampilan / template / snippet / widget yang menarik untuk diterapkan juga di blog kita.

Yang perlu diingat tentunya hindari dalam menjiplak mentah-mentah artikel dari blog kawan, menerapkan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi) akan jauh lebih baik dibandingkan tindakan full copas tanpa credit tak bertanggung jawab.

Seperti kita ketahui tindakan menjiplak mentah-mentah atau full copas sangat menjengkelkan, selalu hargai karya orang lain dengan tidak melakukan tindakan full copas.

5. Membantu meningkatkan pendapatan

Poin terakhir ini bisa dibilang metode BW plus plus. Kenapa disebut demikian? karena disamping kegiatan saling berkunjung, para pemilik blog yang sebelumnya telah janjian untuk BW plus plus diharapkan untuk saling mengklik iklan juga.

Biasanya proses janjian ini bisa melalui perorangan/japri(jalur pribadi) maupun dalam naungan grup yang terorganisir.

Dalam prakteknya pola yang sering ditemukan adalah 5+1, 10+3, dsb tergantung kesepakatan masing-masing pemilik blog yang ingin saling BW. 

Maksud dari pola diatas adalah mengunjungi 5 artikel + 1 klik iklan, atau 10 bw artikel + 3 klik iklan, dst.

Wah menarik ya? disamping mendapatkan trafik pengunjung dari peserta kegiatan BW para peserta BW++ juga akan mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang di klik.

Namun metode ++ ini kerap kali menjadi bumerang lho, sangat beresiko karena sering kali terbaca oleh Google sebagai tindak kecurangan.

Hal yang wajib diperhatikan dalam BW++

  • Jangan melakukan BW++ jika pengunjung organik belum stabil
  • Jangan menggunakan VPN saat klik iklan
  • Jangan terburu-buru saat melakukan BW dan membuka iklan
  • Selalu monitor RKT/CTR jangan sampai lebih dari 10%
  • Tanamkan niat saling membantu dan jaga akun teman BW layaknya akun sendiri
  • Tetap bermain aman dan siapkan mental

Tips tambahan

Gunakan 1 akun adsense di beberapa blog yang memiliki trafik organik yang stabil. 

Contoh: 1 akun Adsense digunakan ke 3 Blog atau lebih

  • 1 Blog untuk BW++
  • 2 atau lebih Blog yang natural dan organik

Tujuannya:

2 atau lebih Blog yang digunakan dalam bermain natural dan organik adalah poin penting sebagai backup rkt/ctr keseluruhan akun adsense.

Banyak para pakar Blog menyarankan batas maksimal RKT/CTR yang aman adalah 10%, namun agar lebih aman usahakan CTR/RKT keseluruhan akun Adsense dibawah 5%.

Hal ini penting untuk mencegah terjadinya pembatasan iklan akun Adsense kita.

Apa resiko BW + Klik iklan?

Hal-hal yang telah CatatanDroid sebut diatas tidak serta-merta memberikan jaminan 100% aman, setidaknya minimal resiko yang akan muncul dapat kita tekan.

Apa saja resikonya?

  1. Pembatasan iklan
  2. Dismonetise situs
  3. Disable akun

Mengerikan bukan? So tetap berhati-hati dan pahami resikonya ya!

CatatanDroid tidak bertanggung-jawab jika terjadi pembatasan iklan / banned situs / disable akun / dismonetise akun Adsense sobat meskipun telah melakukan tips & trik diatas.

Penutup dan Kesimpulan

Kegiatan Blog walking sesama pemilik Blog akan terus ada sejalan dengan banyaknya Blogger-blogger baru yang bermunculan.

Karena terbukti metode blogwalking ini dapat menjadi jalan pintas dalam mendapatkan trafik, meskipun bukan berjenis trafik organik.

Manfaat dari BW juga bukan hanya sekedar trafik dan trafik namun juga beberapa poin bermanfaat yang telah CatatanDroid sebut diatas.

Akhir kata semoga sedikit penjelasan tentang Blog Walking ini dapat bermanfaat, selalu berhati-hati dalam menjaga blog dan akun kita, salam sukses bersama di dunia Blogger. Salam! CatatanDroid.

CatatanDroid
CatatanDroid ✉️ admin@catatandroid.com for personal or business inquiry.

Artikel Lainnya