Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Nama Domain untuk Website

Orang awam kerap kali mengalami dilema saat memilih nama domain. Hal ini karena ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan. Tujuannya tentu agar Anda tidak salah pilih nama domain. 

Tips Memilih Nama Domain untuk Website

Lalu, bagaimana cara memilih domain yang tepat? Cari tahu jawabannya dalam artikel di bawah ini!

5 Tips Memilih Nama Domain

Lima cara memilih domain yang tepat adalah sebagai berikut.

1. Pilih Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Memilih nama domain yang singkat akan membuatnya mudah diingat pengguna internet. Setidaknya, nama domain website bisnis Anda tidak lebih dari tiga kata. Contohnya website instagram.com atau facebook.com. Tentu Anda mudah mengingat kedua domain tersebut, bukan?

Dua domain tersebut adalah contoh nama domain yang bagus. Pemilihan nama domain yang singkat juga lebih hemat tempat. Hal ini berguna untuk Anda yang ingin mencantumkan website di profil online atau kartu nama.

2. Gunakan Brand sebagai Nama Domain

Selanjutnya, cara memilih domain yang tepat adalah memanfaatkan brand sebagai nama domain. Hal ini akan membuat website Anda jadi terlihat unik dan otentik. Selain itu, brand juga menjadikan bisnis Anda mudah diingat. Jadi, selain bisnis Anda terkenal secara online, pihak lain juga tidak bisa menggunakan domain yang sama dengan brand Anda.

3. Gunakan Ekstensi yang Sesuai

Pemilihan ekstensi yang tepat juga tidak boleh Anda abaikan. Karena setiap ekstensi memiliki fungsi yang berbeda. Berikut beberapa ekstensi domain dan fungsinya.

  • .co - digunakan untuk situs perusahaan
  • .biz - digunakan untuk situs bisnis
  • .net - digunakan untuk situs yang berkaitan dengan teknologi dan jaringan

Namun, hingga kini ekstensi .com masih menjadi pilihan utama bagi pemilik website.

4. Pastikan Domain Belum Digunakan Website Lain

Jika sudah menentukan nama domain dan ekstensi yang akan digunakan, pastikan domain tersebut belum digunakan website lain, ya. Selain itu, Anda juga harus menghindari nama domain yang mirip dengan brand lain. 

5. Segera Beli Domain yang Sudah Dipilih

Saat ini, nama domain cepat terjual. Khusus bagi website yang menggunakan ekstensi .com. Makanya, Anda perlu segera beli domain yang sudah dipilih. Jadi, Anda bisa mendapatkan nama domain yang diinginkan.

Manfaat Memilih Domain Website Bisnis Secara Tepat

Memilih domain yang tepat juga dapat memengaruhi website bisnis Anda, lho! Berikut beberapa manfaat memilih domain website bisnis secara tepat.

1. Meningkatkan Ranking di Search Engine

Nama domain yang berhubungan dengan bisnis bisa meningkatkan ranking website di search engine. Hal ini karena calon pelanggan bisa lebih mudah menemukan website Anda.

2. Melakukan Branding Bisnis

Anda ingin melakukan branding bisnis? Jika iya, pastikan nama domain yang Anda gunakan sudah tepat. Nama domain harus bisa mengenalkan brand kepada calon pelanggan. Hal ini menjadi salah satu cara branding bisnis dengan mudah.

3. Menjadi Identitas Bisnis

Manfaat yang terakhir adalah menjadi identitas bisnis Anda. Nama domain yang digunakan harus mampu menggambarkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Hal ini akan membuat website lebih kredibel dan tidak membingungkan pelanggan.

Cara Mengecek Ketersediaan Domain di Niagahoster

Kini Anda tidak perlu bingung kemana harus membeli domain yang terpercaya. Hal ini karena Niagahoster menyediakan layanan domain yang bisa Anda beli untuk segala keperluan. Namun sebelum itu, Anda perlu mengecek ketersediaan domain di Niagahoster. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke halaman cek domain Niagahoster.
  2. Tulis nama domain yang diinginkan pada kolom tersedia.
  3. Klik Cek Sekarang.

Jika nama domain tersedia, Anda bisa menggunakan domain tersebut. Jika tidak, maka Anda perlu mencari alternatif nama domain lainnya



Artikel Lainnya